Sekarang ini, nggak semua orang siap untuk berkomitmen dalam suatu hubungan. Ada banyak orang yang nyaman berada di dalam hubungan tanpa status. Kamu pasti tahu dong seperti apa hubungan tanpa status itu? Hubungan tanpa status itu hubungan yang lebih dari teman biasa, tapi juga bukan pacar. Karena sesuai dengan namanya, hubungan tanpa status itu berarti hubungan tanpa komitmen.

Nah, apakah kamu termasuk salah seorang yang sedang terlibat dalam hubungan tanpa status? Kalau iya, pikirkan lagi deh tentang status hubunganmu itu. Karena inilah beberapa kerugian menjalin hubungan tanpa status.

1. Dia bukan milikmu

Sedang Terlibat dalam Hubungan Tanpa Status? Ini Lho KerugiannyaUnsplash.com/Joe Yates

Menjalani hubungan tanpa status, berarti kamu harus siap menerima kenyataan kalau dia bukanlah milikmu. Dia memang dekat denganmu, lebih dari sekadar teman biasa, namun kamu nggak bisa menuntutnya untuk terus ada di sampingmu.

Ketika kamu sedang kesepian ataupun saat kamu sedang sedih, jangan berharap dia akan selalu menemanimu. Ingat, kamu nggak punya hak untuk memintanya selalu ada di dekatmu.

2. Jatuh cinta? Dilarang!

Ketika memutuskan untuk terlibat dalam hubungan tanpa status, pastinya kamu sudah tahu kalau hubungan ini adalah hubungan yang tak terikat komitmen apa pun. Karena itu, ketika menjalani hubungan ini, kamu dilarang untuk terbawa perasaan.

Ketika terlalu lama dan terlalu nyaman ada di dekat seseorang, biasanya akan muncul rasa cinta. Namun dalam hubungan tanpa status, si dia nggak ingin berkomitmen. Jadi kamu dilarang jatuh cinta, atau si dia akan pergi meninggalkanmu.

3. Cemburu? Kamu nggak punya hak untuk itu

Sedang Terlibat dalam Hubungan Tanpa Status? Ini Lho KerugiannyaUnsplash.com/Ryan Jacobson

Walaupun kamu merasa sangat dekat dan sangat nyaman ada di samping dia, namun dia bukanlah milikmu sepenuhnya. Ingat, kalian sedang menjalani hubungan tanpa status. Jadi kalau kamu melihat dia dekat dengan orang lain selain kamu, terima saja dengan lapang dada. Karena kamu nggak punya hak untuk cemburu, atau melarangnya menjalin hubungan dengan orang lain.

4. Mendapatkan pandangan negatif dari orang di sekeliling

Hingga saat ini, nggak semua orang bisa menerima dengan baik pasangan yang sedang menjalin hubungan tanpa status. Akan selalu ada orang-orang yang memiliki pandangan negatif terhadapmu dan hubunganmu yang tanpa status itu.

Perempuan yang menjalani hubungan tanpa status biasanya dianggap sebagai perempuan gampangan, bodoh, dan nggak laku. Padahal sebenarnya nggak seperti itu, bukan? Sedangkan laki-laki yang menjalani hubungan tanpa status biasanya dianggap sebagai playboy, dan laki-laki yang nggak bertanggung jawab.

5. Harus rela kehilangan si dia kapan pun

Sedang Terlibat dalam Hubungan Tanpa Status? Ini Lho KerugiannyaUnsplash.com/Daryn Stumbaugh

Sejak awal kamu menjalani hubungan tanpa status, kamu sadar sepenuhnya kalau hubungan kalian adalah hubungan yang tak terikat komitmen. Jadi kamu harus selalu siap untuk kehilangan dia kapan pun. Ketika dia jatuh cinta dengan orang lain, maka kamu harus rela untuk melepaskan dia.

6. Buang-buang waktu percuma

Sadarkah kamu kalau hubungan tanpa status juga membuatmu membuang-buang waktumu? Hubungan tanpa komitmen itu sudah jelas bukanlah hubungan yang memiliki masa depan, karena itu kamu tidak bisa berharap apa pun dari hubungan itu. Kalau kamu terus terlibat dalam hubungan seperti ini, orang lain akan merasa segan untuk mendekati kamu.

Mungkin saja dia merupakan orang yang lebih serius ingin menjalin hubungan denganmu, namun membatalkan niatnya karena dia mengira kamu sudah memiliki kekasih. Padahal, kamu hanya terlibat dalam hubungan tanpa status.

Banyak banget ya kerugian menjalani hubungan tanpa status? Tapi, memang keputusan tetap ada di tanganmu. Kalau kamu memang merasa nyaman menjalani hubungan yang seperti itu, maka semuanya terserah padamu. Tapi sebaiknya, kamu mempertimbangkan dengan baik segala sesuatunya, sebelum kamu terlibat ke dalam hubungan tanpa status.

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul "Sedang Terlibat dalam Hubungan Tanpa Status? Ini Lho Kerugiannya"

Baca Juga: Beda Dulu Beda Sekarang, Ini Fakta Hubungan Tanpa Status Zaman Now