Jaringan pertemanan adalah salah satu hal penting bagi seseorang dalam mencapai kesuksesan dalam hidup. Memiliki teman atau sahabat yang baik dan mencerminkan perilaku positif, tentu saja akan membuat pengaruh terhadap masa depan menjadi lebih baik.

Apa yang terjadi di masa yang akan datang memang bermula pada diri sendiri. Namun, jika kamu menginginkan kesuksesan di masa depanmu, kamu perlu pandai dalam memilih siapa orang yang tepat untuk dijadikan teman.

Mulai dari pola pikir, perilaku yang baik, hari-hari yang kamu jalani, bahkan perasaanmu sendiri, semua bisa saja terpengaruh oleh lingkup pertemanan. Jika lingkup pertemanan itu memberi dampak positif, maka kamu juga akan memiliki karakter yang positif. Intinya, teman itu seperti sebuah cermin bagi diri sendiri.

Bagi kamu yang masih kesulitan mencari teman, berikut Popbela.com telah merangkum 10 tips memilih jaringan pertemanan demi mencapai kesuksesan. Yuk, simak! 

1. Membantu pengendalian diri

10 Tips Memilih Jaringan Pertemanan Demi Kesuksesan di Masa DepanPexels.com/Tima Miroshnichenko

Bela, pernahkah kamu merasa kesulitan dalam mengendalikan diri dari godaan? Seperti, kamu tergoda untuk mengganti barang elektronik keluaran terbaru setelah kenaikan gaji, atau sulit berkata tidak ketika teman terus mengajak di tempat mahal, padahal kamu ingin berhemat.

Jika kamu pernah merasakannya, kamu bisa memilih relasi pertemanan yang memiliki tingkat disiplin yang tinggi. Hal ini akan berpengaruh untuk kualitas diri, lho. Mengutip dari Psychological Science, orang yang sulit mengendalikan diri akan mencari teman yang disiplin dan memiliki ambisi untuk memperbaiki kekurangan mereka.

Perlu diketahui, pengendalian diri ini sangat penting untuk kesuksesanmu. Berteman dengan orang-orang seperti itu akan membuat masa depanmu lebih cemerlang. Sebab, teman seperti mereka akan selalu mengingatkan kita dan memberi dorongan untuk hidup yang lebih baik.

2. Senantiasa menjaga kesehatan dengan berolahraga

10 Tips Memilih Jaringan Pertemanan Demi Kesuksesan di Masa DepanPexels.com/Gustavo Fring

Hal ini bisa kamu amati di lingkungan sekitar. Jika melihat lingkup pertemanan yang rajin berolahraga, kamu bisa bergabung dengan mereka. Memiliki relasi pertemanan yang seperti ini akan sangat bermanfaat bagi masa depanmu, karena mereka peduli dengan kesehatan jasamani dan rohaninya. 

Selain itu, kebiasaan berolahraga ini akan meningkatkan kesehatan dan membuat pikiranmu lebih tenang saat bekerja. Cobalah bergabung bersama mereka, maka kamu akan mendapat dampak positif yang membuat kemajuan hidup.

3. Dapat memengaruhi pilihanmu

10 Tips Memilih Jaringan Pertemanan Demi Kesuksesan di Masa DepanPexels.com/cottonbro

Mengutip penelitian dari Journal of Consumer Research bahwa teman kerap memberi dukungan moral satu sama lain dalam menghadapi berbagai godaan. Para ahli mengatakan, ketika kita harus menahan godaan, terkadang teman akan menjadi pendukung untuk bersenang-senang bersama. 

Peran seorang teman akan membantu kita mengeluarkan sisi terbaik dari diri kita tanpa menuntut hal yang sempurna. Ada kalanya mereka mengingatkan kita untuk tidak terlalu serius dalam hidup, dan juga memberi motivasi ketika kita merasa terjatuh.

4. Berperan aktif dalam kegiatan pengembangan diri

10 Tips Memilih Jaringan Pertemanan Demi Kesuksesan di Masa DepanPexels.com/Alexander Suhorucof

Tips memilih jaringan pertemanan selanjutnya adalah ketika kamu mencari relasi yang bisa mencapai kesuksesanmu di masa depan, kamu bisa bergabung dengan mereka yang berperan aktif dalam kegiatan pengembangan diri.

Jadi, dengan mempunyai teman-teman yang seperti ini, kamu dapat memperluas wawasanmu dengan mengikuti berbagai pelatihan atau seminar tentang pengembangan diri. Relasi pertemanan yang seperti inilah yang akan membuatmu lebih mudah mencapai kesuksesan

5. Berprinsip sama denganmu

10 Tips Memilih Jaringan Pertemanan Demi Kesuksesan di Masa DepanPexels.com/Elina Fairytale

Di balik perbedaan yang mewarnai setiap karakter orang, kamu bisa saja menemukan orang yang cocok dan memiliki nilai atau prinsip yang sama denganmu. Teman yang memiliki landasan atau nilai yang sama dapat mencegah kita dari pengaruh negatif, yang mungkin saja membuat diri kita goyah. Kamu dan teman-temanmu akan saling membantu dalam memperteguh prinsip dan nilai yang sudah kita yakini.

