Status jomblo tidak selamanya buruk. Justru kamu bisa memanfaatkan masa-masa melajang ini untuk membahagiakan dan mengenal diri sendiri. Menjadi single juga punya banyak hal positif. Kamu bisa mengejar karier, memperluas pertemanan, dan makin dekat dengan keluarga.

Hanya saja, ketika kamu sudah terlalu lama menjomblo, nggak jarang juga melakukan kesalahan saat kencan. Yuk, kenali beberapa kesalahannya agar bisa kamu jadikan pengingat.

1. Asal 'embat' tanpa pikir panjang

Waspada! 5 Kesalahan Kencan Ini Sering Dilakukan Para Jomblo AkutFreepik.com

Pertama, asal embat. Kamu asal terima siapa pun yang datang tanpa melihat kriteria idaman kamu. Bahkan kamu juga sering menolerir hal-hal yang tidak kamu suka demi bisa dekat dengan orang tersebut atau demi lepas dari status jomblo.

Akibatnya, hubungan jadi tak bisa langgeng. Asal ada masalah, putus pun dijadikan jalan terbaik.

2. Mengabaikan sifat buruk ‘calon’ pacar

Waspada! 5 Kesalahan Kencan Ini Sering Dilakukan Para Jomblo AkutUnsplash.com/Gregory Hayes

Setiap orang punya sisi buruk, tapi nggak semua sisi buruk itu dapat ditoleransi. Kamu yang sudah terlalu lama jomblo sering mengabaikan sifat ini. Dengan alasan karena kamu takut menyandang status jomblo dalam waktu yang lebih lama.

Ketika sudah resmi pacaran, kamu baru sadar kalau selama ini sudah terlalu bodoh mau menerima dia sebagai pacar. Ujung-ujungnya putus dan kamu terpaksa mencari sosok lain yang jauh lebih baik.

3. Cenderung bersikap posesif karena nggak mau kehilangan

Waspada! 5 Kesalahan Kencan Ini Sering Dilakukan Para Jomblo AkutPexels.com/Maddog 229

Menjadi jomblo akut memang tidak enak. Apa-apa dilakukan seorang diri. Terkadang juga muncul rasa iri pada orang yang sudah punya pacaran. Alhasil ketika pcaran, kamu justru menjadi orang yang posesif, karena nggak siap kehilangan dan jomblo lagi.

Akibatnya, kamu sering mengekang pacar. Bila dia sudah muak, dia akan memutuskan kita begitu saja dan akhirnya patah hati lagi, deh.

4. Cenderung susah diatur dan akhirnya bertengkar

Waspada! 5 Kesalahan Kencan Ini Sering Dilakukan Para Jomblo Akutinc.com

Ibarat burung yang bisa terbang ke sana ke mari, seperti itulah bebasnya kamu saat jomblo. Kamu bisa melakukan banyak hal tanpa harus permisi, apalagi memikirkan perasaan orang lain. Sifat inilah yang akan terus terbawa saat pacaran nanti, membuat kamu dicap sebagai pacar yang cuek.

Ujung-ujungnya apa lagi kalau bukan bertengkar. Tak heran kalau kamu selalu dituntut bisa melihat situasi dan kondisi saat pacaran, karena keadaan sudah berubah drastis.

5. Meninggalkan keluarga dan teman demi pacar

Waspada! 5 Kesalahan Kencan Ini Sering Dilakukan Para Jomblo AkutPexels.com/Andrea Piacquadio

Hal ini bisa terjadi kalau kamu sudah terlalu cinta, jadi kesannya bucin. Kamu lebih mengutamakan pacar, bukan keluarga apalagi teman. Apa pun yang kamu lakukan, ke mana pun kamu pergi, pacarlah yang selalu ada di sampingmu. 

Jika putus, baru tahu rasa. Jadi nggak punya teman untuk hangout, keluarga pun menjauh dan kurang respect sama kita. 

Bagi yang sudah terlalu lama jomblo, tolong perhatikan lima kesalahan di atas, ya! Jangan sampai jadi jomblo terus karena kesalahan tersebut.

 

Disclaimer: Artikel ini sudah terbit di laman IDN Times dengan judul "5 Kesalahan dalam Pacaran yang Dialami Para Jomblo Akut, Hindari Ya!"

Baca Juga: 9 Jawaban Kocak di KDrama untuk yang Suka Nanya 'Kenapa Masih Jomblo?'

Baca Juga: Lama Menjomblo, 5 Seleb Ini 'Terlibat Asmara' dengan Kang Ha Neul

Baca Juga: Belum Pernah Pacaran, 5 Idol KPop Ini Ternyata Jomblo dari Lahir!