Kehadiran internet dan media sosial memang membuka jalan lebih besar bagi masyarakat untuk mengemukakan pendapat mereka secara bebas asalkan sesuai dengan hukum yang berlaku. Maka dari itu, sebagian masyarakat yang aktif menggunakan internet, atau yang biasa disebut netizen, menjadi lebih aktif untuk berpendapat, bahkan tentang hal-hal yang sebenarnya nggak begitu penting juga. Banyak banget artis Indonesia yang jadi sasaran empuk netizen untuk untuk melontarkan komentar negatif. Maka dari itu, beberapa artis juga mengimbau kepada netizen untuk lebih bijak memanfaatkan media sosial dan belajar untuk menulis komentar yang baik. Lalu, siapa saja artis yang mengajak netizen untuk bijak menggunakan media sosial?

1. Raffi Ahmad

Raffi Ahmad dan 6 Artis Ini Ajak Netizen Bijak Gunakan Media SosialInstagram @raffinagita1717

Kemarin (28/9) Raffi Ahmad mengunggah foto dirinya mengenakan kaos bertuliskan Instagram dan menulis “Ayo semua belajar untuk menggunakan Sosial Media dengan baik dan no Bully #komenbaik”. Bukannya disetujui oleh para pengikutnya, Raffi justru dikritik. Banyak netizen yang berpendapat kalau komentar yang mereka tulis sesuai dengan perilaku artisnya.

2. Nadine Chandrawinata

Raffi Ahmad dan 6 Artis Ini Ajak Netizen Bijak Gunakan Media SosialInstagram @nadinelist
 

Kakak dari Marcel dan Mischa Chandrawinata ini bersama teman-teman artis lainnya mengajak masyarakat untuk menggunakan media sosial dengan bijak, terutama terkait isu SARA dan penyebar kebencian. Lewat tagar #dengaryangmuda, Nadine mengimbau supaya penggunaan media sosial bisa dimaksimalkan untuk hal-hal positif, bukan untuk memancing konflik.

3. Fatin Shidqia Lubis

Raffi Ahmad dan 6 Artis Ini Ajak Netizen Bijak Gunakan Media SosialInstagram @fatin30
 

Menurut Fatin, media sosial bukan untuk mengumbar aib pribadi. Pemenang ajang pencarian bakat X Factor ini mengatakan, “Hal-hal private yang sebenarnya kita nggak mau banyak orang atau media tahu tapi kita upload di sosmed, kan kontras banget,” tuturnya seperti yang ditulis Bintang.

4. Pasha ‘Ungu’

Raffi Ahmad dan 6 Artis Ini Ajak Netizen Bijak Gunakan Media SosialInstagram @pashaungu
 

Pria yang juga terjun ke dunia politik ini pernah merasa prihatin karena banyak netizen yang komentar tentang gaya berpakaiannya. Padahal, menurut Pasha masih ada banyak hal yang lebih penting untuk diperhatikan. Namun pria yang memiliki nama lengkap Sigit Purnomo Syamsuddin Said ini merasa bahwa komentar negatif tersebut bukanlah bentuk bully melainkan perhatian.

5. Nafa Urbach

Raffi Ahmad dan 6 Artis Ini Ajak Netizen Bijak Gunakan Media SosialInstagram @nafaurbach
 

Setelah foto buah hatinya menjadi sasaran kelompok pedofil, Nafa mengingatkan kepada netizen untuk lebih berhati-hati lagi menggunakan media sosial. “Jangan unggah foto anak yang sedang telanjang atau baru selesai mandi di media sosial,” tuturnya. Selain itu, Nafa juga mengingatkan para orangtua untuk menjaga anak mereka di lingkungan yang ramai dan pentingnya pendidikan seks sejak dini kepada anak.

6. Anji

Raffi Ahmad dan 6 Artis Ini Ajak Netizen Bijak Gunakan Media SosialInstagram @duniamanji
 

Pria yang pernah bergabung dalam grup band Drive ini lebih fokus pada tindakan tegas kepada orang-orang yang menyebarkan berita palsu, menghina pihak tertentu atau fitnah di media sosial. Anji pun mengakui bahwa dirinya sangat mendukung adanya hukuman bagi mereka supaya media sosial lebih menjadi tempat yang aman dan menyenangkan.

7. Titi Rajo Bintang

Raffi Ahmad dan 6 Artis Ini Ajak Netizen Bijak Gunakan Media SosialInstagram @titirajobintang
 

Masih ingat tentang tragedi ledakan bom di halte TransJakarta Kampung Melayu beberapa waktu lalu kan, Bela? Artis cantik berkulit eksotis ini menulis permohonan yang ditujukan kepada masyarakat untuk nggak menyebarkan foto-foto yang nggak selayaknya dikonsumsi publik. Lewat Twitter, Titi menulis, “Jangan menyebat foto-foto atau video ledakan di Kampung Melayu ya, please.”

BACA JUGA: 4 Artis Ini Berinteraksi dengan Seleb Luar Negeri di Media Sosial​