Masa lalu merupakan hal yang biasanya nggak ingin orang bicarakan, terlebih ketika kita menyimpan rahasia-rahasia kecil yang nggak ingin diingat lagi. Tapi apa jadinya ketika rahasia yang selama ini kita pendam atau bahkan sudah kita lupakan tiba-tiba muncul begitu saja dan melukai banyak orang? Mungkin hal inilah yang sedang dialami oleh Nadine Emmanuella Waworuntu. Video ciumannya dengan Verrel Bramasta tiba-tiba tersebar luas, padahal Nadine mengaku hal tersebut terjadi sudah 2 tahun lalu.

Video Ciuman Nadine Emmanuella dan Verrel Bramasta Tersebar, Ini yang Harus Kita Waspadaiinstagram @nadinemmanuella

Video yang belum diketahui siapa penyebarnya ini sempat membuat putri dari pasangan artis Ruth Sahanaya dan Jeffry Waworuntu ini bingung. Secara spontan, dia meminta maaf kepada Verrel dan Natasha Wilona yang kini tengah dekat dengan putra Venna Melinda tersebut. Walau Nadine mengaku bahwa mereka sedang bermain truth or dare, banyak netizen yang menyayangkan sikap mereka. Sebenarnya kalau dipikir lagi, orang yang mengambil video yang dari jarak dekat tersebut kemungkinan besar adalah teman-teman kedua anak artis tersebut. Tapi pertemanan zaman sekarang bisa berubah drastis, lho.

Video Ciuman Nadine Emmanuella dan Verrel Bramasta Tersebar, Ini yang Harus Kita Waspadaiinstagram @nadinemmanuella

Pada kenyataannya, sekarang nggak sedikit orang yang merasa dikhianati oleh temannya sendiri sehingga muncul istilah frenemies. Studi yang dimuat dalam buku karya Jan Yager mengungkapkan bahwa 68 persen orang yang diwawancara pernah merasa dikhianati oleh temannya. Namun istilah frenemies sendiri memiliki makna yang yaitu kamu dan teman yang pernah mengkhianatimu bisa baikan dan kembali berteman lagi.

Video Ciuman Nadine Emmanuella dan Verrel Bramasta Tersebar, Ini yang Harus Kita Waspadaiinstagram @nadinemmanuella

Kalau seandainya yang merekam dan menyebarkan video tersebut adalah teman mereka sendiri, maka hal yang bisa dilakukan Nadine adalah mencoba mengingat-ingat kembali kejadian waktu itu, seperti siapa saja yang hadir saat itu. Memang bukan hal yang mudah, apalagi peristiwa tersebut sudah terjadi bertahun-tahun lalu. Kemudian tindakan preventif yang bisa kita lakukan supaya nggak mengalami hal yang sama yaitu selalu sadar bahwa apapun yang kita lakukan, terutama di ruang publik, akan dilihat bahkan diabadikan oleh orang lain. Entah itu teman atau bukan, konteksnya bercanda atau nggak, kita nggak bisa menyalahkan kemajuan teknologi dan budaya orang masa kini untuk berbagi informasi lewat internet, seperti merekam kejadian atau hal-hal yang dianggap lucu. Maka dari itu, nggak ada salahnya bagi kita untuk selalu berhati-hati.

Semoga apa yang dialami Nadine bisa menjadi pelajaran buat kita ya, Bela.

BACA JUGA: Begini Sosok Verrel Bramasta di Mata Natasha Wilona​