Selama ini, kamu mungkin pernah berurusan dengan orang-orang yang toxic. Mereka ini merupakan sosok yang cenderung menyedot energi orang-orang di sekitarnya. Alhasil, banyak orang yang merasa tak nyaman berada di dekat mereka.

Nah, terkadang kebanyakan orang memang lebih mudah menilai orang lain dibanding diri sendiri. Lantas, bagaimana jika ternyata kamu adalah satu di antara orang-orang yang beracun dan merugikan circle sekitarmu?

Mungkin selama ini kamu tak menyadarinya karena merasa baik-baik saja. Untuk memastikannya, cari tahu, yuk, melalui 7 tanda kamu itu sebenarnya orang toxic berikut ini!

1. Banyak orang mulai menghindarimu

Ayo Sadar! Ini 7 Tanda Kamu Sebenarnya Toxic Bagi Orang SekitarmuUnsplash.com/Tim Mossholder

Poin pertama ini menjadi tanda yang paling mudah dilihat atau disadari. Tingginya frekuensi orang yang datang dan pergi di hidupmu, bukan melulu berarti kesalahan ada di orang tersebut. Sebab, bisa jadi kamu sendirilah sumber masalah tersebut.

Jadi, cobalah mengintrospeksi diri. Siapa tahu, kamu sering menyakiti seseorang tanpa menyadarinya. Bagaimana pun, seseorang meninggalkanmu tentu bukan tanpa alasan. Jika kamu sudah mengetahui hal ini, segeralah berubah ya, Bela.

2. Kamu selalu cenderung mengatur orang

Ayo Sadar! Ini 7 Tanda Kamu Sebenarnya Toxic Bagi Orang SekitarmuUnsplash.com/Christin Hume

Sikap berikutnya yang perlahan-lahan mampu merusak orang lain, yakni kecenderunganmu untuk mengontrol semua hal, termasuk hal di luar dirimu sendiri. Padahal, kamu tidak seharusnya mengatur apa pun yang menjadi pilihan orang lain.

Kepribadian satu ini membuat orang lain merasa sesak berada di dekatmu. Bahkan, kamu mungkin telah merampas kebahagiaan seseorang karena membatasinya menjadi diri sendiri, atau dengan kata lain kamu telah merampas jati diri orang lain.

3. Tidak senang melihat orang lain sukses

Ayo Sadar! Ini 7 Tanda Kamu Sebenarnya Toxic Bagi Orang SekitarmuUnsplash.com/Tim Gouw

Toxic person juga dapat dinilai dari caranya memperlakukan kesuksesan orang lain. Pribadi yang positif biasanya akan turut berbahagia dengan pencapaian orang lain, bahkan mempelajari kesuksesan orang tersebut.

Sebaliknya, pribadi yang negatif akan menganggap kesuksesan tersebut tidak lebih baik dari yang ia miliki, bahkan merasa dengki karenanya. Jika ini salah satu penyakit yang ada dalam dirimu, jangan ragu untuk segera memperbaiki. Sebab, jika kamu tak suka dengan pencapaian orang lain, justru hatimu sendiri yang akan sesak dibuatnya.

4. Terlalu kritis pada pilihan hidup seseorang

Ayo Sadar! Ini 7 Tanda Kamu Sebenarnya Toxic Bagi Orang SekitarmuUnsplash.com/Mimi Thian

Tidak hanya kritis, kamu bahkan sering menghakimi pilihan hidup dan keputusan yang diambil teman-temanmu, atau siapa pun itu. Padahal, bersikap judgemental punya kesan bahwa kamu sedang menunjukkan dirimu lebih baik daripada orang lain.

Jujur saja, kamu sendiri juga akan terusik jika orang sering tampak merendahkanmu, bukan? Setiap orang punya punya batasan sendiri tentang hidupnya. Jika kamu masih suka ikut campur dan mengkritik pilihan hidup orang lain, fix you are the toxic one!

5. Selalu meminta tanpa memberi

Ayo Sadar! Ini 7 Tanda Kamu Sebenarnya Toxic Bagi Orang SekitarmuUnsplash.com/Yanapi Senaud

Selalu fokus pada apa yang bisa didapat dari seseorang tanpa peduli apa yang bisa kamu berikan pada seseorang, adalah tanda lain bahwa kamu toxic person. Kamu membuat orang-orang yang bersamamu jadi makan hati dan lama-lama merasa lelah sendiri.

Alih-alih terus merugikan orang sekitarmu, cobalah untuk mengimbanginya. Lebih banyaklah memberi tanpa pamrih apa pun. Kebiasaan ini tentu akan membantumu membangun relasi yang lebih positif. Orang-orang juga akan senang berada di dekatmu, Bela.

6. Egois dan enggan meminta maaf duluan

Ayo Sadar! Ini 7 Tanda Kamu Sebenarnya Toxic Bagi Orang SekitarmuUnsplash.com/Priscilla du Preez

Kebiasaanmu dalam menyikapi kesalahan yang telah diperbuat, dapat menunjukkan kamu termasuk orang yang hanya memberi energi negatif, ataukah tidak. Ini juga dapat membuktikan kalau kamu tipe orang yang toxic.

Coba ingat-ingat, jika dirasa kamu jarang atau bahkan tak pernah mengucap maaf, apalagi saat secara sadar melakukan kesalahan, jangan heran kalau kamu tak memiliki seseorang yang dekat denganmu. Enggan meminta maaf terlebih dahulu menandakan kamu egois, dan juga tidak menghargai orang lain.

7. Kerap melontarkan komentar pasif-agresif

Ayo Sadar! Ini 7 Tanda Kamu Sebenarnya Toxic Bagi Orang SekitarmuUnsplash.com/Alexis Brown

Walau tampak sepele, kebiasaan satu ini juga mengindikasikan kamu punya perilaku yang toxic. Saat membangun relasi, manusia membutuhkan rasa aman dan saling percaya. Sedangkan, gaya komunikasi yang pasif-agresif adalah lawan dari hal tersebut, dan memperkeruh sebuah situasi.

Caramu berkomunikasi yang sedemikian rupa hanya akan membuat orang lain bingung dengan maksudmu yang sebenarnya. Jadi, hindari dan sampaikan dengan jelas jika memang ada sesuatu yang kamu ingin atau tidak kamu suka dari seseorang.

Nah, itu dia 7 tanda bahwa diam-diam seseorang toxic bagi orang di sisinya. Semoga itu bukan kamu, ya!

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul "7 Tanda Sebenarnya Kamu Toxic bagi Orang Sekitarmu, Segera Sadari!"

Baca Juga: 5 Zodiak yang Susah Lepas dari Toxic Relationship, Sering Tersakiti!

Baca Juga: Ini 6 Pemikiran Toxic yang Bikin Kamu Jomblo Lebih Lama

Baca Juga: 7 Pasangan Zodiak yang Toxic Banget Saat Menjalin Hubungan