Aturan dalam setiap agama selalu menjadi pegangan yang kokoh di setiap aspek kehidupan umatnya. Agama bukan hanya mengatur perihal akhirat, lho, melainkan juga apa-apa saja yang ada di dunia ini. Seperti misalnya saja, kita sebagai manusia sudah diciptakan dan ditakdirkan sebagai makhluk sosial, yang membuat kita akan saling membutuhkan satu sama lain. Maka, penting untuk kita memiliki seseorang yang mampu hadir dan memberikan dukungan yang positif di dunia ini. Salah satunya sahabat.

Dalam Islam pun persahabatan sudah dianjurkan oleh Allah SWT seperti firmannya berikut ini:

Sebenarnya orang-orang yang beriman adalah mereka yang bersudara, maka damaikanlah di antara kedua saudara kamu (yang bertelingkah) dan bertaqwalah kepada Allah supaya kamu memperoleh rahmat ” (QS. Al-Hujurat 49:10)

Untuk itu, persahabatan adalah satu hal yang cukup penting untuk selalu kita jaga. Karena ada nilai-nilai penting di dalamnya. Apa saja, ya? Berikut ini ada ulasan mengenai nilai persahabatan dalam islam. Simak, yuk!

1. Islam adalah fondasi yang kokoh untuk persahabatan

10 Nilai Persahabatan dalam Islam Yang Perlu Kamu TahuPixabay.com/Konevi

Semua aturan dalam islam adalah satu fondasi yang kuat untuk bisa diterapkan dalam setiap aspek di hidup kita, begitupun dalam hal pertemanan atau persahabatan. Ketika sebuah lingkup persahabatan memiliki keyakinan yang sama dan juga beribadah kepada Allah SWT, maka itu akan menjadi fondasi terkuat yang pernah ada untuk sebuah persahabatan.  Kalian dapat memperkuat keyakinan satu sama lain, dan meningkatkan kualitas iman bersama. Seperti yang dikatakan oleh Rasulullah (SAW):

"Teladan orang mukmin, dalam cinta dan belas kasih satu sama lain itu ibarat seperti satu tubuh, jika satu bagian merasakan sakit maka seluruh tubuh menderita sulit tidur dan demam." - (HR. Bukhari & Muslim)

2. Persahabatan itu penting dalam Islam

10 Nilai Persahabatan dalam Islam Yang Perlu Kamu Tahuunplash.com/Hobi industri

Manusia memang diciptakan sebagai makhluk sosial. Artinya, manusia akan selalu membutuhkan manusia lain di dalam hidupnya, Islam pun tak memungkiri hal ini. Pergaulan yang baik bisa membuat kehidupan yang lebih baik bagi siapa pun, tidak hanya karena dapat saling mendukung dalam kehidupan religius, tetapi juga dalam kehidupan duniawi. 

3. Teman adalah pemberi pengaruh yang kuat

10 Nilai Persahabatan dalam Islam Yang Perlu Kamu TahuPixabay.com/Marta Štefanič

Karena teman adalah orang yang cukup sering dilibatkan dalam kegiatan kita sehari-hari, maka tentunya pengaruh yang mereka berikan cukup besar, lho. Dilansir dari azislam.com Nabi Muhammad (SAW) memperingatkan kita untuk memilih pendamping kita dengan hati-hati. Seseorang bisa dengan mudah dipengaruhi oleh teman-temannya, jadi berhati-hatilah dengan siapa kita berteman. Mudah bagi kita untuk mengambil sesuatu dari seseorang yang dekat dengan kita, maka kita harus menemukan kualitas terbaik dari teman-teman kita.

4. Persahabatan dalam Islam terhubung dengan Allah SWT

10 Nilai Persahabatan dalam Islam Yang Perlu Kamu TahuPixabay.com/Sarah Lötscher

Manusia dan imannya akan selalu terhubung kepada Allah SWT. Untuk itu penting sekali untuk menjaga iman yang berhubungan kepada sesama, salah satunya kepada sahabat sendiri. Seperti yang sudah dicontohkan Nabi Muhammad (SAW) dalam sebuah hadis:

“Seseorang mengunjungi temannya di kota lain dan Tuhan mengirim malaikat untuk menunggunya dalam perjalanan. Malaikat itu berkata, "Kemana kamu ingin pergi?" pria itu menjawab, "Saya berniat untuk pergi ke teman saya di kota ini." Malaikat itu berkata, "Apakah kamu telah membantunya, apa imbalan yang ingin kamu dapatkan?" Dia berkata: "Tidak, aku mencintainya demi Tuhan, Yang Mulia dan Mulia." Setelah itu malaikat berkata, "Aku adalah utusan untukmu dari Tuhan untuk memberi tahu kamu bahwa Tuhan mencintaimu seperti kamu mencintainya." (HR. Muslim)

