Memiliki pacar memang menyenangkan untuk beberapa hal. Namun, nggak sedikit juga yang malah jadi menyesal karena sudah melepas status 'jomblo' mereka. Katanya drama dalam sebuah hubungan sama seperti bumbu dalam masakan. Tapi, kalau kebanyakan malah jadi nggak enak. Dikutip dari Bolde.com, beberapa drama di bawah ini akan membuat kamu mensyukuri kesendirianmu saat ini. Apa sajakah itu?

1. Nggak perlu bergaul dengan teman pacar yang menyebalkan

Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan dibanding harus menghabiskan waktu bersama pasanganmu dan teman-temannya yang kekanak-kanakan. Setidaknya ketika kamu single, kamu bisa lebih banyak menghabiskan waktu dengan orang-orang yang memang kamu inginkan daripada bersama orang-orang menyebalkan hanya karena kewajiban.

2. Nggak harus khawatir kalau pasanganmu akan berubah

Bahagialah, 8 Drama Pacaran Ini Tak Perlu Kamu Rasakan Saat Singleunsplash/Serjosoza

Memang nggak ada hal yang terjamin dalam hidup ini. Kamu bisa saja khawatir kalau harus kehilangan pekerjaan atau tak memiliki pemasukan. Tetapi dalam hal asmara, setidaknya kamu nggak perlu khawatir jika suatu hari kamu terbangun di pagi hari dan mendengar bahwa pasanganmu sudah nggak mencintaimu lagi.

3. Hidupmu bebas tanpa ada yang mengatur

Salah satu hal terbaik tentang menjadi single adalah kebebasan yang kamu punya. Kalau kamu mau berwisata ke tempat yang belum pernah kamu kunjungi sebelumnya, kamu bisa langsung melakukannya tanpa perlu mendiskusikan hal tersebut ke pasanganmu. Coba deh kalau sedang pacaran, kamu pasti harus mengatakan segalanya pada si dia agar dia bisa tahu tempat apa saja yang akan kamu kunjungi dan berapa lama kamu di sana. Kini karena kamu single, kamu bisa bangun dan langsung pergi begitu saja. 

4. Nggak perlu memegang ponsel seharian

Bahagialah, 8 Drama Pacaran Ini Tak Perlu Kamu Rasakan Saat Singleunsplash.com/Paul Hanaoka

Menyenangkan memang bisa menghabiskan waktu untuk chatting dengan orang yang kita sayang. Tapi, jujur saja dalam beberapa waktu kamu pasti pernah kan merasa bosan? Apalagi kalau kamu punya pasangan yang drama banget, misalnya terlihat online tapi nggak balas, sehingga bisa menyebabkan 'perang dunia' di antara kalian. Nah, kalau kamu single, kamu nggak perlu deh menghadapi 'drama pesan nggak dibalas' itu. Kamu bisa menghabiskan waktu dengan sesuatu yang lebih bermanfaat.

5. Kamu hanya perlu memikirkan tentang masalahmu sendiri

Ketika kamu memilih untuk memiliki hubungan dengan seseorang, itu berarti kamu juga memilih untuk berhadapan dengan masalahnya. Pasanganmu akan menceritakan semua permasalahannya sama kamu dan kamu harus memikirkan bagaimana cara membantunya. Huft... padahal kamu juga punya masalah sendiri untuk diselesaikan! 

6. Kamu nggak akan kehilangan teman

Bahagialah, 8 Drama Pacaran Ini Tak Perlu Kamu Rasakan Saat Singleunsplash.com/Priscilla du Preez

Kamu mungkin pernah mendengar kalimat bahwa, "Perempuan akan kehilangan satu hingga dua teman ketika mereka sedang berpacaran". Ketika kamu single, kamu nggak perlu khawatir berjauhan dengan sahabat-sahabat dekatmu. Kamu bahkan bisa memberikan waktu dan energi yang kamu punya untuk bermain bersama mereka. 

7. Bisa fokus mengejar mimpi

Ketika kamu single, kamu bisa memilih hal-hal apa yang harus kamu prioritaskan dalam hidup. Sedangkan ketika dalam sebuah hubungan, mau nggak mau prioritas pasangan juga harus menjadi prioritasmu. Itu berarti waktumu akan terbuang untuk ditukar dengan hal-hal bersama si dia. Nah, kalau kamu single, nggak perlu repot memikirkan hal-hal tersebut. Kamu bisa mengejar mimpimu tanpa harus terganggu dengan keinginan-keinginan dari pasanganmu. 

8. Kamu bisa mendapatkan banyak hal

Bahagialah, 8 Drama Pacaran Ini Tak Perlu Kamu Rasakan Saat Singleunsplash/brookecagle

Tanpa pasangan, kamu bisa fokus dengan kariermu. Kamu dapat membangun banyak hal besar dan menjalani hidup seperti yang kamu inginkan. Kamu mungkin nggak punya seseorang yang akan menelepon dan mengirimkan pesan ke kamu setiap hari, tetapi kamu akan tetap menjalani hari yang luar biasa tanpa memikirkan pasangan. 

Itu dia drama-drama percintaan yang nggak perlu kamu rasakan ketika kamu single. Seru juga kan? Makanya, tak perlu patah semangat dan bersyukurlah jadi seorang single, ya!

Baca Juga: Jadi Satu-Satunya Single dalam Genk? Ini 7 Mantra Positif untuk Kamu