Menjadi single saat ini tidak begitu menyeramkan seperti lima atau tujuh tahun lalu. Berkembangnya aplikasi atau situs kencan online memungkinkan para single untuk bertemu orang baru dan mulai berkencan. Namun tahukah, Bela? Secara tak langsung, kebiasaan itu memunculkan kebiasaan yang disebut kecanduan berkencan.

Di tahap ini, tantangan mencari teman kencan adalah hal menyenangkan buat kamu. Tujuannya bukan lagi mencari pasangan hidup, namun bersenang-senang dengan orang baru. Ketika si pasangan sudah menunjukkan sinyal jika ia ingin serius, maka bagi kamu itulah waktu yang tepat mencari teman kencan lain. Situs kencan online Match membuat survei terhadap 5 ribu single di Amerika tentang kebiasaan berkencannya. Hasilnya, satu dari enam mengatakan jika mereka kecanduan akan proses mencari pasangan. Ternyata ada beberapa tanda bahwa kamu telah masuk dalam kategori kecanduan kencan online. Popbela merangkumnya ke dalam 5 tanda.

Hati-hati, Ini 5 Tanda Kamu Kecanduan Kencan Online
 

Jika kamu menggunakan komputer atau laptop sepanjang hari, hanya untuk memeriksa profil online kamu dan melakukan login beberapa kali sehari hanya untuk mengecek permintaan pertemanan yang masuk itu adalah tanda awal dari kecanduan kencan online.

2. Kegelisahan

Hati-hati, Ini 5 Tanda Kamu Kecanduan Kencan Online
 

Jika kamu selalu merasa gelisah jika tidak memeriksa profil kencan online kamu seharian. Hal ini disebabkan oleh kecanduan yang memberikan dorongan untuk mengecek dan memilih yang terbaik, maka jika sehari saja tidak dilakukan kamu merasa tidak tenang.

Hati-hati, Ini 5 Tanda Kamu Kecanduan Kencan Online
 

Pada tahap perilaku ini kamu akan mulai membatasi interaksi dengan teman ataupun keluarga kamu serta mulai melakukan perdebatan-perdebatan kecil. Ketika mereka menanyakan alasannya maka kamu akan berbohong mengenai situs kencan online yang kamu gunakan.

Hati-hati, Ini 5 Tanda Kamu Kecanduan Kencan Online
 

Jika kamu kecanduan untuk melakukan kencan online, maka kamu akan mengalami perubahan suasana hati. Ada kecemasan untuk mengenal orang-orang baru dan mengirm permintaan untuk berkencan dengan mereka. Perilaku ini menyebabkan perubahan suasana hati yang eksterim.

Hati-hati, Ini 5 Tanda Kamu Kecanduan Kencan Online
 

Kecanduan kencan online juga dapat menyebabkan depresi, jika tidak ada respon baru dari kencan potensial kamu, maka kamu akan merasa tertekan. Hal ini bisa menyebabkan perilaku irasional terkadang.

BACA JUGA: 5 Cara Pertahankan Hubungan yang Berawal dari Kencan Online​