Film termasuk sebagai sebuah karya seni yang memiliki keunikannya tersendiri. Jalan cerita menarik serta makna yang terkandung di dalamnya membuat film mampu memberikan interpretasi berbeda-beda pada setiap orang. Maka tak heran bila akhirnya setiap film membutuhkan batasan umur bagi penontonnya.

Ada film yang layak ditonton oleh anak-anak hingga dewasa, namun ada pula film yang hanya cocok untuk orang dewasa. Film-film tersebut biasanya memiliki tema maupun visual yang sensitif, bahkan dinilai membawa pengaruh buruk lewat adegan-adegan yang dianggap terlalu dewasa.

Berikut Popbela.com rangkum beberapa film dewasa yang dilarang tayang di Indonesia lantaran dianggap menyajikan konten sensitif. Yuk, simak!

1. Irreversible (2002)

Terlalu Vulgar, 6 Film Dewasa Ini Dilarang Tayang di Indonesiaimdb.com

Irreversible merupakan film yang tayang pada tahun 2002, yang dibintangi oleh Monica Bellucci dan Vincent Cassel. Film ini dua laki-laki yang berusaha membalas dendam pada pelaku pemerkosaan terhadap teman perempuan yang mereka cintai.

Adegan pemerkosaan dalam film Irreversible yang berlangsung selama 10 menit itu dianggap sebagai kekerasan seksual yang terlalu vulgar, bahkan bisa membawa pengaruh buruk bagi penonton. Film ini juga dicap sebagai salah satu film terburuk yang pernah ada, serta menuai kontroversi dengan jalan cerita tersebut.

Dengan alur cerita demikian, film ini tentu tidak sesuai dengan budaya Indonesia hingga akhirnya dilarang tayang di bioskop-bioskop seluruh Indonesia.

2. Teeth (2007)

Terlalu Vulgar, 6 Film Dewasa Ini Dilarang Tayang di Indonesiaimdb.com

Selanjutnya ialah film berjudul Teeth yang tayang di tahun 2007 dan mengusung tema horor dewasa.

Secara keseluruhan, film ini mengisahkan sosok perempuan bernama Dawn yang memiliki kelainan pada alat kelaminnya, yaitu vaginanya memiliki gigi. Dalam film tersebut, dikisahkan bahwa siapa pun yang memperkosa Dawn akan meninggal dunia dengan kondisi alat vital terpotong.

Film Teeth menampilkan adegan seksual yang berani, tidak hanya vulgar namun juga berdarah-darah. Akibatnya, film ini dinilai tidak pantas untuk ditayangkan di Indonesia.

3. Something in the Way (2013)

Terlalu Vulgar, 6 Film Dewasa Ini Dilarang Tayang di Indonesiaimdb.com

Something in the Way merupakan film produksi Indonesia yang tayang pada tahun 2013 dan dibintangi oleh aktor ternama, Reza Rahadian. Namun, film ini tidak mendapat izin tayang di bioskop Indonesia lantaran menuai kontrovesi akibat adegan yang terlalu sensual.

Film ini mengisahkan seorang supir taksi bernama Ahmad (Reza Rahadian) yang jatuh cinta pada seorang pelacur bernama Kinar alias Santi (Ratu Felisha). Dalam film ini terdapat adegan dewasa, seperti misalnya saat Reza harus tampil telanjang tanpa sehelai benang pun di tubuhnya.

Adegan dewasa yang ditampilkan dengan berani tersebut membuat film ini tidak lolos sensor untuk tayang di bioskop Indonesia. Meski begitu, film ini berhasil ditayangkan dan diapresiasi pada Festival Film Berlin.

4. Fifty Shades of Grey (2015)

Terlalu Vulgar, 6 Film Dewasa Ini Dilarang Tayang di Indonesiamoviefone.com

Mungkin kamu sudah familiar dengan judul yang satu ini nih, Bela! Bagaimana tidak, sebab film berjudul Fifty Shades of Grey ini pernah menjadi film yang ramai diperbincangkan.

Diangkat dari novel karya E.L. James berjudul sama ini, tayang pada tahun 2015 silam. Film ini ini bercerita tentang kisah penuh gairah dengan bumbu BDSM antara Christian Grey (Jamie Dornan) dengan Anastia Steele (Dakota Johnson). 

Tak hanya menampilkan banyak adegan ranjang, film ini juga dihiasi dengan adegan-adegan kekerasan seksual yang dianggap terlalu vulgar. Maka, film ini juga menjadi salah satu film dewasa yang dilarang tayang di Indonesia.

5. Dirty Grandpa (2016)

Terlalu Vulgar, 6 Film Dewasa Ini Dilarang Tayang di Indonesiaimdb.com

Aktor ternama Robert De Niro dan Zac Efron ternyata juga pernah membintangi film dewasa yang dilarang tayang di Indonesia lho, Bela! Tepatnya pada tahun 2016 silam, dalam film berjudul Dirty Grandpa.

Sesuai judulnya, film ini bercerita tentang sosok kakek genit yang memiliki fantasi liar ketika berlibur bersama cucunya. Mulai dari judul, jalan cerita, hingga adegan-adegan seksual dalam film tersebut ditampilkan dengan terang-terangan.

Dirty Grandpa dinilai mampu memberikan pengaruh buruk bagi penonton. Hingga akhirnya, film ini secara resmi dianggap tidak layak untuk tayang di bioskop-bioskop Indonesia.

6. Suspiria (2018)

Terlalu Vulgar, 6 Film Dewasa Ini Dilarang Tayang di Indonesiaimdb.com

Terakhir, ada film berjudul Suspiria yang bergenre horror dan pertama kali tayang pada tahun 2018. Jalan cerita dalam film ini sebenarnya cukup unik, namun tetap menampilkan adegan dewasa yang terlalu vulgar.

Berkisah tentang penindasan terhadap seorang perempuan di sebuah akademi tari. Menariknya, akademi tari tersebut dikendalikan oleh penyihir. Film ini berani menampilkan kekerasan seksual bahkan tindakan kejahatan seperti mutilasi. Akibatnya, film ini tidak mendapat izin tayang di bioskop Indonesia.

Itulah dia beberapa film dewasa yang dilarang tayang di Indonesia. Bagaimana menurutmu? Apakah film-film tersebut memang tidak layak untuk ditonton?

Baca Juga: 6 Film Dewasa dengan Adegan Sex Toys Sungguhan

Baca Juga: 7 Kebohongan Seks di Film Porno yang Kamu dan Pasangan Perlu Tahu

Baca Juga: 9 Film Dewasa Korea Tentang Cinta Terlarang, Diwarnai Adegan Seks!