Bela, pasti kalian pernah dong merasakan patah hati? Terkadang mendorong diri sendiri untuk mempelajari sesuatu yang baru adalah kuncinya, kira-kira seperti itulah saran dari para CEO perempuan. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Personal Relationship menemukan bahwa hidup kamu akan meningkat dalam lima cara yang berbeda setelah putus cinta, lho.

Jadi, untuk kamu yang masih sulit memahami dan menerima situasi ini, percayalah akan ada sesuatu yang lebih baik dari sebuah perpisahan. Sesuatu itu bisa dengan mudah menyembuhkan hati kamu, Bela. Kemajuan hidupmu setelah putus cinta bisa menjadi sesuatu yang mengejutkan dan tidak terduga, tetapi memiliki manfaat untuk karier dan hidup kamu ke depannya. Berikut adalah delapan CEO cara melanjutkan hidup pasca putus.

1. Lihatlah ke depan pada semua kemungkinan

Contek 8 Cara Menghadapi Patah Hati dari Para CEO Perempuan Iniinstagram.com/fromabolivian

Vanessa Acosta, CEO merek Wasi Clothing menuturkan bahwa perpisahan itu sulit dan tidak ada cara yang mudah untuk menghadapinya. Dia juga menjelaskan bahwa kuncinya adalah menemukan cara atau proses penyembuhan yang tepat untuk diri sendiri.

Selama ini, Acosta fokus membuat dan menciptakan kenangan sebanyak mungkin dengan teman-temannya. “Eksplorasi lebih banyak! Berlibur! Berkumpul dengan teman-teman," kata Acosta. "Ada banyak hal untuk dilihat di dunia ketika kamu tidak menghabiskan waktumu bersama orang itu lagi." Nah, bisa dicoba ya Bela saran dari Acosta ini.

2. Tenangkan jiwa dan pikiranmu

Contek 8 Cara Menghadapi Patah Hati dari Para CEO Perempuan Iniinstagram.com/lillian_daniels_

Lillian Daniels, seorang CEO merek kalung The Bali Bead mengatakan, "Kamu harus meluangkan waktu untuk merasakan apa yang ingin kamu rasakan dan tidak menyalahkan diri sendiri. Habiskan waktu dengan orang-orang yang benar-benar membawa kegembiraan dan cinta. Keluarlah dan lakukan hal-hal yang membuatmu tersenyum. Ini akan sulit. Terkadang, kamu mungkin merasa seperti, 'Tapi aku tidak mau tersenyum'," tutur Daniels.

Selain itu, ingatkan dirimu atas pelajaran yang bisa diambil saat putus cinta. Akan ada sesuatu yang bisa kamu ambil, entah tentang dirimu atau dalam memilih pasangan ke depannya yang akan membuat hubunganmu selanjutnya menjadi lebih baik. Jangan lupa untuk tetap tenang dan bahagiakan dirimu sendiri ya, Bela.

3. Biarkan kreativitas mengalir

Contek 8 Cara Menghadapi Patah Hati dari Para CEO Perempuan Iniinstagram.com/selfmadecade

Cade Roach, seorang ilustrator dan agensi desain Hey Atlas Creative, menyimpulkan sebuah perpisahan seperti, "Melepaskan atau bertahan." Tetapi lebih dari sekadar belajar melepaskan, gunakan perpisahanmu dengan pasangan sebagai bahan untuk mempelajari hal baru. Saat putus cinta, Roach menghabiskan waktu dengan mengendarai mobil dua jam dua kali seminggu ke sebuah percetakan kecil di salah satu negara bagian. Dia melakukan perjalanan sehingga bisa belajar cara menggunakan printer offset dan letterpress.

"Itu tidak hanya memberi saya banyak waktu di jalan untuk diam atau menyanyi dengan sangat keras, tetapi saya juga melakukan hal baru,” kata Roach. Kamu bisa mencontoh yang Roach lakukan dengan melakukan hobi atau rencanamu yang tertunda untuk melupakannya.

4. Bangkit dan tunjukkan pada dunia

Contek 8 Cara Menghadapi Patah Hati dari Para CEO Perempuan Iniinstagram.com/itskylanotkayla

Kyla Brown, pendiri toko pakaian Underthing, juga mengatakan untuk rasakan apa yang sedang kamu rasakan saat itu, menangis, sedih, marah, dan kemudian sedih lagi. "Aku selalu menyarankan kalian untuk membuat daftar lagu yang bagus untuk menjadi sedih, dan membuat daftar lagu lain yang membangkitkan dan seksi. Sambil menggerakan tubuh, bangkitkan pikiran dan kenangan baik yang membuatmu istimewa," ucap Brown.

