Toxic people, istilah bagi orang yang suka menebarkan sikap dan pemikiran negatif, sering kali tidak sadar bahwa kehadirannya bisa memberikan dampak buruk bagi orang di sekitarnya. Ketidaksadarannya ini terjadi lantaran mereka selalu merasa senang ketika menciptakan kerumitan bagi orang-orang yang ada di sekitarnya tersebut. 

Padahal, efek dari toxic people sangat berbahaya, lho. Hal ini merujuk dari sebuah penelitian yang dilakukan oleh Friedrich Schiller University yang menemukan bahwa sikap toxic people mampu mendorong otak orang-orang di sekitarnya ke dalam kondisi stres. Kondisi stres ini juga menimbulkan dampak negatif dan mampu bertahan lama pada otak. Paparan stres tersebut nantinya bisa membahayakan keefektifan neuron di hipokampus, yaitu area penting di otak, yang bertanggung jawab untuk penalaran dan memori.

Dari penjabaran efek buruk di atas, pasti kamu tidak mau dong berada di lingkungan yang dipenuhi oleh toxic people. Nah, salah satu solusi yang bisa kamu lakukan ialah menghindari dari orang-orang dengan sifat negatif ini dengan cara mengenali karakter atau sifat dari toxic people tersebut. Biar kamu enggak bingung, kamu bisa simak kriteria dan tipe dari toxic people, berikut ini.

1. Suka bergosip

Patut Dihindari, Ini 10 Tipe Toxic People yang Ada di SekitarmuPinterest.com/Imgur

Kalau kamu punya teman yang merasa puas ketika membicarakan keburukan orang lain, maka orang tersebut harus kamu hindari. Pasalnya, orang dengan sifat tersebut ialah   orang yang tergolong ke dalam toxic people

Mungkin pada awalnya kamu merasa senang ketika mendapatkan informasi yang berupa gosip tersebut. Namun, yang harus kamu sadari, lambat laun kamu akan merasa merugi karena telah membuang waktumu dengan mendengarkan hal yang tidak berguna tersebut. Oleh karena itu, tinggalkanlah temanmu yang mempunyai hobi buruk ini dan gunakanlah waktumu untuk hal yang positif serta produktif.

2. Temperamental

Patut Dihindari, Ini 10 Tipe Toxic People yang Ada di SekitarmuPinterest.com/Bustledotcom

Orang yang tergolong toxic people juga tidak bisa mengendalikan emosinya. Mereka juga gemar menyalahkan orang lain atas perasaan yang mereka rasakan. Dengan kata lain, kamu akan menjadi medium untuk menampung segala perasaan emosional yang dialami oleh toxic people. Sifat yang satu ini susah untuk diubah, oleh karena itu, lebih baik kamu menghindar atau menjauh dari orang yang seperti ini.  

3. Suka memosisikan diri sebagai korban

Patut Dihindari, Ini 10 Tipe Toxic People yang Ada di SekitarmuPinterest.com/Bustledotcom

Mungkin pada awalnya kamu akan merasa kasihan terhadap masalah yang dirasakan oleh temanmu yang tergolong toxic people. Namun, rasa kasihan inilah yang sebenarnya dibutuhkan oleh orang toxic people di setiap permasalahan yang mereka hadapi. Rasa kasihan tersebut akan digunakan oleh mereka sebagai senjata untuk kabur dari tanggung jawab yang seharusnya mereka lakukan. Tentu kamu nggak mau, dong, selalu terlibat di setiap permasalahan toxic people dengan alih-alih memberikan semangat kepada mereka. Makanya, mulai sekarang hindari orang-orang dengan sifat yang seperti ini.  

4. Egois

Patut Dihindari, Ini 10 Tipe Toxic People yang Ada di SekitarmuPinterest.com/Bustledotcom

Sifat selanjutnya dari toxic people ialah mereka memiliki sifat yang egois. Sifat egois ini ada lantaran mereka menganggap tidak ada gunanya membangun sebuah hubungan yang tulus dengan orang lain. Sehingga, dengan kata lain, tidak akan ada hubungan yang tulus karena kamu hanya dianggap sebagai "alat" bagi para toxic people untuk meraih tujuan yang mereka inginkan.  

