Semua orang membutuhkan sandaran untuk meletakkan setiap permasalahan hidupnya. Termasuk impian yang dicita-citakan dalam hubungan berkeluarga. Tentu, sebagai umat Katolik, doa turut menjadi salah satu cara untuk menyandarkan diri pada Tuhan Yesus.

Pertanyaannya, apakah kamu dan keluargamu telah membangun kebiasaan doa bersama? Seperti melakukan doa rosario bersama keluarga yang diketahui sangat memberi manfaat positif secara rohani. Jika belum tahu, simak dulu beberapa manfaat doa rosario bersama keluarga berikut ini.

Apa itu doa rosario?

5 Manfaat Berdoa Rosario Bersama Keluargaaleteia.org

Pertama-tama, perlu diketahui bahwa agama Katolik memiliki beragam jenis doa dalam kehidupan sehari-hari. Di antaranya adalah doa rosario yang dipandang sebagai bagian terpenting dalam kehidupan rohani secara pribadi maupun bersama.

Secara umum, doa rosario itu sendiri adalah doa yang diajarkan oleh Bunda Maria saat Beliau menampakkan Dirinya pada 1214 kepada Santo Dominikus. Berdasarkan kesaksian kudus tersebut, doa rosario dilakukan setiap bulan Mei dan Oktober.

Spesifiknya pada kedua bulan tersebut, umat Katolik akan mendasarkan doa rosario dalam bentuk devosi untuk menghormati kesucian Bunda Maria. Hal tersebut dapat dilakukan bersama-sama dalam lingkup kerja maupun ranah yang lebih personal, seperti keluarga.

Berikut adalah lima manfaat berdoa rosario bersama keluarga!

1. Membangun hubungan spiritual keluarga dengan Bunda Maria

5 Manfaat Berdoa Rosario Bersama Keluargacrosswalk.com

Sebagai umat Katolik, kamu tentu cukup memahami bahwa Bunda Maria telah melakukan pekerjaan kudus sebagai Bunda Allah. Sehingga iman dan kepercayaan pun tumbuh untuk mendeklarasikan penghormatan terbaik kepada Bunda Maria melalui doa rosario.

Alhasil, dalam waktu bersamaan, sadarkah kamu bahwa hal tersebut membuahkan hubungan spiritual yang intim dengan Bunda Maria? Melansir dari situs resmi Irish Society for Christian Civilization, dora rosario mempererat hubungan sakral tersebut.

"Kamu perlu mengetahui, ketika kamu memberi penghormatan kepada Bunda Maria, Ia akan menyapamu!" jelas Santa Bernandine of Sient, "Jika kamu menyapanya, Beliau akan menjawabmu seketika dan  membangun komunikasi dengnamu."

2. Menanamkan nilai kasih Yesus dalam keluarga

5 Manfaat Berdoa Rosario Bersama Keluargalearnreligions.com

Dalam Matius 22:37-39, Tuhan Yesus menasihati umatnya, "Kasihilah Tuhan, Allahmu ... Itulah hukum yang terutama dan yang pertama. Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri."

Dengan kata lain, para umat Katolik diwajibkan untuk membangun nila-nilai kasih Yesus dalam kehidupan pribadinya, termasuk keluarga. Tentu, melalui doa rosario, kamu dan anggota keluargamu akan semakin merasakan kedekatan intim terhadap nilai tersebut.

3. Membekali pendidikan agama pada setiap anggota keluarga

5 Manfaat Berdoa Rosario Bersama Keluargacogop.org

Memeluk sebuah agama tidak sekadar memiliki catatan terkait pada data kependudukan atau yang tertulis pada Kartu Tanda Penduduk (KTP). Sebaliknya, dibutuhkan bekal pendidikan agama melalui kegiatan rohani yang sebaiknya dibangun secara konsisten.

Itu artinya, membangun kebiasaan berdoa rosario bersama anggota keluarga akan turut memberi bekal pendidikan agama Katolik yang diperlukan. Secara perlahan pun, bekal pendidikan agama tersebut akan tertanam di hati dan menjadi sandaran yang menguatkan.

4. Membangun suasana spritual yang damai

5 Manfaat Berdoa Rosario Bersama Keluargamouthsofmums.com.au

Sebagai pemeluk agama Katolik yang setia, kamu tentu mengingat ajaran Tuhan Yesus yang tertulis pada Lukasi 6:45 bahwa "Orang yang baik mengeluarkan barang yang baik dari perbendaharaan hatinya yang baik." Atau apa yang keluar dari mulut berasal dari hati.

Dengan kata lain, sikap dan perbuatan yang membuahkan suasana yang damai harus dimulai dari menyelidiki nilai-nilai apa yang tertanam di dalam hati itu. Pastikanlah melalui doa rosario bersama keluarga yang turut menyelidiki posisi hatimu dan merubahnya menjadi sebagaimana yang diharapkan oleh Tuhan Yesus dan Bunda Maria.

5. Membentuk karakter Katolik yang diharapkan

5 Manfaat Berdoa Rosario Bersama Keluargacogop.org

Membangun kedewasaan karakter sebagai umat Katolik merupakan hal yang sebaiknya dilakukan dengan sepenuh hati. Pasalnya, karakter tersebut berperan penting dalam menopang sikap dan perkataan antar sesama manusia, termasuk anggota keluarga.

Namun, perlu diketahui bahwa proses membangun karakter tersebut harus ditujukan kepada teladan Tuhan Yesus dan Bunda Maria. Maka dari itu, doa rosario yang melekat pada Bunda Allah dan Juruselamat Dunia akan jelas membantumu dan keluargamu.

Jadi, apakah kamu yang beragama Katolik merasakan kelima manfaat tersebut? Kami mendoakan segala yang terbaik untuk kedamaian keluargamu saat ini, ya!

Baca Juga: Kumpulan Doa Meluluhkan Hati Orangtua Agar Mendapat Restu

Baca Juga: Ampuh! Panjatkan Doa Ini untuk Meluluhkan Kerasnya Hati Seseorang

Baca Juga: 14 Lagu Pernikahan Kristen yang Direkomendasikan