Brown juga menjelaskan bahwa kamu harus mencoba hal-hal baru dan bertemu orang-orang. Sesuatu seperti itu bisa membuat kamu jauh lebih baik daripada berusaha menyelesaikannya sendirian. Ingat, masih ada orang-orang di sekitarmu yang sayang dan peduli. Ayo bangkit!

5. Jangan sembunyi dari patah hati

Contek 8 Cara Menghadapi Patah Hati dari Para CEO Perempuan Iniinstagram.com/amandabrocksmith

Amanda Brocksmith pengelola Blue House Bikinis, merek pakaian renang yang ditujukan untuk perempuan muda. Pertama dan terpenting, Brocksmith berkata, "Saya pikir kebanyakan orang bisa setuju bahwa berteman dengan mantan selalu tidak jawabannya!" Brocksmith juga mengatakan sangat penting menyisihkan waktu untuk merasa lebih baik.

Mirip dengan Brown, Brocksmith mengatakan, "Curahkan perasaanmu dan jangan bersembunyi dari patah hati dengan hanya berpesta. Jangan biarkan pesta menjadi perban untuk hati mu yang patah. Mengakui perpisahan adalah kuncinya, karena kalau tidak, kamu tidak bisa melanjutkan. Jangan pernah menyerah pada cinta.” Semangat Bela, you’re not alone.

6. Belajar dari kesalahanmu

Contek 8 Cara Menghadapi Patah Hati dari Para CEO Perempuan Iniinstagram.com/jacqueaye

Jacque Aye, CEO (a.k.a. Kepala Magical Girl) Adorned by Chi mengatakan, "Menangis sepuas mu, tetapi jangan menghubungi siapapun, setidaknya tidak untuk sekarang." Tidak apa-apa untuk sedih atau bahkan penyesalan, kata Aye. Tapi ingat kamu berpisah karena suatu alasan dan alasan itu harus diperbaiki dengan membutuhkan waktu. Ketika kamu kembali berkencan, Aye mengingatkan bahwa "percintaan itu liar dan aneh". "Terlibat asmara dengan orang lain bisa menyakitkan. Juga bersiaplah untuk pengalaman menarik saat kamu berkencan, serta kegembiraan dan kehangatan saat kamu akhirnya jatuh cinta," kata Aye.

7. Kembali ke komunitasmu

Contek 8 Cara Menghadapi Patah Hati dari Para CEO Perempuan Initwitter.com/kartierkati

Kati Holland, CEO dari perusahaan CBD Not Pot, mengatakan bahwa manfaatkan lebih banyak waktu untuk dirimu sendiri. Hal ini bisa berarti belajar keterampilan baru, seperti yang dijelaskan Roach, bahkan jika itu hanya mengemudi ke luar kota, kata Holland. Dia juga mengatakan, "Lakukan hal-hal untuk orang lain, entah itu menjadi sukarelawan di badan amal setempat atau membuat kue untuk teman. Saya sangat percaya bahwa berbagi dan memberi membuat hidup menjadi lebih baik," kata Holland.

Ingat ya Bela, kalau kamu tidak kesepian dan masih memiliki cinta untuk diberikan. Nasihat lainnya adalah “Jangan tunggu sampai putus cinta untuk melakukan sesuatu yang baik untuk dirimu sendiri. Kencani dirimu setiap hari." Yuk sama-sama untuk lebih mencintai dirimu sendiri!

8. Dekatkan diri pada orang-orang yang mendukungmu

Contek 8 Cara Menghadapi Patah Hati dari Para CEO Perempuan Iniinstagram.com/chavezbrit

Brittany Chavez, CEO dari Shop Latinx, mengatakan “Semua orang datang ke hidupmu untuk mengajarimu sesuatu," Chavez menjelaskan. "Tanyakan pada dirimu: Apa yang ingin kamu pelajari dari semua ini?" Chavez putus dengan pasangan terakhirnya di hari Thanksgiving 2018. Sejak saat itu, dia mencari teman dan keluarga baiknya untuk mendapatkan cinta dan perhatian yang ia butuhkan. Entah itu dalam bentuk pundak untuk menangis, meditasi, atau panggilan telepon dua jam.

Pada akhirnya, dalam beberapa bulan sejak perpisahannya, Chavez merasa lebih baik. "Saya merasa utuh kembali. Rasanya seolah-olah kebebasan saya telah ditekan begitu lama. Brittany Chavez kembali dengan penuh semangat," kata Chavez.

Nah, ada banyak nasihat yang dapat kamu ambil dari para CEO ini ya. Pergunakan waktu mu sebaik mungkin dengan hal-hal yang positif dan tentunya berguna. Semua orang pernah mengalami patah hati. Cara mengatasinya pun berbeda-beda. Jangan pernah larut dalam kesedihan dan penyesalan. Bangkit dan sayangi diri sendiri. Semangat, Bela!

Baca Juga: 5 Fase Patah Hati yang Kamu Alami Ketika Putus dengan Teman Terbaik