5. Selalu iri terhadap pencapaian orang lain

Patut Dihindari, Ini 10 Tipe Toxic People yang Ada di SekitarmuPinterest.com/Bustledotcom

"Rumput tetangga selalu lebih hijau dibanding rumput sendiri". Mungkin itulah pepatah yang ada di dalam benak para toxic people dalam memandang pencapaian diri mereka. Mereka, para toxic people, selalu iri terhadap pencapaian orang lain dan selalu tidak pernah puas dengan pencapaian diri mereka sendiri. Letak bahaya dari sifat para toxic people yang satu ini ialah kamu secara nggak sadar akan didoktrin untuk bersikap iri terhadap pencapaian orang lain, yang mana hal ini bisa membuatmu mengabaikan pencapaian dirimu sendiri.

6. Suka memanipulasi

Patut Dihindari, Ini 10 Tipe Toxic People yang Ada di SekitarmuPinterest.com/Washingtonpost

Berkedok persahabatan, para toxic people akan memperilakukan kamu secara baik. Namun, kebaikan ini bukanlah hal yang tulus, melainkan ada maksud tersembunyi yang mereka inginkan darimu. Oleh karena itu, kamu perlu curiga di setiap aksi baik yang dilakukan oleh toxic people.

7. Dementor

Patut Dihindari, Ini 10 Tipe Toxic People yang Ada di SekitarmuPinterest.com/Bustledotcom

Toxic people merupakan seorang dementor. Menurut J.K. Rowling, dalam serial Harry Potter, dementor adalah makhluk jahat yang menyedot jiwa orang untuk keluar dari tubuh mereka dan meninggalkan mereka hanya sebagai cangkang manusia. Menurut Rowling, dementor selalu menyebarkan negativitas di lingkungan mereka. Dementor juga suka menebarkan rasa pesimis di dalam kelompoknya. Oleh karena itu, dementor yang menjadi salah satu ciri dari toxic people ini harus kamu hindari. 

8. Suka memutarbalikkan fakta

Patut Dihindari, Ini 10 Tipe Toxic People yang Ada di SekitarmuPinterest.com/Bustledotcom

Para toxic people juga mampu memutarbalikkan fakta. Hal tersebut mereka lakukan karena timbul kepuasan di dalam diri mereka ketika melihat orang lain tersakiti. Mereka juga senang membuat orang lain merasa bersalah atas setiap permasalahan yang sebenarnya terjadi akibat ulah toxic people

9. Punya kepribadian suka menghakimi

Patut Dihindari, Ini 10 Tipe Toxic People yang Ada di SekitarmuPexels.com/Anna Shvets

Kalau kamu punya teman yang hobi menghakimi, kamu harus hati-hati, nih. Bisa saja temanmu termasuk dalam kriteria toxic people. Hal ini dikarenakan toxic people dengan cepatnya akan memberikan penghakiman atas apa yang kamu lakukan. Mereka senang melakukan ini karena tujuan mereka ialah membuat kamu menjadi tidak nyaman dan mencoba untuk mengentikanmu menjadi diri sendiri.

10. Sombong

Patut Dihindari, Ini 10 Tipe Toxic People yang Ada di SekitarmuPinterest.com/Mindbodygreen

Karakter selanjutnya dari toxic people bisa terlihat dari sifat sombongnya. Toxic people memiliki tingkat keangkuhan yang tinggi. Mereka hanya menganggap orang di sekitanya sebagai pihak yang tidak berguna. Mereka juga kerap kali mengabaikan kontribusi orang di sekitarnya dan menganggap dirinya lah yang paling hebat.  

Itu dia kriteria dan berbagai tipe toxic people yang mungkin ada di sekitarmu. Jika kamu menemukan orang-orang seperti ini, jauhi saja, Bela, demi kesehatan mentalmu. Semoga kamu juga bukan merupakan toxic people, ya!

Baca Juga: Kenali 8 Tanda Orang Terdekatmu Berada dalam Toxic Relationship

Baca Juga: Ini 6 Tipe Hubungan Toxic yang Wajib Kamu Pangkas dari Kehidupan

Baca Juga: Kenali Sejak PDKT, Ini 5 Cara Terhindar dari Toxic Relationship