Jauh dari keluarga, kehilangan kekasih, menjalani LDR dengan pasangan, pindah kantor baru, dan masih banyak hal lain lagi yang bisa menjadi penyebab kesepian. Pada dasarnya, kesepian ini wajar menimpa seseorang dan bisa terjadi kapan saja. Namun jika dibiarkan berlarut-larut dan terus-menerus, rasa kesepian juga memiliki dampak buruk untuk kesehatan fisik maupun psikologis. Nah kita coba cek dulu yuk, apa saja sih ciri yang menunjukkan jika seseorang sedang kesepian?

1. Nggak bisa tidur nyenyak

Hati-hati, Ini 5 Ciri Kalau Kamu Sedang Dilanda Kesepianloverosie-themovie.tumblr.com

Seseorang yang sedang dilanda kesepian akan merasakan kecemasan. Hal ini kemudian berdampak pada kualitas tidurnya. Mereka yang sedang merasa kesepian akan kesulitan untuk tidur nyenyak, mudah terbangun di malam hari.

2. Menghabiskan waktu untuk mandi lebih banyak

Hati-hati, Ini 5 Ciri Kalau Kamu Sedang Dilanda Kesepiansaltypopcorn.com

Mandi terutama dengan air hangat akan membuat tubuh merasa rileks. Nah menurut studi, seseorang yang cenderung menghabiskan banyak waktu untuk mandi dengan air hangat lebih lama dari biasanya merupakan ciri seseorang yang sedang kesepian. Mereka berusaha untuk menyenangkan diri dengan caranya sendiri.

3. Kesulitan bergaul

Hati-hati, Ini 5 Ciri Kalau Kamu Sedang Dilanda Kesepianheyuguys.com

Selanjutnya yaitu mereka mengalami kesulitan dalam bergaul. Susah untuk membaur, merasa nggak punya siapa-siapa padahal dikelilingi banyak orang. Mereka yang merasa kesepian cenderung mengalami kebingungan saat berada di lingkungan sosial.

4. Berteman dengan seseorang yang juga kesepian

Hati-hati, Ini 5 Ciri Kalau Kamu Sedang Dilanda Kesepianquotesgram.com

Kecenderungan kita adalah berteman dengan mereka yang mampu membuat kita merasa nyaman. Nah bagi mereka yang kesepian, biasanya mereka juga cenderung berteman dengan sesama kesepian. Karena hal ini bisa membuat mereka mereasa senasib sepenanggungan.

5. Berteman lebih banyak di dunia maya

Hati-hati, Ini 5 Ciri Kalau Kamu Sedang Dilanda Kesepiancomingsoon.net

Karena kesulitan bergaul, mereka yang kesepian akhirnya lebih banyak berteman di dunia maya bukan dunia nyata. Pertemanan di dunia maya dianggap lebih menyenangkan dan mereka bisa mengekspresikan diri dengan bebas.

Apakah kamu termasuk yang kesepian, Bela? Semoga nggak, ya. Namun perhatikanlah tanda-tanda di atas, siapa tahu ada orang terdekatmu yang ternyata mengalami kesepian. Bantulah mereka agar bisa keluar dari rasa kesepian yang dialaminya.

BACA JUGA: Sikapmu yang Begini Bisa Bikin si Dia Stres