Dira Sugandi merupakan salah satu penyanyi jazz senior yang namanya sudah dikenal hingga dunia internasional. Soal kualitas memang tak perlu diragukan lagi, mengingat ia telah berkecimpung di dunia musik sejak berusia lima tahun. 

Nggak hanya sebagai musisi saja, perempuan yang menempuh pendidikan jurusan musik di Universitas Pelita Harapan tersebut juga merambah ke dunia akting sejak 2013 dan sudah membintangi tiga buah film hingga 2021.

Menghadirkan karya yang selalu mendapat apresiasi dari penggemar, ternyata ada cerita di balik lagu yang ia ciptakan. Suka, luka, duka, dan rasa kehilangan ia tuangkan ke karyanya yang bisa kamu nikmati. 

Dalam talkshow berjudul "Berteman dengan Titik Terendah, Kehilangan, dan Self-Awareness" di Festival Pulih 2021 by Popbela.com, Dira Sugandi menceritakan bagaimana menggunakan seni untuk mengatasi rasa kehilangan. 

Cerita Dira Sugandi Gunakan Seni untuk Mengatasi Rasa Kehilangandoc.Popbela

Siapa pun dan apa pun itu, kehilangan bukanlah hal yang mudah untuk dihadapi. Apalagi jika bicara soal orang terdekat seperti Ayah. Ya, pada tahun Februari 2020 lalu, Dira Sugandi kehilangan sang ayah yang sangat ia cintai. Pada saat itu, Dira tengah berada di Amerika sedang melakukan syuting music video untuk peluncuran single terbarunya bertajuk Back in Time.
 
Selama perjalanan kariernya di dunia hiburan, orang tua Dira selalu mendukung 100%. Untuk itu, ketika proses syuting berlangsung, sang sutradara menyampaikan jika proses syuting bisa ditunda. Tetapi Dira menolaknya, karena di sisi lain almarhum papa pasti ingin Dira melakukan yang terbaik untuk pekerjaannya.

Cerita Dira Sugandi Gunakan Seni untuk Mengatasi Rasa Kehilanganinstagram.com/dirasugandi

Dira juga membagikan bahwa kehilangan tersebut bisa menjadi inspirasinya dalam berkarya “Semua yang aku lakukan itu buat keluarga, apalagi saat ini papa sudah nggak ada. Ketika papa meninggal, mama juga menyampaikan bahwa papa selalu bangga dengan apa pun yang aku lakukan. Dan itu cukup buat aku," ujarnya. 
 
Setelah kehilangan papa, Dira merasa bahwa ia tidak baik-baik saja dan menjadikannya lebih dekat dengan Sang Pencipta. Rasa kehilangan yang sangat berarti tersebut membuatnya juga harus melakukan healing journey agar ia lebih mengenal dan memahami diri sendiri

Cerita Dira Sugandi Gunakan Seni untuk Mengatasi Rasa Kehilanganinstagram.com/dirasugandi

Lagu terbaru Dira yang bertajuk Back in Time ini bercerita tentang penerimaan masa lalu dan memaafkan, serta diharapkan bisa membantu pendengar yang sedang menjalani healing journey.

Untuk kamu yang ingin mendengar cerita inspiratif Dira Sugandi bisa saksikan tayangannya akun instagram @popbela_com dan kanal YouTube Popbela. Jangan lupa, masih banyak sosok pulih lainnya selama Festival Pulih berlangsung. 

Baca Juga: Dari Pengalaman Pribadi, Kisah Judithya Pitana Bangun Festival Pulih

Baca Juga: Popbela Gelar Festival Pulih 2021 Demi Normalisasi Kesehatan Mental

Baca Juga: Peduli Kesehatan Mental, CEO IDN Media Membuka Festival Pulih 2021