Menjalani hidup memang tak bisa lepas dari segala permasalahan dan kejutan yang mungkin datang tiba-tiba. Nyatanya, banyak orang yang sulit untuk bisa memiliki kehidupan dan pemikiran yang tenang karena terlalu banyaknya ekspektasi.

Itu semua bisa diatasi jika kamu memahami bahwa banyak hal yang tak bisa kamu kendalikan dalam hidup ini. Cobalah untuk memahami lima hal berikut agar kamu tidak mudah baper dan tenang dalam hidup sehari-hari. Apa saja hal yang harus dipahami tersebut?

1. Jangan berekspektasi tinggi pada orang lain

5 Hal yang Harus Dipahami agar Hidup Lebih Tenang dan BahagiaPexels.com/Oleksandr Pidvalnyi

Ketika kamu menaruh sebuah harapan kepada seseorang yang kamu anggap bisa menjadi seperti yang kamu inginkan, di situlah kekecewaan akan mulai terbangun. Kamu membangun pemikiran dalam dirimu bahwa seseorang tersebut bisa berbuat lebih, potensial terhadap semua ekspektasimu.

Padahal, seharusnya kamu hanya perlu menerima orang tersebut sebagaimana adanya dirinya, bukan sebagaimana maumu.

2. Kebahagiaanmu diciptakan sendiri

5 Hal yang Harus Dipahami agar Hidup Lebih Tenang dan BahagiaPexels.com/Anastasiya Lobanovskaya

Bahagia itu bukan dicari, tetapi diciptakan. Kamu tidak boleh menggantungkan harapan dari orang lain agar bisa membuatmu bahagia. Berhentilah mengharapkan sesuatu agar bisa mengubah hidupmu menjadi lebih bahagia.

Tetapi, ciptakan sendiri rasa bahagiamu dengan hal-hal yang kamu sukai dan jangan berharap lebih dari orang lain. Karena kebahagiaanmu adalah tanggung jawabmu sendiri, jadi kamu yang harus berusaha mewujudkannya.

3. Komunikasi itu penting

5 Hal yang Harus Dipahami agar Hidup Lebih Tenang dan BahagiaPexels.com/Shvets Production

Bagaimanapun, komunikasi itu penting agar informasi bisa berjalan dua arah. Jangan berharap orang lain bisa mengerti maksudmu jika kamu tidak pernah mengomunikasikannya. Sama saja dengan kamu berharap dalam hati, tetapi ingin dimengerti orang lain.

Hal tersebut hanya akan menyulitkan dirimu dan membuatmu orang lain kesulitan mengerti maksudmu pula. Jadi, komunikasikan hal apa pun yang menurutmu penting untuk diketahui dan menghindari dari banyaknya interpretasi.

4. Kamu adalah pemimpin atas dirimu sendiri, bukan orang lain

5 Hal yang Harus Dipahami agar Hidup Lebih Tenang dan BahagiaPexels.com/Pixabay

Orang lain tidak berutang apa pun denganmu, kamu tidak bisa menuntut kebahagiaan, kemudahan, dan segala kelebihan lainnya. Jika kamu menginginkan sesuatu, maka bekerja keraslah untuk hal tersebut. Tidak ada hasil yang diperoleh tanpa adanya usaha yang maksimal. Kejar apa yang kamu inginkan dalam hidup, pasang target, dan jangan berputus asa. Jangan biarkan orang lain mendiktemu dalam menggapai mimpi yang kamu inginkan.

5. Jangan pernah memaksakan perasaan

5 Hal yang Harus Dipahami agar Hidup Lebih Tenang dan BahagiaPexels.com/Keenan Constance

Cinta tidak akan pernah menyakiti, begitulah adanya. Jika kamu mencintai seseorang dan merasakan sakit, maka lebih baik melepaskannya. Melepaskan orang yang menyulitkanmu dalam sebuah hubungan akan lebih baik daripada bersama dengan orang yang selalu menyakitimu saat bersamanya.

Walaupun kamu merasa itu cinta, ingatlah bahwa cinta tak akan membuatmu kehilangan jati dirimu. Jangan menyusahkan hati dan hidupmu hanya dengan menjalin hubungan dengan orang yang kamu anggap tepat.

Membangun pola pikir di atas memang tak mudah dan butuh kesadaran dalam diri masing-masing. Namun, ketika kamu bisa melakukannya maka pikiranmu akan lebih tenang dan tak banyak mengalami kekecewaan.  

Disclaimer: artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul "5 Hal yang Harus Dipahami Agar Hidup Lebih Tenang, No Baper!"

Baca Juga: 6 Tips Berdamai dengan Kesepian Agar Lebih Tenang Menjalani Hidup

Baca Juga: 5 Cara Membuat Suami yang Insecure Merasa Lebih Tenang

Baca Juga: Lebih Tenang, Ini 5 Cara untuk Berdamai dengan Diri Sendiri!