Pacaran merupakan sebuah hubungan yang dijalani sebelum menikah oleh dua insan yang saling memiliki rasa cinta. Di umur tertentu, terutama sudah memasuki usia kepala dua. Seseorang yang belum mempunyai pacar pasti akan mendapatkan tuntutan, pertanyaan bahkan ledekan dari orang-orang. Tapi Bela, sebenarnya alasan apa saja sih yang membuat seseorang tidak mau menjalin hubungan dalam pacaran? Berikut tujuh alasan yang membuat seseorang ogah berpacaran.

1. Tidak ingin memiliki tekanan

7 Hal yang Sering Dijadikan Alasan Malas Pacaran
plat.edu

Biasanya orang yang memilih untuk tidak ingin berpacaran karena tidak mau ditekan atau diatur oleh orang lain atau sang pacar. Dengan menjadi single, Ia akan bebas melakukan hal apa saja, dimana saja dan dengan siapa aja. Ciri orang seperti ini biasanya memiliki sifat yang mandiri dan individual. Tenang, perempuan yang mempunyai kedua sifat itu terkenal keren dan mengagumkan lho!

2. Lebih nyaman dengan status ‘single’

7 Hal yang Sering Dijadikan Alasan Malas Pacaran
pinterest.com

Terkadang, banyak orang yang menjalin hubungan pacaran hanya karena status. Sering kali, status single disangkutpautkan dengan kesepian atau ‘gak laku’. Eits! Jangan salah! Nyaman dengan status single juga bisa. Dengan status seperti ini, kamu bebas berteman dengan siapa saja tanpa takut merasa terganggu oleh siapapun dan orang pun juga lebih nyaman berteman denganmu.

3. Mau fokus dengan keluarga dan sahabat

7 Hal yang Sering Dijadikan Alasan Malas Pacaran
tuks-me.com

Dengan berpacaran, waktumu akan dikuras oleh pacarmu. Tanpa sadar, waktu untuk berkumpul dengan keluarga dan bermain dengan sahabat pun menjadi sangat sedikit. Untuk itu, ketika menjadi single, waktumu bisa kamu berikan penuh kepada orang-orang terdekatmu lainnya selain pacar. Iya kan?

4. Ingin mengeksplor kemampuan diri

7 Hal yang Sering Dijadikan Alasan Malas Pacaran
pinterest.com

Dalam hubungan berpacaran, tak jarang sang pacar masuk ke dalam kehidupanmu terlalu berlebihan sehingga menganggu keinginanmu atau hal-hal yang ingin kamu lakukan. Mau melakukan ini, tidak boleh. Mau kesini, harus bersama si dia. Mau kesana, harus izin dulu. Wah, ribet deh pokoknya! Oleh karena itu, dengan memiliki status single, kamu akan lebih banyak waktu dan kebebasan untuk mengeksplor kemampuan diri dan melakukan hal-hal baru yang ingin kamu coba.

5. Trauma dengan masa lalu bersama sang mantan

7 Hal yang Sering Dijadikan Alasan Malas Pacaran
malikafavre.com

Trauma menjadi hal yang kuat untuk menjadi alasan orang untuk ogah berpacaran lagi. Memiliki kenangan buruk dengan sang mantan membuat seseorang terlalu takut untuk memulai hubungan pacaran. Biasanya kamu sudah memiliki mindset bahwa memulai hubungan berpacaran kembali sama saja masuk ke dalam lubang yang sama. Jadi, nggak deh!

6. Bukan ajaran agama yang dianut

7 Hal yang Sering Dijadikan Alasan Malas Pacaran
pinterest.com

Prinsip dalam hidup memang segalanya, terutama prinsip yang didasari oleh agama. Bisa jadi, ketidakmauannya untuk menjalin hubungan berpacaran karena bukan ajaran dari agama yang dianut. Kalau sudah ngomongin prinsip dan keyakinan, memang harus dan sudah pasti kuat yah.

7. Langsung ingin menikah

7 Hal yang Sering Dijadikan Alasan Malas Pacaran
reddit.com

“Kenapa harus berpacaran jika bisa langsung menikah?”

Semakin dewasa seseorang, semakin dewasa juga pola pikirnya. Jika berprinsip seperti di atas, biasanya kamu sudah malas untuk membuang-buang waktu dengan berpacaran. Ketika sudah ada yang cocok, lebih baik pendekatan dan langsung mengadakan lamaran dan menikah! Selain hemat waktu, juga irit biaya lho, Bela.

Tujuh faktor di atas hanya sebagian dari alasan-alasan seseorang ogah untuk menjalin hubungan pacaran. Dari semua alasan tersebut, adakah yang menjadi alasanmu juga, Bela?


BACA JUGA : 7 Kebiasaan Kuno Pacaran yang Harus Kamu Tinggalkan