Sebagian besar dari kita pasti setuju kalau orang yang ramah dan peduli itu lebih banyak disukai di lingkungan sosial. Akan tetapi, terkadang dalam hidup bersikap cuek itu diperlukan, lho, karena nggak semua hal harus dan bisa kita tanggapi. Jika tidak pandai memilah, justru bersikap terlalu peduli bisa menjadi bumerang untuk diri sendiri. 

Selain itu, sikap cuek bisa menghindari kita dari adanya stres dan beban pikiran. Berikut ini ada 7 cara yang bisa kamu lakukan untuk bisa menjadi perempuan cuek dan tidak mudah baper. Tentunya ini akan sangat berguna untuk kamu menghadapi lingkup pertemanan dan hubungan dengan laki-laki. 

1. Love yourself first!

7 Cara Menjadi Perempuan Cuek dan Nggak Gampang Baperfreepik.com/ senivpetro

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menerima dan mengutamakan dirimu sendiri. Cintai dirimu, pemikiranmu, pendapatmu, gayamu, tubuhmu, serta semua yang ada dan membentuk dirimu. Dengan begitu, kamu akan mudah menemukan kenyamanan pada diri sendiri dan sikap cuek pun perlahan datang.

Ketika kamu sudah tahu bagaimana mencintai diri sendiri, kamu nggak akan mudah terganggu dengan hal-hal yang berkaitan dengan perasaan. Kamu jadi lebih bisa mengontrol akses bahagia untuk dirimu sendiri, Bela.

2. Percaya dengan diri sendiri

7 Cara Menjadi Perempuan Cuek dan Nggak Gampang BaperFreepik.com/freepik

Perempuan yang tidak terlalu sering merasa insecure dan percaya atas kemampuannya sendiri akan tumbuh menjadi sosok yang tidak mudah baper dan cuek. Pasalnya perempuan seperti ini tidak membutuhkan validasi dari orang lain atas semua pencapaian yang ia miliki.

3. Selalu bersikap tenang

7 Cara Menjadi Perempuan Cuek dan Nggak Gampang BaperFreepik.com/V.ivash

Cara menjadi perempuan cuek selanjutnya adalah dengan bersikap tenang. Apa pun yang kamu alami, cobalah untuk menghadapinya dengan kepala dingin. Dengan bersikap tenang, kamu bisa terhindar dari adu argumen yang tidak penting dan tentunya bisa menghindari perasaan baper dan sensitif. 

Mungkin bagi sebagian perempuan, rasanya sulit untuk tetap tenang menghadapi suatu masalah. Apalagi, biasanya perempuan itu mudah sekali kepikiran dengan berbagai hal. Akan tetapi, percayalah kalau sikap ini worthy untuk kamu terapkan, Bela. Hidupmu bisa jauh lebih damai.

4. Memiliki prinsip kuat dan tegas

7 Cara Menjadi Perempuan Cuek dan Nggak Gampang BaperFreepik.com

Ketika seseorang memiliki prinsip yang kuat, biasanya ia tidak akan mudah digoyahkan oleh berbagai hal. Apalagi dengan hal-hal sepele yang bisa menyinggung dan bersangkutan dengan perasaan. 

Selain itu, sikap tegas juga bisa menjadi benteng pertahanan kamu untuk menghadapi hal-hal di luar ekspektasimu. Misal, kamu dekat dengan seorang laki-laki dan ia tidak kunjung memberi kepastian, sikap tegas dan prinsip bisa menjadi penolongmu, lho.

5. Tidak memedulikan komentar dan pendapat negatif

7 Cara Menjadi Perempuan Cuek dan Nggak Gampang BaperPexels.com/Andrea Piacquadio

Cara paling mudah untuk menjadi perempuan cuek dan tidak mudah baper adalah tidak memedulikan komentar orang lain. Meskipun dalam hidup sesekali kita perlu melihat diri dari sudut pandang yang berbeda, akan tetapi ada baiknya untuk mengambil komentar yang membangun saja, Bela.

Bukan berarti kita harus abai dan tutup telinga dengan kekurangan yang kita lakukan, tetapi untuk menghindari beban pikiran dan rasa baper, akan jauh lebih baik kalau kita tidak mempedulikan pendapat negatif.

6. Fokus pada hal-hal yang lebih bermanfaat

7 Cara Menjadi Perempuan Cuek dan Nggak Gampang BaperShutterstock/Roman Samborskyi

Untuk bisa menghindari komentar-komentar negatif, maka cara terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan mencari fokus ke hal-hal yang lebih bermanfaat. Carilah sesuatu yang bisa membuatmu tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik. Misalnya dengan memiliki visi hidup dan karier ke depan.

Perempuan yang memiliki fokus terhadap visi dan masa depannya akan bersikap cuek dan nggak akan punya waktu untuk mempedulikan hal-hal yang menghalanginya. Baginya, waktu adalah hal paling berharga yang ia miliki.

7. Tidak berpura-pura dalam melakukan sesuatu

7 Cara Menjadi Perempuan Cuek dan Nggak Gampang Baperchiomaoparadike.com

Aturan penting saat kamu berusaha untuk menjadi perempuan cuek adalah jangan pernah berpura-pura. Sikap cuek itu biasanya tumbuh dari adanya kebiasaan. Lalu, ketika kamu mencoba mencapainya dengan berpura-pura menjadi sosok yang bukan kamu banget, semua akan terasa percuma, Bela. 

Selain itu, sikap pura-pura juga hanya akan membuatmu lelah. Pasti capek, kan, pura-pura cuek padahal hati kamu bergejolak karena baper?

Itulah hal yang bisa kamu lakukan untuk bisa menjadi perempuan cuek dan menghindari perasaan gampang baper. Jangan takut menjadi cuek ya, Bela. Sesekali nggak apa-apa, kok!