Usia 20an menjadi rentang usia yang sedikit menakutkan bagi wanita. Pada pertengahan rentang usia inilah, biasanya kita mulai dihadapkan dengan pertanyaan seputar pernikahan. Bagi mereka yang hubungannya baru saja kandas akan bertanya dalam hati ‘Apakah aku masih punya cukup waktu untuk menemukan cinta?’ Bagi mereka yang tengah semangat mengejar karier akan berpikir ‘Sampai kapan aku bisa menunda urusan percintaan demi karier yang telah kubangun?’

Ini Masalah Percintaan yang Kamu Hadapi di Pertengahan Usia 20an

Usia yang cukup matang, keinginan orangtua, hingga kabar yang beredar di lingkungan membuat kamu bertanya-tanya mengapa begitu banyak tekanan hanya untuk bahagia. Atau apakah kebahagiaan yang disebut pernikahan adalah kebahagiaan tulus bagi mereka namun kebahagiaanmu yang agak dipaksakan karena merasa belum siap?

Ini Masalah Percintaan yang Kamu Hadapi di Pertengahan Usia 20an

“Pengalaman adalah guru terbaik”, begitu kata pepatah. Baik atau buruk, beberapa pria yang kamu kenal di masa lalu telah mengajarkan sesuatu yang berharga. Kamu tidak ingin mengikat janji dengan orang yang salah hanya karena tekanan yang kamu dapat.

Ini Masalah Percintaan yang Kamu Hadapi di Pertengahan Usia 20an

Semua problematika yang kamu hadapi saat ini tidaklah mudah. Tidak heran jika kamu melamun memikirkan bagaimana jika kamu tidak menemukan Mr. Right sebelum usia 30 tahun, bagaimana reaksi keluarga dan orang sekelilingmu ketika kamu masih saja melajang di usia yang tak lagi muda. Pada akhirnya, kamu depresi dan cenderung masa bodoh terhadap masa depan percintaanmu.

Ini Masalah Percintaan yang Kamu Hadapi di Pertengahan Usia 20an

Rasa malas untuk menemukan cinta di pertengahan usia 20an juga bisa jadi karena kamu sudah bahagia dengan karier dan kehidupanmu. Menikah tetap menjadi salah satu tujuan utama, namun kamu memilih untuk tidak terburu-buru. Bagimu, menikah bukanlah garis finish yang segera kamu kejar melainkan garis start, di mana kamu akan terus mengerahkan segala kemampuan menuju kebahagiaan bersama pasangan yang tepat hingga akhir hayat.

Apakah kamu akan bertemu seseorang yang tepat di saat yang tepat, tak ada yang tahu. Namun sebaiknya kamu tidak menggantungkan kebahagiaan di tangan orang lain. Bagaimana pun, suatu hari nanti orang-orang yang kamu cintai akan pergi. Percayalah pada diri sendiri bahwa semuanya akan baik-baik saja. Bersyukurlah dengan apa yang kamu punya saat ini, maka kebahagiaan akan mengikutimu.

BACA JUGA: Masih Usia 20an? Simak 9 Alasan Jangan Terlalu Serius Soal Cinta​