Teman adalah orang yang telah mengisi hari-hari kita dan menjadi tempat berbagi cerita. Mereka juga selalu ada di saat baik dan buruknya kehidupan.

Mereka adalah orang baik yang mau menerima segala keanehan kita dan menerima kita apa adanya. Karena kebaikan hati mereka, kita dapat merasa dicintai dan tidak sendirian.

Ketika kita bersama mereka, kita akan mendapatkan rasa syukur yang luar biasa. Merasa beruntung memiliki orang-orang hebat dan baik dalam hidup. Mereka pun berhak mendapatkan penghargaan lebih dari sekadar ucapan terima kasih.

Namun terkadang, yang menjadi masalah adalah kita tidak tahu bagaimana cara menunjukkan perasaan ini. Berdasarkan Tiny Buddha, berikut 6 cara menunjukkan kamu menghargai teman. Yuk, simak informasinya!

1. Prioritaskan mereka

Lebih dari Terima Kasih, Ini 6 Cara Menunjukkan Kamu Menghargai TemanPexels.com/Oleksandr Pidvalnyi

Salah satu cara menunjukkan kamu menghargai teman adalah dengan memprioritaskan mereka. Hal ini dapat menunjukkan bahwa kamu mencintainya. Kamu juga menjadikan kesejahteraan dan kebahagiaan mereka lebih penting dari apa pun.

Seorang teman sejati layak mendapatkan perhatian ini. Kamu tidak perlu menyebutkan pengorbanan apa yang telah kamu lakukan untuk membantu mereka. Pada waktunya, mereka akan memahami semua pengorbanan yang telah kamu lakukan dan hubunganmu pun akan semakin dalam.

2. Berkomunikasi dengan baik saat bertemu

Lebih dari Terima Kasih, Ini 6 Cara Menunjukkan Kamu Menghargai TemanPexels.com/Andrea Piacquadio

Saat kamu pergi berkumpul atau bermain bersama teman, cobalah untuk fokus kepadanya. Jangan sampai kamu terlalu fokus pada ponselmu hingga menghiraukan keberadaan dia. Secara fisik kamu mungkin bersama seorang teman, tetapi jiwamu tersesat dalam ponsel dan ini merupakan tindakan yang tidak baik.

Berkomunikasilah dengan baik saat bertemu. Salah satunya dengan cara berbagi cerita tentang hal-hal sederhana untuk mempererat ikatan pertemananmu dan dia.

3. Selalu percaya dan tetap berada di sisinya

Lebih dari Terima Kasih, Ini 6 Cara Menunjukkan Kamu Menghargai TemanPexels.com/Trung Nguyen

Dari sekian banyak teman yang kita miliki, kita pasti memiliki satu atau dua orang teman yang sangat dekat. Sebagai teman yang baik, kita bisa menjadi orang yang selalu mempercayai dan berada di sisi mereka, bahkan saat orang lain meragukannya.

Hal ini tentu menjadi salah satu cara untuk menunjukkan bagaimana kita menghargai seorang teman. Dengan begitu, kita bisa menjadi orang yang selalu mendorong mereka untuk bertahan dan bangkit dari kesulitan. Ini juga dapat menjadi alasan bagi mereka mengapa mereka pantas sukses dalam setiap usaha yang dilakukan.

4. Memberikan hadiah yang bermanfaat

Lebih dari Terima Kasih, Ini 6 Cara Menunjukkan Kamu Menghargai TemanPexels.com/Mikhail Nilov

Kita mungkin berpikir bahwa memberikan hadiah kepada seorang teman baik haruslah yang mahal dan mewah. Padahal kenyataannya, hadiah yang bermanfaat akan lebih diterima dibanding hadiah yang sekadar mewah.

Memberikan hadiah-hadiah yang berguna dan bermanfaat menunjukkan bahwa kamu mengingat hal-hal penting dari temanmu. Kamu juga memerhatikan hal-hal sederhana yang sedang mereka butuhkan. Bagi temanmu, menerima hadiah seperti ini akan membuatnya terharu dan bersyukur memilikimu di sisinya.

5. Menanyakan apa yang mereka butuhkan

Lebih dari Terima Kasih, Ini 6 Cara Menunjukkan Kamu Menghargai TemanPexels.com/Ali Pazani

Ketika kamu merasa temanmu sedang berada di keadaan yang sulit dan membutuhkan bantuan serta bimbinganmu, maka kamu dengan perlahan bisa menanyakan apa yang mereka butuhkan. Bahkan, kamu bisa melakukannya ini sebelum mereka meminta bantuanmu.

Ini adalah cara yang bagus untuk menunjukkan kepada temanmu bahwa kamu sangat memperdulikan dan menghargai mereka. Bahwa mereka selalu ada di pikiranmu dan mereka bisa mengandalkanmu.

6. Hindari mengharapkan imbalan

Lebih dari Terima Kasih, Ini 6 Cara Menunjukkan Kamu Menghargai TemanPexels.com/Ketut Subiyanto

Mengharapkan imbalan atas apa yang kamu lakukan dalam sebuah pertemanan adalah hal yang tidak benar. Hal ini seperti, “Jika aku melakukan hal hebat untuk kamu, maka kamu harus melakukan sesuatu yang sama hebatnya untuk aku.”

Sebaliknya, jika kamu ingin melakukan hal-hal hebat untuk temanmu, lakukanlah karena mereka memang pantas mendapatkannya. Bukan karena kamu menginginkan imbalan yang serupa dengan apa yang kamu lakukan. Apabila kamu berpikir seperti ini, maka kamu pasti akan mendapatkan hubungan yang tulus dan saling menghargai satu sama lain.

Baca Juga: 7 Cara Menunjukkan Rasa Cinta dengan Makanan 

Baca Juga: Bisa Diandalkan, Ini 7 Alasan Scorpio Adalah Teman yang Baik

Baca Juga: Suportif, Ketahui 13 Green Flag dalam Hubungan Pertemanan