Bicara mengenai mantan yang sering banget jadi bahan curhatan dan juga bahan olokan di media sosial, kamu termasuk orang yang sudah ‘menjatuhkan’ mantan? Bela, ingat ya jangan terlalu menjatuhkan dia, coba diingat, sebelum dia menjadi mantan, kamu pernah memilih dia sebagai teman hidupmu lho, yah meski gagal, dan sudah jadi mantan. Coba deh kita sedikit mengenang masa lalu kita saat sama dia.

Kenapa kamu memilih dia?

Stop Menjelekkan Mantan! Memaafkannya Lebih Membuatmu Terlihat Hebat dan Bijaksana

Memang sih nasi sudah jadi bubur, tapi ada baiknya juga flashback. Mungkin, saat itu kamu menilai dia sangat spesial dalam hidupmu. Tanpanya hidupmu hampa. Tapi ingat, benar nggak hidupmu hampa tanpanya? Kamu lupa kalau dia menyakitimu? Sebelum kamu merasakan sakit hati, kamu ingatkan  betapa bahagianya dirimu meski kamu jomblo sebelum bertemu dengannya? Ini hanya masalah ‘kebiasaan’ saja, Bela. Lama-lama kamu terbiasa lagi kok melakukan aktifitas seru sendiri ataupun bersama sahabat.

Nggak Usah Buang Dia Dalam Memorimu  

Stop Menjelekkan Mantan! Memaafkannya Lebih Membuatmu Terlihat Hebat dan Bijaksana

Masa lalu itu bukan untuk dibuang, terima kenyataan saja deh  Bela, kalau dia pernah turut andil dalam hidupmu. Dengan begini, kamu justru semakin terlihat bijaksana. Coba deh kalau hidup kalian bisa menghargai orang lain maupun kenangannya, pasti kita juga akan mendapatkan penghargaan yang sama. Karena rasa kecewa itu nggak akan pernah ada jika salah satu di antara kalian tidak memiliki rasa ego yang tinggi, Bela.

Tak Perlu Membencinya

Stop Menjelekkan Mantan! Memaafkannya Lebih Membuatmu Terlihat Hebat dan Bijaksana

Kalau pun dia yang lebih dahulu mengecewakanmu, ya berarti memang sifat dia yang kurang baik ke kamu. Jangan pernah benci dia deh Bela dan nggak berarti kamu harus terus kecewa dan menutup hati untuk orang lain. Bahagiakanlah dirimu sendiri.

Kamu Dibutuhkan Banyak Orang

Stop Menjelekkan Mantan! Memaafkannya Lebih Membuatmu Terlihat Hebat dan Bijaksana

Percaya deh Bela, dunia di luar sana masih butuh uluran tanganmu. Sahabatmu masih merindukan senyum ceriamu, meskipun alasan senyum itu bukan lagi karena dia. Atau kamu bisa fokus ke hobi. Buatlah diri kalian berkelas, maka kalian akan mendapatkan cinta yang lebih berkelas.

photo credit: The Defenders/Marvel Studios/www.imdb.com

BACA JUGA: Aku Tak Seharusnya Menyakitimu, Maka Salahkah Jika Aku Menginginkanmu Kembali?