6. Ingin belajar tentang berbisnis

10 Tips Memilih Jaringan Pertemanan Demi Kesuksesan di Masa DepanPexels.com/fauxels

Untuk kamu yang menyukai kegiatan berbisnis, kamu bisa mencari relasi pertemanan yang memiliki kegemaran atau keterampilan yang sama denganmu. Apalagi, belajar berbisnis seperti ini akan membuatmu memperoleh keuntungan besar dan mempermudah kamu dalam mencapai kesuksesan. 

Tak hanya itu, kamu juga bisa menambah teman untuk bekerja sama dalam mengembangkan bisnis. Sebab, hal seperti ini dapat membuat usaha atau bisnis kamu bisa berkembang secara pesat jika kamu mempunyai teman-teman yang mendukung. Jika nantinya dalam bisnismu terdapat masalah, mereka bisa saja akan membantumu menghadapinya. Karena itulah, kamu bisa saling berbagi pengalaman dengan mereka.

7. Bisa membawa keseimbangan dalam hidup

10 Tips Memilih Jaringan Pertemanan Demi Kesuksesan di Masa DepanPexels.com/Paloma Clarice

Setiap orang tentunya memiliki kelebihan dan kekurang masing-masing. Karena itulah, tips memilih jaringan pertemanan selanjutnya adalah mencari mereka yang membuat kita saling melengkapi. Kamu dan teman-temanmu akan memanfaatkan segala bakat dan keterampilan yang dimiliki, untuk melengkapi kelemahan dari diri kita maupun teman-teman. Memberi bantuan satu sama lain, semuanya akan merasakan dampak positif dari lingkup pertemanan yang sudah dibentuk.

8. Akan suka jika membicarakan tentang investasi

10 Tips Memilih Jaringan Pertemanan Demi Kesuksesan di Masa DepanPexels.com/Fox

Demi kesuksesan di masa depan, perlunya sesekali kita memikirkan tentang investasi untuk menjaga kestabilan finansialmu. Jika kamu memiliki relasi pertemanan yang seperti ini, maka artinya kamu sudah mendapatkan teman-teman terbaik.

Namun, jika lingkunganmu masih sering membicarakan hal-hal yang konsumtif, kamu bisa secara perlahan untuk mengurangi pertemuanmu dengan teman-temanmu itu. Karena hal ini akan membuat kamu hidup boros dan membuat berantakan kondisi keuangan di masa depan.

9. Selalu memberi motivasi dan dukungan

10 Tips Memilih Jaringan Pertemanan Demi Kesuksesan di Masa DepanPexels.com/Andrea Piacquadio

Kamu harus memilih pertemanan yang selalu memberi motivasi dan dukungan di kala kamu membutuhkannya. Dalam hidup, kita akan butuh motivasi atau penyemangat saat sedang terjatuh atau kehilangan kepercayaan diri. Teman yang baik akan bersedia menjadi pendengar terbaik dan membantumu dalam memberikan arahan positif dalam situasi yang kamu hadapi. 

10. Tidak suka bergosip untuk menjelekkan orang lain

10 Tips Memilih Jaringan Pertemanan Demi Kesuksesan di Masa DepanPexels.com/RF Studio

Teman yang selalu menjatuhkan atau menjelekkan orang lain merupakan sosok yang harus kamu hindari. Jika hal itu terjadi, sebaiknya kamu harus menjaga jarak dengan mereka. Kegiatan bergosip ini memiliki dampak negatif dan membuat kita menjadi tidak produktif, karena terlalu asyik membicarakan kekurangan orang lain. 

Lebih baik, carilah relasi pertemanan yang memberikan dampak positif agar kamu mudah dalam menggapai cita-citamu untuk definisi kesuksesanmu sendiri. Bergabunglah dengan mereka yang memiliki kualitas hidup yang baik. 

Berteman memang tidak boleh memandang harta, rupawan, status, dan lainnya. Namun, kamu harus selektif dengan memilih relasi pertemanan yang berkualitas, jika kamu ingin mencapai kesuksesan dalam hidup. Semoga 10 tips memilih jaringan pertemanan ini bermanfaat untukmu ya, Bela.

Baca Juga: Tak Ada Timbal Balik, Ini 7 Tanda Pertemananmu Nggak Seimbang

Baca Juga: Teman Toxic! Ini 6 Ciri Red Flags dalam Pertemanan

Baca Juga: 5 Prinsip yang Harus Kamu Tanamkan Saat Menjalin Pertemanan