Selain keluarga, sahabat juga menjadi salah satu sosok yang berperan besar dalam kehidupan. Banyak waktu dilalui bersama sahabat, mulai dari berbagi cerita hingga menjalani peristiwa secara bersama-sama. 

Sahabat juga tak jarang menjadi sosok yang paling mengerti dan mendukung setiap keputusan yang diambil. Kehadirannya yang tak pernah absen di momen terpenting dalam hidup ialah alasan mengapa sahabat menjadi salah satu sosok terpenting yang sangat sulit untuk tergantikan.

Layaknya hubungan asmara, hubungan persahabatan juga perlu dibina agar tak kandas. Hal ini perlu dilakukan mengingat mencari seorang sahabat sangatlah susah. Untuk kamu yang ingin membina atau memperkuat hubungan dengan sahabat, berikut sikap yang harus diterapkan agar hubungan persahabatanmu langgeng hingga akhir hayat. 

1. Selalu hadir di momen penting

Ini 7 Sikap yang Harus Dimiliki agar Persahabatan AwetPinterest.com/Weheartitapp

Sikap pertama yang bisa membuat hubungan persahabatan awet ialah kehadiranmu di momen terpenting sahabat. Salah satu contohnya ketika sahabatmu sedang berada di momen paling terpuruk dalam hidupnya. Selain hadir, hal lain yang harus kamu lakukan ialah mendengarkan keluhannya dan menyiapkan bahumu sebagai tempat bersandarnya. Percaya atau tidak, kehadiranmu di momen terpenting sahabat ialah salah satu cara yang paling ampuh untuk memperkuat hubungan persahabatan. Hal ini terjadi karena seseorang bisa merasa dicintai ketika sosok lain hadir di momen ia membutuhkan seseorang. 

2. Menjalin komunikasi di mana pun berada

Ini 7 Sikap yang Harus Dimiliki agar Persahabatan AwetPinterest.com/Finding_Jules

Mengikuti kehidupan yang sangat dinamis dan terus berputar, maka hubungan persahabatan pun juga akan terus diikuti oleh perubahan. Contohnya ialah ketika sahabatmu menjalani hidup barunya sebagai seorang istri yang mungkin membuat hubungan persahabatan kalian akan sedikit terpengaruh dengan waktu bercerita yang semakin minim. Namun, kamu bisa mengatasinya dengan tetap terus menjaga komunikasi dan terus beradaptasi dengan kehidupan satu sama lain. Intinya, kesediaan untuk terus beradaptasi dengan kondisi yang ada ialah kunci dari hubungan persahabatan yang everlasting!

3. Mengingat berbagai momen penting

Ini 7 Sikap yang Harus Dimiliki agar Persahabatan AwetPinterest.com/BoldandZesty

Sikap selanjutnya yang bisa dilakukan untuk melanggengkan hubungan persahabatan ialah dengan mengingat momen penting atau bersejarah untuk sahabat. Selain memberikan ucapan, kamu bisa merayakan momen bersejarah sahabatmu dengan mengirimkan mereka bunga atau makanan favoritnya.

4. Mau membantu menyelesaikan masalah

Ini 7 Sikap yang Harus Dimiliki agar Persahabatan AwetPinterest.com/Weheartitapp

Membawa permasalahan pribadi ke dalam hubungan persahabatan ternyata bisa menjadi salah satu cara untuk memperkuat hubungan, lho. Hal ini bisa terjadi melalui keterbukaan mengenai permasalahan dan ketersediaan untuk membantu sahabat dalam menyelesaikan permasalahannya. Dengan kata lain, komunikasi yang terbuka dan disertai dengan respons empati dari sebuah perbincangan mengenai konflik menjadi cara yang efektif untuk memperkuat sebuah hubungan.

5. Terbuka satu sama lain

Ini 7 Sikap yang Harus Dimiliki agar Persahabatan AwetPinterest.com/Summerideas

Mau terbuka satu sama lain, baik itu mengenai kelebihan atau bahkan kekurangan dalam diri, ialah sikap yang diperlukan untuk membangun sebuah hubungan persahabatan yang mampu bertahan lama. Selain kelebihan dan kekurangan, hubungan persahabatan yang langgeng juga berasal dari keterbukan mengenai hal yang disukai atau tidak disukai dari sahabat. Keterbukaan menjadi salah satu sikap penting, karena kekuatan sebuah hubungan berasal dari sejauh mana orang tersebut mau mengekspresikan diri sendiri secara nyata.

6. Quality time bersama

Ini 7 Sikap yang Harus Dimiliki agar Persahabatan AwetPinterest.com/SvenjaSchuerheck

Meskipun sering berkomunikasi via pesan atau telepon, namun komunikasi secara langsung tidak boleh dilupakan. Komunikasi secara langsung, seperti pergi bersama, sangat diperlukan untuk menciptakan hubungan persahabatan yang langgeng. Hal ini bisa terjadi karena komunikasi secara langsung mampu menghadirkan percakapan-percakapan spontan yang bisa membawa hubungan persahabatan ke level yang lebih dalam lagi. 

7. Memberikan ruang dan waktu kepada sahabat

Ini 7 Sikap yang Harus Dimiliki agar Persahabatan AwetPinterest.com/Playbuzz

Ketika sahabat memiliki pertemanan yang lain, cobalah untuk tidak iri dan tidak mempermasalahkannya. Berikan sahabat waktu dan ruang untuk berkomunikasi dengan kehidupannya yang lain, termasuk kepada pertemanannya tersebut. Jangan takut persahabatanmu rusak karena hal ini, karena hubungan persahabatan tidak berdasar dari kuantitas kamu berkomunikasi dengan sahabat melainkan didasari dari kualitas komunikasinya. 

Itulah beberapa sikap yang perlu kamu miliki agar persahabatanmu tetap awet terus hingga selamanya. Sahabat juga sosok penting dalam hidupmu. Jangan sampai kehilangan mereka, ya!

Baca Juga: Ini 15 Tweet Kocak yang Gambarkan Persahabatan di Saat Pandemi

Baca Juga: Awalnya Akrab, 7 Persahabatan Artis Indonesia Ini Merenggang

Baca Juga: Bersaing di Atas Panggung, 9 Idol Kpop Beda Agensi Justru Bersahabat