Menjaga hubungan baik setelah berpisah mungkin nggak semudah yang dipikirkan. Banyak alasan yang dijadikan acuan, salah satunya adalah sifat dari kalian berdua yang mempunyai ego besar ataupun hubungan baik kalian berdua yang bisa menghapuskan masa lalu. Bagaimana denganmu?

Sebenarnya nggak ada yang salah ketika kamu kembali menjadikan mantanmu sebagai teman. Akan tetapi yang perlu diingat adalah hubungan baik itu membawa dampak yang positif ataukah negatif. Karena sifat baik itu nggak selalu ada setelah perpisahan terjadi. Untuk mengantisipasi hal-hal yang nggak diinginkan, inilah beberapa mantan yang nggak bisa dijadikan teman.

1. Selalu mengungkit kebaikan masa lalu

5 Tipe Mantan yang Nggak Bisa Dijadikan Temanfreepik.com/wavebreakmedia-micro

Mungkin banyak kejadian yang sangat terkenang di masa lalu oleh kamu dan mantanmu. Jika setelah berpisah mantanmu masih mengungkit kebaikan di masa lalunya untuk mendapatkan perlakuanmu yang diinginkannya, itulah salah satu tanda kamu nggak perlu menjadikannya teman. Karena jika ada kalimat “kalau nggak ada aku dulu, kamu nggak akan bisa menjadi sekarang” terlontar, dia nggak ikhlas dalam melakukannya apalagi untuk dijadikan ancaman terhadapmu.

2. Mantan yang menjadikanmu saingan

5 Tipe Mantan yang Nggak Bisa Dijadikan Temanfreepik.com/ noxos

Memberikan support agar terus berprogres ke depan adalah salah satu yang diidamkan dalam suatu hubungan, akan tetapi jika hubungan itu berakhir apa yang akan kamu dan mantanmu lakukan? Terus mendukung ataukah menjadikanmu seorang ‘saingan’? Hubungan pertemanan nggak akan berjalan mulus jika ingin menonjol di antaranya, jika support nggak didapat maka yang terjadi adalah hal untuk mencari kekurangan satu sama lain.

3. Merendahkan pasanganmu sekarang

5 Tipe Mantan yang Nggak Bisa Dijadikan Temanfreepik.com/ freepik

Memang nggak mudah untuk menghapus perasaan setelah berpisah. Terlebih jika kamu mendapatkan pasangan terlebih dahulu daripada mantanmu. Saat kamu mendengar mantanmu melontarkan kalimat, “aku lebih …… daripada pacarmu sekarang”, itulah yang membuat pertemananmu dengan mantan nggak sehat. Mantan akan mencari celah kekurangan pasanganmu dan membandingkannya dengan dirinya, hal ini nggak patut dilakukan karena sejatinya seseorang mempunyai kelebihan dan kekurangan yang berbeda.

4. Menjadi penghalang untukmu berkembang

5 Tipe Mantan yang Nggak Bisa Dijadikan Temanfreepik.com/photobyphotoboy

Mungkin ada beberapa mantan yang masih ingin berada di sampingmu saat sudah berpisah. Ada beberapa alasan, bisa saja dia susah move on, nggak ingin kamu dekat dengan laki-laki lain, atau bahkan ingin menjadi stalker. Kamu perlu waspada Bela, karena jika dia selalu berada di sampingmu, kamu akan kehilangan kesempatan untuk mendapatkan penggantinya yang lebih baik lagi. Kamu harus bisa membuat sikap terhadapnya, ya!

5. Selalu mengajakmu bertemu

5 Tipe Mantan yang Nggak Bisa Dijadikan Temanfreepik.com/ bearfotos

Bertemu dengan mantan sah-sah saja jika di dalamnya hanya terjadi pertemanan dan ada tujuan yang tepat. Jika kamu dan mantan bertemu dalam sebuah reuni SMA sah-sah saja dilakukan, tetapi jika kamu dan mantan hangout untuk nonton bareng apakah itu wajar? Setelah hubungan berakhir itu artinya kamu dan mantan sudah nggak cocok lagi, jika kamu sudah tahu apa yang akan terjadi, mengapa kamu mengambil risiko untuk bertemu intens? Pikirkan baik-baik ya, Bela!

Baca Juga: Dampak Positif dan Negatif Mengirim Foto Panas ke Pasangan