Mengekspresikan perasaan bisa dengan berbagai cara, salah satunya yaitu lewat bunga. Setiap bunga pun juga mewakili makna yang berbeda. Salah satu bunga yang paling sering digunakan untuk mengekspresikan perasaan yaitu bunga mawar.

Bunga mawar terbagi dalam beberapa warna. Setiap warna yang dimiliki juga mengandung arti yang beragam. Lalu apa saja makna dari setiap warna bunga mawar? Berikut penjelasannya.

1. Bunga mawar merah

Arti Bunga Mawar Berdasarkan WarnanyaUnsplash.com/Ivan Jevtic

Mawar merah menjadi warna yang paling populer ketika menyatakan cinta. Arti bunga mawar merah (Rosa Centifolia) sendiri adalah mewakili perasaan seseorang yang memberikannya, seolah mengatakan bahwa ia mencintaimu. Nggak cuma itu, mawar merah juga sebagai simbol penghormatan atau pengabdian. Pilihan warna yang tepat jika dia memberikan mawar merah sambil memujimu.

2. Bunga mawar kuning

Arti Bunga Mawar Berdasarkan WarnanyaUnsplash.com/Snail

Karena kuning sering dikaitkan dengan keceriaan, maka arti bunga mawar kuning (Rosa Foetida Perciana) ini nggak jauh dari lambang sukacita. Sedikit berbeda dengan mawar merah yang diberikan kepada orang terkasih, mawar kuning diberikan kepada sahabat atau orang yang selama ini peduli dengan kita.

3. Bunga mawar pink

Arti Bunga Mawar Berdasarkan WarnanyaUnsplash.com/Jerru Wang

Bunga mawar yang satu ini juga nggak kalah indah dan romantis dengan mawar merah. Arti bunga mawar pink (Rosa Felicia) adalah cinta yang bersemi atau perasaan yang tengah berbunga-bunga. Mawar pink sangat cocok diberikan ketika hubungan asmara kalian masih hangat atau baru jadian. Romantis banget, kan?

4. Bunga mawar putih

Arti Bunga Mawar Berdasarkan WarnanyaUnsplash.com/Skyle Design

Putih sering dikaitkan dengan suatu hal yang suci. Arti bunga mawar putih (Rosa Alba) yaitu simbol kemurnian dan kedamaian. Jika kamu ingin mengatakan bahwa perasaanmu kepadanya begitu tulus dan suci, maka mawar putih menjadi alternatif terbaik. Namun karena juga melambangkan simpati, maka mawar putih juga sering dipakai sebagai lambang dukacita.

5. Bunga mawar hijau

Arti Bunga Mawar Berdasarkan Warnanyaamazon.in

Memang bukan hal yang umum, namun bunga mawar hijau (Rosa chinensis Viridiflora) juga memiliki arti tersendiri. Arti bunga mawar hijau melambangkan kesejahteraan dan kesuburan. Harapan di balik bunga ini yaitu awal yang baik dari kehidupan yang baru. Namun sisi negatif dari warna ini yaitu menandakan kecemburuan.

6. Bunga mawar hitam

Arti Bunga Mawar Berdasarkan Warnanyaoutoftownblog.com

Hitam jauh dari kesan indah, apalagi jika pada bunga. Arti bunga mawar hitam (Ningrum Rosis) memang melambangkan duka atau kematian. Namun ada sisi positif yang ditunjukkan mawar hitam, yaitu kebangkitan dan memulai sesuatu yang baru.

7. Bunga mawar biru

Arti Bunga Mawar Berdasarkan Warnanyaflickr.com

Misterius dan jarang ditemui. Karena itu, maka salah satu arti bunga mawar biru adalah unik. Kamu adalah satu-satunya. Selain itu, bunga mawar biru memberikan harapan bahwa apa yang nggak mungkin bisa saja terjadi, begitu juga warna biru pada mawar.

Itulah arti warna bunga mawar yang bisa kamu jadikan referensi sebelum memberikannya kepada seseorang. Dari 7 warna di atas, yang mana yang jadi favoritmu?

Baca Juga: 15 Ilustrasi Ini Gambarkan Perempuan Melakukan Hal Unik dalam Hubungan