Kamu pernah merenung nggak tentang penyebab jodohmu masih belum terlihat? Di usiamu yang sudah matang, pertanyaan ini pasti sering terlintas di dalam kepalamu, tapi beberapa dari kamu malah menyalahkan diri sendiri karena jodoh nggak kunjung datang.

Sekarang berhentilah menyalahkan diri sendiri, bersabarlah, dan lakukan introspeksi. Penyebab jodoh belum muncul bisa jadi karena salah satu dari lima alasan berikut. Yuk, disimak!

1. Masih banyak hal yang harus kamu selesaikan

Sabarlah, Ini 5 Alasan Kenapa Kamu Belum Juga Ketemu JodohFreepik.com

Ketika kamu masih dalam tahap on the go dalam berkarier, maka wajar kalau jodohmu masih jauh dari peredaran. Sebab, kamu belum fokus memikirkan masalah jodoh. Mungkin setelah kamu menggapai karier yang selama ini diinginkan, baru mulai berpikir tentang jodoh.

Kapan waktu itu datang? Inilah yang harus kamu tanyakan pada diri sendiri. Kalau urusan kariermu nggak kunjung selesai, maka jodohmu akan selalu jauh. Tapi, kalau kamu mau mengorbankan sedikit saja urusan kariermu demi jodoh, mungkin dia akan segera datang.

2. Kamu selalu menarik ulur keinginanmu untuk memiliki jodoh

Sabarlah, Ini 5 Alasan Kenapa Kamu Belum Juga Ketemu JodohFreepik.com

Sekarang kamu ingin punya pacar, tapi besok sudah nggak ingin lagi. Rasa bimbang yang ada dalam dirimu inilah yang membuatmu jauh dari jodoh. Sebab, kamu nggak sepenuhnya yakin untuk mencari dan memilikinya.

Tanyakanlah dirimu sendiri apa yang sebenarnya dibutuhkan saat ini. Jika jodoh belum menjadi prioritas, kamu bisa fokus pada hal lain yang lebih penting.

3. Tak pernah introspeksi diri

Sabarlah, Ini 5 Alasan Kenapa Kamu Belum Juga Ketemu JodohFreepik.com

Sebelum menentukan tipikal jodoh idaman, lihat dulu siapa dirimu. Mulai dari sifat, kemampuan, dan kondisi kehidupanmu yang sekarang. Jika kamu menginginkan lelaki yang pintar, baik hati, dan mapan, kamu harus introspeksi diri, lalu perbaiki diri agar kamu layak bersanding dengan dia.

Setidaknya kamu punya satu atau dua kelebihan yang nggak dimiliki perempuan di luar sana, yang membuatmu masuk dalam kategori perempuan most wanted. 

4. Kriteria jodohmu sangat spesifik

Sabarlah, Ini 5 Alasan Kenapa Kamu Belum Juga Ketemu JodohFreepik.com

Kriteria juga sangat mempengaruhi perjalanan cintamu, lho! Kalau kriteria jodoh idamanmu spesifik dan hampir mendekati kata sempurna, maka akan semakin sulit didapat. Sebab, orang-orang yang punya kriteria seperti itu sangatlah terbatas.

Kalau batas kesabaranmu masih tinggi, sebaiknya tunggu. Tapi, kalau sudah habis dan orangtua mendesak, nggak ada salahnya untuk cek daftar kriteria yang kamu buat. Siapa tahu salah satu di antaranya bisa dihapus atau diganti. 

5. Tak meminta petunjuk Sang Pencipta

Sabarlah, Ini 5 Alasan Kenapa Kamu Belum Juga Ketemu JodohFreepik.com

Bagaimana mau dapat jodoh kalau kamu saja nggak pernah mencari dan memintanya kepada Sang Pencipta? Permintaanmu memang nggak langsung terkabul dalam semalam, tapi di sini lah kesabaranmu akan diuji. 

Jika kamu bertekun untuk meminta, percayalah jodoh terbaik akan segera datang. Maka dari itu, mintalah petunjuk dari Tuhan agar Dia memberi jalan keluar dalam urusan jodoh ini.

Jika kamu merasa jodohmu masih jauh, semoga penjelasan di atas membantu menjawab pertanyaanmu, ya! Kamu boleh pasrah, namun perlu diingat kamu kamu boleh memasrahkan setelah berjuang terlebih dahulu. Semangat!

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul "Sabarlah, Ini 5 Alasan Kenapa Jodohmu Masih Belum Nongol Juga"

Baca Juga: Jodohmu Ada di Depan Mata Jika Dia Tunjukkan 7 Tanda Ini Saat Pacaran

Baca Juga: Tak Banyak Janji, Ini 10 Kalimat Sederhana Tanda Si Dia adalah Jodohmu

Baca Juga: Akankah Kamu Bertemu Jodohmu? Cek dari Ilusi Optis yang Kamu Lihat