Saat sahabat berubah menjadi seseorang yang terpaksa asing dalam hidupmu karena kesalahpahaman, terkadang tanpa kamu sadari, dibalik semua egomu dan dia, kamu merasa kehilangan. Jika memang rasa kehilangan itu muncul dalam hatimu, maka jangan memungkirinya dan mengutamakan egomu. Ingatlah jika semuanya itu sudah terjadi. Meminta maaf terlebih dahulu itu membuktikan jika kamu menghargai hubunganmu dan sahabatmu. Kondisi akan lebih buruk jika ternyata sahabatmu adalah sahabat yang kini sudah tidak tinggal di tempat yang sama denganmu. Kamu tidak bisa begitu saja bertemu dengannya kapanpun kamu mau, menghubunginya pun otomatis akan lebih sulit. Jika masalah antara kalian tidak segera diselesaikan, lama-kelamaan perasaan saling memiliki dan peduli juga akan terkikis. Supaya tidak sampai harus kehilangan sahabat, lakukanlah 7 hal berikut ini yuk, Bela!

1. Meminta maaf dan jika sahabatmu meminta maaf, maka terimalah

7 Hal Sederhana Ini Bisa Membuat Persahabatanmu Awetgossipgirlexposed-blog.tumblr.com
 

Ini hal pertama yang harus dilakukan, meminta maaf, tanpa peduli lagi siapa yang salah. Minta maaflah karena itu adalah hal yang benar untuk dilakukan dan kamu menghargai sahabatmu. Jangan jual mahal, setiap orang pasti pernah berbuat salah.

2. Bangun kembali komunikasi yang dulu sempat putus

7 Hal Sederhana Ini Bisa Membuat Persahabatanmu Awetwww.picstopin.com
 

Kamu bisa lebih sering menelepon menanyakan kabar, atau sekedar say hello saja dengan sahabatmu itu.

3. Libatkanlah kembali sahabat dalam kehidupan sehari-harimu

7 Hal Sederhana Ini Bisa Membuat Persahabatanmu Awetwww.shemazing.net
 

Ingat bagaimana sebelum kalian terpisah dulu, kamu selalu menceritakan apa saja denga sahabatmu dan rasanya belum lengkap jika dia belum tahu? Bangkitkan lagi perasaan itu, nikmati perasaanmu memiliki seseorang yang bisa kamu andalkan. Jadi pendengar adalah resep dari persahabatan yang awet karena dalam mendengarkan tidak ada keegoisan.

4. Berjanjilah untuk saling bertemu

7 Hal Sederhana Ini Bisa Membuat Persahabatanmu Awetwww.fanpop.com
 

Agendakan waktu bertemu, di mana kalian bisa tatap muka dan saling melepas rindu. Jika sahabatmu tinggal di kota lain, agendakan dari jauh hari agar kalian berdua memiliki sesuatu yang bisa dinantikan.

5. Tunjukkan pada sahabatmu jika kamu selalu mengingatnya

7 Hal Sederhana Ini Bisa Membuat Persahabatanmu Awetwww.buzzingnews.org
 

Hal kecil yang mengingatkanmu pada sahabatmu, justru itulah perekat utama dalam persahabatan kalian. Sebutkan namanya dalam postingan foto yang mengingatkanmu dengan candaan kalian, berikan dia kata penyemangat untuk mengawali hari dan tanyakan kabarnya di malam hari. Selama kamu tulus melakukannya, sahabatmu akan merasakannya.

6. Jangan pernah membicarakan sahabatmu di belakangnya, jika bukan hal yang baik yang kamu bicarakan

7 Hal Sederhana Ini Bisa Membuat Persahabatanmu Awetclaireswonderfulwordsofwisdom.blogspot.com
 

Ini adalah prinsip. Bukan sahabat namanya kalau masih membicarakan keburukan satu sama lain tanpa sepengetahuan yang lainnya. Diamlah, jika tidak ada hal baik yang bisa kamu bicarakan. Meskipun dia jauh dan kamu hanya ingin mengeluh sejenak, apa yang sudah kamu katakan tidak mungkin bisa ditarik kembali. Jika sampai sahabatmu mendengar, bayangkan bagaimana perasaannya. Posisikan aja dirimu sebagai orang yang digosipkan untuk bisa berempati.

7. Jika ada orang yang berkata buruk tentang sahabatmu, lakukanlah sesuatu untuk membelanya

7 Hal Sederhana Ini Bisa Membuat Persahabatanmu Awetrunchingsandmunchings.wordpress.com
 

Apalagi jika obrolan yang dilontarkan hanya gosip belaka. Jangan pernah diam saja! Katakan sesuatu yang memperbaiki nama sahabatmu tanpa kamu terlihat marah. Jika kamu tahu memang sahabatmu pernah atau sedang melakukan hal buruk yang orang lain bicarakan, setidaknya ungkapkan kebaikannya yang kamu ketahui.

Dijamin, hubungan kamu dan sahabat akan awet Bela!