Breadcrumbing masuk ke dalam salah satu kejahatan berkencan, di mana pelakunya hanya menggoda lawan jenis tanpa menginginkan komitmen lebih lanjut. Penyebutan breadcrumbing ini terinspirasi dari remahan roti, di mana ini dianalogikan sebagai gombalan yang suka dia tebarkan di mana pun, khususnya di media sosial. 

Seringkali, seseorang tak menyadari jika dirinya jadi korban breadcrumbing. Dilansir dari A Conscious Rethink dan Vocal Media, kamu bisa mengetahui apakah gebetanmu melakukan breadcrumbing dari tanda-tanda di bawah ini. Jangan sampai tergoda dengan tipe orang seperti ini ya, Bela!

1. Media sosial adalah sarana favorit untuk menggoda targetnya

Waspada! Ini 9 Tanda Jika Gebetan Melakukan Breadcrumbing padamuUnsplash.com/Austin Distel

Seorang breadcrumber, panggilan untuk pelaku breadcrumbing, tak suka melakukan pertemuan dengan targetnya. Sarana yang paling disukainya adalah melalui media sosial. Dia mungkin tidak membalas pesan WhatsApp darimu. Namun, dia akan mengomentari unggahanmu, menyukai pesanmu, dan mengirimkan pesan baru di direct message Instagram.

Kamu merasa sedang diperhatikan olehnya. Namun, yang sebenarnya adalah dia ingin kamu tahu bahwa ada seseorang yang harus diperhatikan. Kabar buruknya, kamu bukanlah satu-satunya orang yang mendapatkan perlakuan ini. Maka dari itu, kamu perlu berhati-hati jika menemui orang seperti ini ya, Bela.

2. Dia selalu menghindar untuk bertemu

Bela, apakah kalian tak pernah bisa bertemu karena si dia selalu bersikap menghindar? Jika iya, pupuskan saja harapanmu untuk bertemu dengannya! Pasalnya, gebetan akan selalu menghindarimu. Dia enggan bertemu denganmu karena hanya akan membuatnya terjebak dengan pertanyaan yang kamu ajukan.

Apalagi jika kamu bertanya mengenai komitmennya. Lagipula, gebetanmu terlalu sibuk untuk menebarkan pesona kepada target lainnya, sehingga malas untuk meladenimu secara spesial seperti menemuimu.

3. Mengirimkan pesan secara random di waktu tertentu

Waspada! Ini 9 Tanda Jika Gebetan Melakukan Breadcrumbing padamuUnsplash.com/Priscilla du Preez

Seseorang yang sedang dalam proses PDKT, pasti akan secara konsisten mengirimkan pesan kepada gebetannya. Ini adalah cara supaya tetap terhubung dan semakin dekat. Berbeda dengan breadcrumbing, dia mengirimkan pesan padamu secara random.

Terkadang, dia membalas pesanmu yang sudah dikirim sejak dua minggu lalu atau menghubungimu sesekali dalam sebulan. Tak hanya itu, gebetan juga menghubungi di saat tak wajar seperti dini hari. Ia hanya ingin memastikan bahwa kamu memikirkannya sepanjang waktu. Menyebalkannya, ketika kamu sudah mulai terbiasa tanpa dirinya, malah dia menghubungimu tiba-tiba hingga membuatmu teringat lagi kepadanya.

4. Kamu merasa cemas ketika menunggu balasan pesan darinya

Kamu mungkin merasa sangat bahagia menerima pesan darinya, seperti memenangkan doorprize. Sayangnya, perasaan ini akan dengan mudah tergantikan dengan perasaan cemas. Jantungmu mulai berdegup, bingung, dan sangat menantikan balasan darinya.

Kamu mulai berpikir mengenai waktu ketika si gebetan membalas pesanmu. Kamu terus menanti setiap harinya dan akan sangat gelisah ketika tidak ada notifikasi dari ponselmu. Coba kamu refleksikan, apakah kamu nyaman dengan hal seperti ini?

5. Pesan yang dikirimkannya padamu seakan tidak bermutu dan terkesan malas

Waspada! Ini 9 Tanda Jika Gebetan Melakukan Breadcrumbing padamuUnsplash.com/Christian Wiediger

Sekalinya ia mengirimkan pesan, isinya tak bermutu. Bahkan dari kalimat yang dituliskannya, terkesan seperti malas dan terpaksa melakukannya. Meski hanya dari teks, kamu bisa merasakan jika tak ada kehangatan dan ketertarikan darinya.

