Weton merupakan istilah yang nggak asing lagi di masyarakat Jawa dan Bali. Weton berasal dari bahasa jawa, yaitu wetu berarti keluar atau lahir. Weton adalah perayaan hari kelahiran berdasarkan perhitungan kalender Jawa. Di kalender Jawa terdiri dari 5 hari pasaran yaitu Legi, Paing, Pon, Wage, dan Kliwon.

Weton sendiri juga dipercaya dapat menentukan hari-hari besar pada manusia seperti tanggal pernikahan, karakter, rejeki, hari-hari penting bahkan masa tanam.

Apakah kamu sudah tau weton kelahiranmu? Nggak usah bingung Bela, inilah cara mengetahui weton kelahiran menurut tanggal lahir.

1. Mengetahui weton kelahiran dengan bertanya kepada orangtua

Gampang Banget, Ini Cara Mengetahui Weton Kelahiranfreepik.com/katemangostar

Orangtua yang melahirkan kita, tentunya masyarakat Jawa dan Bali mengetahui weton kelahiran dari anaknya. Mengetahui weton kelahiran anaknya juga dapat digunakan nantinya untuk mencari hari-hari baik di kehidupan kelak, contohnya untuk mencari tanggal pernikahan.

Weton kelahitan dianggap bisa mengetahui kecocokan dan mencari tanggal pernikahan pada kedua calon mempelai.

2. Mengetahui weton kelahiran dengan manual di kalender Jawa

Cara lainnya untuk mengetahui weton kelahiran lainnya dengan manual yaitu perhitungan kalender Jawa. Di sini akan ada dua Langkah yaitu angka dan tabel hari pada kalender Jawa. Ilustrasinya bisa kamu lihat sebagai berikut:

Contohnya, kamu akan cara mengetahui weton kelahiran pada 28 Januari 1995.

Temukan tabel hari pada kalender Jawa

Gampang Banget, Ini Cara Mengetahui Weton KelahiranKusnendar.web.id/

Pada tabel ini kamu bisa menarik garis horizontal pada tahun dan bulan. Pada contoh Januari 1995 kamu akan menemukan angka 0 .

Gampang Banget, Ini Cara Mengetahui Weton KelahiranKusnendar.web.id/

Tahap selanjutnya untuk mengetahui hari, kamu bisa menjumlahkan angka yang kamu dapatkan di kalender Jawa sebelumnya dengan tanggal lahir.

Pada angka sebelumnya kamu dapatkan 0 dan tanggal lahirnya 28, maka 0 + 28 = 28. Angka 1 menunjukkan hari Sabtu.

Di sini diketahui 28 Januari 1995 lahir di hari Sabtu.

Temukan tabel pasaran pada kalender Jawa

Untuk mengetahui pasaran wetonmu, kamu bisa mencari di kalender pasaran yang mempunyai 5 hari. Kamu bisa menggunakan tabel ini dengan langkah sebagai berikut:

Gampang Banget, Ini Cara Mengetahui Weton Kelahirantahunbaruimlek.com/

Pada tabel ini kamu bisa menarik garis horizontal pada tahun dan bulan. Pada contoh Januari 1995 kamu akan menemukan angka 1.

Perlu diingat: tabel angka untuk mencari hari dan pasaran berbeda ya Bela! Karena pada hari kalender Masehi mempunyai 7 hari, dan pada kalender Jawa mempunyai 5 pasaran (hari). Oleh karena itu tabel yang digunakan juga berbeda.

Gampang Banget, Ini Cara Mengetahui Weton Kelahirantahunbaruimlek.com/

Tahap selanjutnya untuk mengetahui pasaran, kamu bisa menjumlahkan angka yang kamu dapatkan di kalender Jawa sebelumnya dengan tanggal lahir.

Pada angka sebelumnya kamu dapatkan 1 dan tanggal lahirnya 28, maka 1 + 28 = 29. Angka 29 menunjukkan pasaran Pahing.

Kesimpulannya, 28 Januari 1995 jatuh pada Sabtu Pahing.

3. Mengetahui weton kelahiran dengan online

Nah, jika kamu nggak mau menghitung weton secara manual, banyak website yang menyediakan cara menghitung weton kelahiran secara praktis. Dengan memasukkan tanggal lahirmu, kamu langsung dapet deh hari dan pasaran weton kelahiranmu. Selamat mencoba!

Baca Juga: Cara Menghitung Kalender Jawa Weton untuk Pernikahan

Baca Juga: Ramalan Jodoh Berdasarkan Weton, Bagaimana Menghitungnya?

Baca Juga: Arti Weton Jodoh dan Perhitungannya