Kejahatan dalam tata pergaulan di masyarakat termasuk pelecehan seksual memang nggak kenal tempat atau orang, termasuk di dunia hiburan. Korea Selatan misalnya, yang selama beberapa tahun terakhir dikenal dunia berkat Kpop dan dramanya, juga menyimpan cerita kelam di baliknya. Beberapa aktor, personel grup hingga orang penting lainnya dikabarkan pernah melakukan pelecehan seksual.

Kasus pelecehan seksual memang bukan perkara yang mudah, apalagi jika dilakukan oleh orang ternama. Ada yang mengakuinya, ada juga yang nggak terbukti kebenarannya. Lalu, siapa saja mereka?

1. Lee Seo Won

Lee Seo Won dan 4 Artis yang Sempat Terlibat Kasus Pelecehan Seksual
Ilovekstars.com

Korea Selatan sedang dihebohkan kabar kalau aktor muda yang juga menjadi MC di program musik Music Bank ini melakukan pelecehan seksual. Nggak hanya itu, Seo Won juga mengancam wanita yang juga dari kalangan selebriti ini dengan senjata. Melansir dari Soompi, hal itu terjadi ketika Seo Won dan wanita tersebut sedang minum-minum.

Di bawah pengaruh alkohol, Seo Won ingin mencium A namun ditolak. Seo Won terus memaksa sehingga wanita tersebut harus menelpon pacarnya untuk minta pertolongan. Seo Won akhirnya marah lalu mengeluarkan senjata. Mengakui perbuatannya, Seo Won meminta maaf. Pihak kepolisian masih menginvestigasi kasus ini dan stasiun televisi KBS juga telah mengeluarkan Seo Won dari program andalannya tersebut.

2. Kim Hyun Joong

Lee Seo Won dan 4 Artis yang Sempat Terlibat Kasus Pelecehan Seksual
Allkpop.com

Kasus pemeran Yoon Ji Hoo dalam drama Boys Over Flowers ini memang lebih mengarah pada kekerasan dalam hubungan ketimbang pelecehan seksual. Namun kasus Hyun Joong tersebut sempat menjadi berita nasional yang menghebohkan, bahkan disebut-sebut sebagai kasus pelecehan dan kekerasan paling fenomenal di Korea Selatan.

Hal ini bermula ketika wanita yang pernah menjadi kekasih Hyun Joong mengajukan tuntutan bahwa sang aktor dan juga penyanyi tersebut melakukan kekerasan fisik dan verbal padanya. Bukti berupa foto memar pada tubuhnya dan pengakuan bahwa dirinya hamil juga sempat beredar. Hyun Joong juga menuntut balik mantan pacarnya dengan tuduhan pencemaran nama baik. Kasus yang berjalan selama 2 tahun itu selesai pada tahun 2016 dan dimenangkan oleh Hyun Joong.

3. Park Yoochun

Lee Seo Won dan 4 Artis yang Sempat Terlibat Kasus Pelecehan Seksual
Morningnewsusa.com

Aktor dan penyanyi Park Yoochun menjadi pusat perhatian karena karyanya, tapi juga karena masalah yang sempat menyeret namanya. Seorang wanita yang bekerja di bar mengaku telah diperkosa oleh Yoochun di toilet. Nggak lama setelah itu, 3 wanita lain muncul dan mengaku mendapat perlakuan yang sama dari pria yang pernah tergabung dalam boyband TVXQ tersebut. Bahkan wanita pertama sempat menjadikan pakaian dalamnya sebagai bukti kepada polisi.

DNA yang ada di pakaian dalam wanita tersebut cocok dengan DNA Yoochun. Namun barang bukti tersebut nyatanya nggak cukup kuat untuk menyatakan bahwa telah terjadi hubungan seksual atas dasar paksaan. Setelah dilakukan penyelidikan, Yoochun terbukti nggak bersalah dan dibebaskan. Wanita pertama yang mengaku dirinya diperkosa akhirnya dijebloskan ke penjara selama 2 tahun karena terbukti melakukan blackmail bersama dengan sepupunya.

4. Jo Min Ki

Lee Seo Won dan 4 Artis yang Sempat Terlibat Kasus Pelecehan Seksual
Allkpop.com

Aktor senior yang juga berprofesi sebagai dosen drama di sebuah universitas ini sempat terlibat skandal. Min Ki dituduh telah melakukan pelecehan seksual kepada 8 mahasiswinya di kelas drama. Min Ki sempat mengelak telah melakukan hal tersebut, namun nggak lama setelahnya Min Ki mengeluarkan pernyataan bahwa dia meminta maaf dan dialah yang seharusnya disalahkan.

Skandal tersebut muncul setelah gerakan melawan pelecehan seksual #MeToo menyebar di seluruh dunia, termasuk Korea Selatan. Nggak lama setelah menulis pernyataan tersebut, pada Maret 2018 silam Min Ki ditemukan gantung diri di basement tempat tinggalnya.

5. Onew ‘SHINee’

Lee Seo Won dan 4 Artis yang Sempat Terlibat Kasus Pelecehan Seksual
Allkpop.com

Hal ini bermula ketika seorang wanita mengaku telah dilecehkan oleh personel boyband SHINee di sebuah kelab malam pada Agustus 2017 lalu. SM Entertainment mengeluarkan pernyataan bahwa saat itu Onew sedang mabuk dan nggak sadar atas apa yang ia lakukan. Melansir dari Soompi, wanita tersebut kebetulan sedang tampil dan berada di atas panggung, di mana Onew sedang duduk di samping panggung tersebut, nggak jauh dari wanita ini.

Kasus ini lantas diserahkan kepada kejaksaan. Onew menulis permintaan maaf kepada para penggemarnya melalui surat yang ditulis tangan dan dimuat pada situs resmi SHINee. Akibat skandal tersebut, Onew berhenti membintangi drama Hello, My Twenties dan beberapa fansite juga memutuskan untuk tutup.

Nggak hanya lima pria ini, masih banyak sosok yang pernah terseret kasus serupa. Dari sini kita bisa belajar untuk nggak takut melaporkan apa yang kita alami jika memang mendapat perlakuan nggak menyenangkan dari orang sekitarmu. Tapi jika itu tak terjadi, jangan jadikan pelecehan sebagai alasan untuk mengambil keuntungan atau menjatuhkan orang lain, karena kita nggak akan tahu sebesar apa dampak hal tersebut dalam hidup mereka.

BACA JUGA: Ketahui 10 Gaya Pacaran yang Berlaku di Korea Selatan