Balasannya cenderung singkat dan juga dingin. Lagi pula, untuk apa dia berusaha menjalin hubungan baik denganmu? Hal yang diinginkannya bukanlah berkomitmen denganmu, namun hanya perhatianmu saja. Jika demikian, sebaiknya segera sudahi dan pergi dari sang breadcumber itu!

6. Datang dan pergi sesuka hati

Gebetan yang hanya ingin mendapatkan perhatianmu, memiliki sikap yang tak konsisten. Terkadang, dia menunjukkan sikap yang hangat, ramah, dan perhatian. Akan tetapi di suatu waktu, dia berubah menjadi seorang yang cuek dan membosankan.

Perubahan ini membuatmu bingung, namun dia merasa tidak ada yang salah dengan itu. Gebetan seakan datang dan pergi sesuka hatinya, tanpa memedulikan perasaanmu. Tipe orang seperti ini memang menjengkelkan karena seringkali bersikap seenaknya seakan hanya ingin mempermainkan perasaanmu saja.

7. Dia selalu datang tepat ketika kamu ingin meninggalkannya

Waspada! Ini 9 Tanda Jika Gebetan Melakukan Breadcrumbing padamuUnsplash.com/Priscilla du Preez

Jika sebelumnya dia seakan tak membutuhkanmu dengan memperlakukanmu sesukanya, ia akan datang tergesa-gesa saat kamu ingin pergi darinya. Ketika ia menyadari bahwa kamu mulai mengurangi perhatian padanya, dia akan datang dan berusaha merayumu.

Tujuan dari rayuan ini tentu saja supaya kamu tidak pergi darinya. Segala pujian dan sikap hangatnya akan membuatmu kembali luluh jika kamu tidak menyadari posisimu sebagai korban breadcrumbing. Dia tidak ingin kehilangan perhatian darimu. Akhirnya, kamu lagi yang jadi korban tanpa kamu sadari.

8. Marah jika melihatmu dekat dengan lawan jenis

Sikapnya yang tidak konsisten, membuatmu mencari gebetan lainnya. Kamu merasa tak bisa berharap banyak padanya sehingga membutuhkan gebetan yang siap berkomitmen. Sayangnya, ia malah akan membuat wajah masam ketika mengetahui hal ini.

Jika kamu mengira bahwa dia cemburu, jawabannya adalah ya dan juga tidak. Dia tidak cemburu karena takut kehilanganmu, namun dia cemburu karena kamu memberikan perhatianmu pada yang lain. Pokoknya, semua perhatian harus tertuju padanya! Namun giliran kamu sudah fokus ke dirinya saja, si dia malah seenaknya pergi lagi.

9. Kamu mulai mempertanyakan mengenai tindakanmu

Waspada! Ini 9 Tanda Jika Gebetan Melakukan Breadcrumbing padamuUnsplash.com/Anthony Tran

Gebetan yang suka melakukan breadcrumbing akan membuatmu berpikir bahwa kamu tak cukup baik untuknya. Dampak dari sikap tidak konsistennya ini akan membuatmu berpikir mengenai tindakanmu.

Kamu merasa bahwa sikapmu yang menyebabkannya bersikap tidak konsisten. Kamu mulai bertanya-tanya mengenai kesalahanmu, padahal itu memang sikapnya. Jika demikian, artinya dia bisa membuatmu merasa bersalah padahal hal ini bukanlah kesalahanmu sama sekali.

Jika kamu merasakan lebih dari tiga tanda, maka bisa dipastikan jika kamu adalah korban breadcrumbing! Jangan tergoda dan segeralah pergi dari sang breadcrumber ya, Bela.

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul "9 Tanda Jika Gebetan Melakukan Breadcrumbing Padamu, Jangan Tergoda!"

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Terjebak dalam Hubungan Breadcrumbing

Baca Juga: 7 Tren Kencan Online yang Menyebalkan dan Cara Mengatasinya

Baca Juga: Jangan Lanjutkan Jika Gebetanmu Lakukan 10 Hal Ini Saat Kencan Pertama