Film romantis memang paling bisa bikin mood kita jadi senang kembali setelah hari yang panjang. Sayangnya, akhir-akhir ini bioskop sedang dipenuhi dengan film-film aksi dan horor. Jangan khawatir, Bela! Saatnya tinggal di rumah dan membuka koleksi film kamu, baik masih dalam bentuk piringan DVD atau streaming di internet. Kita putar kembali memori lewat film-film romantis Indonesia seperti yang di bawah ini.

1. Eiffel I’m in love (2003)

10 Film Indonesia Romantis yang Layak Ditonton Ulangdok.internet

Kisah benci tapi cinta antara Tita (Shandy Aulia) yang polos dan manja dengan Adit (Samuel Rizal) yang cuek. Meskipun Tita sudah punya pacar, namun cinta tulus Adit akhirnya menang juga. Momen-momen yang bikin geregetan ketika cinta mereka baru saja bersemi dan mereka harus berpisah. Tapi disitulah cinta mereka diuji. Film yang meraup 3 juta penonton ini cocok untuk ditonton lagi sendirian ataupun dengan pasangan.

2. Ada Apa Dengan Cinta (2002)

10 Film Indonesia Romantis yang Layak Ditonton Ulangimdb.com

“Jadi salah gue? Salah temen-temen gue?” atau “Basi! Madingnya udah siap terbit!” Siapa yang bisa melupakan adegan legendaris ini? Semua orang tahu sejak awal Cinta dan Rangga ditakdirkan untuk bersama. Meskipun banyak lika-liku yang mereka harus hadapi. Maklum saja, namanya juga masih SMA. Setelah nonton film AADC yang pertama, langsung maraton sekuelnya, ya.

3. 30 Hari Mencari Cinta (2004)

10 Film Indonesia Romantis yang Layak Ditonton Ulanglast.fm

Perjalanan tiga wanita mencari cinta sejati ini sungguh unik dan menggemaskan. Hanya gara-gara menonton film Titanic mereka akhirnya bertaruh untuk sama-sama mencari pasangan dalam waktu 30 hari. Semua rencana dan ide-ide yang terkesan cemerlang malah berakhir konyol.

4. Ungu Violet (2005)

10 Film Indonesia Romantis yang Layak Ditonton Ulangwikipedia.com

Dibintangi oleh Dian Sastrowardoyo dan Rizky Hanggono, film ini menceritakan tentang pertemuan sepasang insan di dalam bis. Meskipun mereka seakan ditakdirkan bersama, cinta mereka perlu diuji oleh banyak kegalauan dan tragedi hidup. Wah, terdengar serius! Tapi tidak ada salahnya menonton mengulang film drama ini.

5. Get Married (2007)

10 Film Indonesia Romantis yang Layak Ditonton Ulangdok.internet

Film komedi yang tidak akan gagal membuatmu tertawa terpingkal-pingkal. Kisah Nirina Zubir mencari cinta yang sangat konyol ditambah tiga temannya prianya yang bikin gemas ini perlu diulang kembali. Tonton lagi aksi Aming, Ringgo Agus Rahman dan Deddy Mahendra Desta membantu sahabatnya mencari jodoh. FIlm ini juga dibuat sekuelnya hingga Get Married 5 yang rilis tahun 2015 lalu.

6. Dealova (2005)

10 Film Indonesia Romantis yang Layak Ditonton Ulangimdb.com

Pasti kalian ingat dengan novel yang sangat booming di kalangan remaja masa itu. Cinta segitiga yang membuat kita merasa geregetan sepanjang film. Aksi Jessica Iskandar, Evan Sanders dan Ben Joshua sukses membuat kita jatuh cinta. Why not do it again?

7. Heart (2006)

10 Film Indonesia Romantis yang Layak Ditonton Ulangdok.internet

Kisah cinta dua remaja yang tumbuh bersama sejak kecil hingga cinta tumbuh diantara mereka. Lucunya, cinta itu tidak berbalas dan malah terbuka celah untuk hadirnya wanita lain ketika keduanya sama-sama dewasa. Film ini sangat pantas untuk diulang kembali karena Nirina Zubir membuktikan kebolehan aktingnya hingga memenangkan Piala Citra untuk Aktris Terbaik lewat film ini.

8. Perahu Kertas (2012)

10 Film Indonesia Romantis yang Layak Ditonton Ulangcinemapoetica.com

Film ini terbilang baru, tetapi tidak ada salahnya untuk kembali memutar memori chemistry Maudy Ayunda dan Adipati Dolken. Penampilan Reza Rahardian di dalam film ini juga menambah warna yang tidak bisa membuat kita bermimpi-mimpi romantis malam ini.

9. 3 Hari Untuk Selamanya (2007)

10 Film Indonesia Romantis yang Layak Ditonton Ulangdok.internet

Kualitas film ini tidak perlu diragukan mengingat siapa sutradaranya. Karya duo Riri Riza dan Mira Lesmana ini berhasil mencuri hati para penggemar ditambah dengan aksi dua aktor favorit yang tidak perlu diragukan lagi talentanya yaitu Nicholas Saputra. Perjalanan mereka selama tiga hari bersama-sama membuat semua orang pernah jatuh cinta. Benar, kan?

10. Arisan (2003)

10 Film Indonesia Romantis yang Layak Ditonton Ulangyoutube.com

Film drama ini disebut satir dan pernah dinobatkan sebagai salah satu film terbaik yang pernah ada. Karya kolaborasi sutradara masyur Nia Dinata dan Joko Anwar ini tidak berhenti dibicarakan para pecinta film untuk waktu yang lama pada saatnya. Film ini juga merilis film keduanya pada tahun 2011.

Jadi, kamu mau mulai dari film yang mana, Bela?

BACA JUGA: Setelah Dilan, Ini Daftar Novel Indonesia yang Akan Difilmkan​