Menjadi mantan artinya menjadi orang asing setelah sebelumnya dekat secara fisik dan emosional. Perubahan ini tentu tidak mudah, butuh proses dan tidak sedikit orang yang gagal melewati proses ini. Ada yang depresi bahkan ada yang sampai bunuh diri. Ada yang terbawa dalam pikiran saat menjalani hari-hari, ada juga yang terus terbawa dalam mimpi.

Bahkan ketika kita sudah mendapatkan pasangan yang baru dan sudah berpisah cukup lama pun, mantan terkadang masih hadir dalam mimpi. Beberapa orang percaya mimpi adalah bunga tidur belaka, tapi ada pula yang percaya bahwa tiap mimpi ada maknanya.

Berikut beberapa ragam mimpi tentang mantan yang mungkin pernah atau akan kamu alami dan maknanya menurut seorang analis mimpi, Lauri Lowenberg dalam bukunya Dream On It, Unlock Your Dreams, Change Your Life.

1. Bermimpi dia menciummu

7 Makna Mimpi Tentang Mantan yang Mungkin Pernah atau Akan Kamu AlamiPexels.com/Ira Dulger

Jangan baper dulu, bisa jadi mimpi seperti ini tidak ada kaitannya sama sekali dengan mantanmu. Bermimpi tentang sesuatu yang romantis bisa jadi hanya bawaan perasaan yang kebetulan sedang kehilangan dan terbawa ke alam bawah sadar kita.  Bisa jadi ini juga pengingat dari alam bawah sadar kita bahwa ada sesuatu yang ingin kita perbaiki. 

2. Bermimpi tentang kematiannya

7 Makna Mimpi Tentang Mantan yang Mungkin Pernah atau Akan Kamu AlamiDeccanherald.com

Dalam dunia nyata, kematian memang akhir dari kehidupan, tetapi jika itu berupa mimpi, bisa jadi kematian ini bermakna perubahan, akhir, dan pelepasan, menurut Loewenberg. Jadi jangan khawatir karena itu sebenarnya hal yang baik! Mungkin karena kamu sudah move on darinya kan?

3. Bermimpi balikan dengan mantan yang 'jahat'

7 Makna Mimpi Tentang Mantan yang Mungkin Pernah atau Akan Kamu Alamipexels.com

Beberapa dari kita harus berpisah dengan pacar karena dia berlaku kasar. Jika dia datang lagi ke mimpi kita dan masih bersikap kasar itu artinya kita masih memendam amarah, kesal, kecewa, dan perasaan negatif lainnya. Jika perasaan itu sudah hilang, mimpi-mimpi ini pun akan menghilang juga. 

Sebaliknya jika di mimpi dia sudah jadi baik, mungkin itu karena kita sudah memaafkan semua kesalahan-kesalahannya.

4. Bermimpi membunuh mantan

7 Makna Mimpi Tentang Mantan yang Mungkin Pernah atau Akan Kamu Alamiriliv.co

Pasti sangat traumatis bukan bermimpi membunuh seseorang dan itu mantan kita sendiri? Lagi-lagi menurut Loewenberg, ini adalah bawaan dari alam bawah sadar kita.  Bisa karena kita sudah move on, bisa juga karena kita masih memegang semua kenangan dengan erat di tangan kita. Kenangan yang terlalu menyakitkan seperti perselingkuhan juga bisa membawa kita pada mimpi seseram ini.

5. Bermimpi melihat mantan

7 Makna Mimpi Tentang Mantan yang Mungkin Pernah atau Akan Kamu AlamiPexels.com/Cottonbro

Bermimpi melihatnya tanpa melakukan sesuatu yang lain, mungkin terjadi karena kamu baru saja bertemu dengannya atau orang yang mirip dia. Setelah melakukan aktivitas yang mengingatkanmu pada sosok mantan juga bisa membawamu pada mimpi seperti ini. 

6. Bermimpi berkelahi dengan mantan

7 Makna Mimpi Tentang Mantan yang Mungkin Pernah atau Akan Kamu Alamidok.internet

Mimpi sedang berkelahi dengan mantan mungkin menunjukkan bahwa kita mulai jatuh kembali ke pola perilaku yang sama, dengan pasangan kita yang sekarang. Alam bawah sadar kita mungkin mengisyaratkan bahwa inilah saatnya untuk melihat apa yang sebenarnya terjadi dan mengevaluasinya.

7. Bermimpi mantan memiliki penyakit

7 Makna Mimpi Tentang Mantan yang Mungkin Pernah atau Akan Kamu AlamiPexels.com/Nathan Cowley

Kamu masih terus memikirkannya, kamu belum move on, mungkin ini alasan kenapa mimpi seperti ini datang. Kamu sama sekali belum melihat masa depan. Ambillah napas dalam-dalam, pikirkan masa depan yang lebih indah, tanpa dia, bahagia!

Mimpi memang adalah bunga tidur, tapi tidak salah juga bahwa alam bawah sadar kita punya kekuatan mengendalikan mimpi. Jadi beberapa mimpi memang sebuah pengingat. Lalu pengingat apa gerangan yang sedang mantan titipkan lewat mimpimu?

Baca Juga: Pacaran dengan Mantannya Teman, Jahat Nggak Sih?

Baca Juga: 5 Hal yang Pasti Pernah Kamu Lakukan Saat Menghadapi Mantannya Pacarmu

Baca Juga: Kamu Boleh Balikan Sama Mantan, Asal Ini Alasannya