Akhir-akhir ini depresi banyak dibicarakan karena bisa menyebabkan kematian. Depresi bisa terjadi pada tiap kalangan tak memandang usia maupun jenis kelamin. Seringkali depresi tak bisa cepat dirasakan karena seringkali disepelekan.

Jika sudah mulai depresi, mungkin kamu akan terpikir untuk menyakiti diri sendiri. Melansir dari penelitian Cornell University tahun 2009, kamu bisa melakukan beberapa hal ini untuk mencegahnya. Tentunya hal ini terbilang aman dan tidak meninggalkan bekas luka.

1. Remas es batu

Kamu bisa melakukan langkah pertama ini saat muncul pikiran untuk menyakitkan diri. Cobalah untuk mengambil beberapa es batu dan meremasnya. Dengan menghancurkan es batu tersebut kamu bisa mendapatkan kepuasan tanpa perlu menyakiti diri sendiri dan merugikan orang lain.

2. Robek kertas atau buku bekas

Bukan Menyakiti Diri, Ini 5 Cara Aman Meluapkan Emosi Saat Depresipexels.com/Steve Johnson

Depresi bisa membuat mood menjadi naik turun tanpa bisa dikontrol. Terkadang kamu bisa saja merasa bahagia saat bersama orang lain, namun saat di rumah kamu bisa saja menangis seharian. Perlu diingat, kamu harus menghindari melampiaskan amarah dengan melempar barang yang mudah pecah. Baiknya segera robek kertas atau buku bekas agar amarahmu bisa terluapkan.

3. Oleskan balsem ke bagian tubuh

Kamu harus tahu kalau ada cara lain untuk ‘melukai’ diri sendiri tanpa harus merasakan sakit. Dengan menggunakan balsem kamu bisa merasakan perih dan memberikan rasa puas. Caranya pun cukup oleskan pada bagian tubuh yang ingin kamu ‘lukai’.

4. Coba atur pernapasan

Bukan Menyakiti Diri, Ini 5 Cara Aman Meluapkan Emosi Saat Depresipexels.com/visiopic.net

Emosi yang tak terkontrol bisa membuat kamu cepat marah dan berpikir pendek. Kamu perlu untuk menenangkan diri dengan mencoba mengatur pernapasan. Cobalah untuk menaruh tangan di dada dan rasakan napasmu dengan mencoba menghembus dan menghirupnya kembali secara perlahan.

5. Beri spidol merah di kulitmu

Selain balsem, ada juga cara yang lebih aman yaitu menggunakan spidol merah. Warnanya yang mirip darah bisa membuatmu merasa tenang tanpa membuat luka yang berbekas. Untuk menghilangkannya pun cukup menggunakan sabun ataupun baby oil.

Tentu hal-hal ini disarankan agar kamu tetap aman dan tak menyakiti diri sendiri. Jika sudah tak kuat cobalah untuk berkonsultasi ke psikolog. Yuk mulai pikirkan kembali orang-orang yang menyayangimu, percayalah bahwa kamu adalah orang yang berharga di dunia ini.

Baca Juga: Kenali dengan Jelas Tanda-tanda Depresi pada Perempuan