5. Teman yang baik akan selalu membimbing kita di jalan Allah

10 Nilai Persahabatan dalam Islam Yang Perlu Kamu Tahuunsplash.com/Gradikaa Aggi

Sadar atau tidak, teman memiliki pengaruh yang signifikan dalam setiap tindakan yang kita lakukan, lho. Untuk itu, sebenarnya memilih kualitas pertemanan adalah hal yang cukup penting, karena lingkup persahabatan yang baik bisa menambah kualitas imaan kita dan  selalu mengingatkan kepada Allah SWT. Seperti yang dikatakan dalam hadis berikut:

“Teman yang paling baik adalah apabila kamu melihat wajahnya, kamu teringat akan Allah, mendengar kata-katanya menambahkan ilmu agama, melihat gerak-gerinya teringat mati. Sebaik-baik sahabat di sisi Allah ialah orang yang terbaik terhadap temannya dan sebaik-baik tetangga di sisi Allah ialah orang yang terbaik terhadap tetangganya.” (HR. Hakim)

6. Persahabatan harus meningkatkan keberkahan Allah

10 Nilai Persahabatan dalam Islam Yang Perlu Kamu Tahuaboutislam.net

Saat kita hendak memilih teman atau mencari teman di lingkungan yang baru, coba, deh, niatkan untuk melakukannya demi Allah SWT dan mencari keberkahann-Nya. Maka dengan niat seperti itu, niscaya Allah SWT akan memberikan nikmat-Nya yang sebesar-besarnya untuk persahabatan kita dan memberikan kepada kita sahabat-sahabat yang akan menambah nikmat-Nya.

7. Rekan yang salah membawa kita ke jalan yang salah

10 Nilai Persahabatan dalam Islam Yang Perlu Kamu Tahuunsplash.com/Parastoo Maleki

Sama layaknya seperti lingkup persahabatan yang membawa kebaikan, teman yang salah tentu juga akan membawa kita ke jalan yang salah. Seperti apa yang disebutkan dalam Q.S Az-Zukhruf ayat 67 berikut ini:

اَلْاَخِلَّاۤءُ يَوْمَىِٕذٍۢ بَعْضُهُمْ لِبَعْضٍ عَدُوٌّ اِلَّا الْمُتَّقِيْنَ ۗ ࣖ

"Teman-teman pada hari itu akan menjadi musuh satu sama lain, kecuali mereka yang menjalankan kewajiban-Nya (kepada Allah).” 

8. Persahabatan adalah anugerah dalam Islam

10 Nilai Persahabatan dalam Islam Yang Perlu Kamu Tahupixabay.com/ Samuel Bolarinwa

Memiliki teman adalah sebuah anugerah, lho, Bela. Ini karena kehadiran teman bisa membuat kita terhindar dari rasa kesepian di dunia. Seorang teman sejati akan mendukung kita dalam suka dan duka dalam hidup kita, dan itu adalah salah satu anugerah terbesar dalam hidup.

9. Untuk meningkatkan cara hidup

10 Nilai Persahabatan dalam Islam Yang Perlu Kamu Tahufreepik.com/rawpixel.com

Karena pengaruhnya yang cukup signifikan, maka tentunya lingkup persahabatan yang baik bisa meningkatkan cara hidup seseorang. Maka, Bela, penting untuk kita menemukan teman yang tepat. Kita bisa mengambil hal-hal baik untuk dipelajari dari teman kita, dan memberikan yang terbaik untuknya juga. Jadi, kita sama-sama bisa menjadi pribadi yang lebih baik melalui pertemanan.

10. Teman yang baik bisa menjadi harta bagimu

10 Nilai Persahabatan dalam Islam Yang Perlu Kamu Tahudok.internet

Imam Ali bin Abi Thalib mengatakan, “Temukan teman untuk dirimu sendiri dari antara saudara seagamamu karena mereka adalah harta dunia ini dan juga dunia berikutnya.” Ini menunjukkan bahwa sahabat sejati itu ibarat harta dunia dan akhirat. Mereka tidak akan hanya membuat kita bahagia di dunia, tetapi persahabatan berlanjut di akhirat.

Nah, itu dia Bela 10 nilai persahabatan dalam islam. Semoga kita semua bisa menjaga persahabatan yang kita punya sesuai dengan ajaran islam, ya.

Baca Juga: Ini 9 Cara Membantu Sahabat Move On Pasca Putus Cinta

Baca Juga: 10 Cara Untuk Menghibur Sahabat yang Sedang Bersedih

Baca Juga: Bukan Hanya Rindu, Ini 10 Arti Mimpi Bertemu Teman Lama!