Selama perjalanan hidup, kamu pasti sering menemui banyak kesulitan. Kita berjuang mati-matian untuk mengatasi kesulitan tersebut. Bahkan sampai berdarah-darah. Namun, kadang ada kesulitan yang seharusnya kita lepaskan saja. Berikut 5 situasi sulit yang memang harus dibiarkan saja. Bukan menyerah, tapi melepaskan. Pada kejadian ini, sikap melepaskan menjadi sikap yang terbaik.

1. Ketika orang yang kamu cintai menyakitimu

5 Momen Berat dalam Hidup di Mana Melepaskan Adalah Pilihan Terbaik

 

Kita pastinya pernah terluka sebelumnya. Banyak orang yang datang ke dalam hidup kita dan nggak semuanya memberi kenangan indah. Ketika kamu tersakiti baik fisik maupun perasaan oleh orang yang kamu cintai, jangan biarkan hal itu terjadi secara berkelanjutan karena sebenarnya kamu punya hak untuk membebaskanmu dari rasa sakit yang kamu dapat tersebut.

2. Ketika kebiasaan burukmu berakibat buruk pada hidupmu

5 Momen Berat dalam Hidup di Mana Melepaskan Adalah Pilihan Terbaik

Semua orang punya kebiasaan buruk yang bisa berakibat tidak baik, tidak hanya untuk orang lain tetapi juga diri sendiri. Jika kamu merasa ada hal buruk terjadi padamu, cobalah untuk berpikir apa penyebabnya. Inilah kenapa kamu perlu memahami dirimu dengan baik agar kamu tahu ada hal atau kebiasaan buruk yang wajib kamu singkirkan untuk hidup yang lebih baik.

3. Ketika kamu berjuang tetapi kamu kalah.

5 Momen Berat dalam Hidup di Mana Melepaskan Adalah Pilihan Terbaik

Kamu pernah merasa berjuang keras akan suatu hal tetapi hal tersebut tidak berhasil? Sebaiknya kamu pikirkan lagi apakah hal tersebut pantas untuk kamu lanjutkan. Pastinya sulit untuk meninggalkan suatu hal yang telah kamu perjuangkan sejak lama, tetapi semua usaha tidak ada yang sia-sia. Kamu mendapatkan pelajaran berharga dari usaha-usaha yang telah kamu lakukan.

4. Ketika kamu jatuh cinta dengan seseorang yang tidak cocok denganmu

5 Momen Berat dalam Hidup di Mana Melepaskan Adalah Pilihan Terbaik

Kamu tidak selalu berjalan beriringan dengan seseorang yang kamu cintai. Bahkan kamu rela mengalah hanya demi nama cinta tanpa kamu sadari sebenarnya kamu dan orang yang kamu cintai tersebut tidak cocok. Ini adalah salah satu keadaan sulit di mana kamu harus merelakan untuk bersama dengan orang yang kamu cintai tersebut.

5. Ketika kamu memasuki bab baru dalam hidupmu.

5 Momen Berat dalam Hidup di Mana Melepaskan Adalah Pilihan Terbaik

Kamu harus selalu siap menerima keadaan baru dan hidup yang baru. Kadang kamu harus pergi dan meninggalkan banyak orang-orang yang telah mengisi hidupmu sebelumnya. Tetapi ingat bahwa hidup harus berhalan terus. Kamu harus siap menghadapi situasi sulit di mana kamu memasuki hidup barumu dan memulainya dari awal lagi.

Melepaskan memang lebih mudah daripada terus memegang apalagi jika hal yang terus kamu pegang itu menyakitkan bagi kamu. Kelima situasi sulit di atas adalah beberapa contoh keadaan di mana kamu harus siap menerima dan melepaskan sesuatu dalam hidupmu, Bela.


 

Photo credit: Wuthering Heights/Mammoth Screen/www.imdb.com

BACA JUGA: 5 Tipe Wanita yang Pria Hindari Untuk Hubungan Jangka Panjang