Dalam perjalanan menuju kedewasaan, hampir semua orang akan menyadari kalau penampilan dan uang bukanlah jaminan kebahagiaan. Apalagi dalam usaha untuk meraih kebahagiaan dalam hubungan. 

Untuk para laki-laki, banyak dari mereka yang perasaannya kandas bahkan sebelum tersampaikan pada perempuan pujaan. Usut punya usut, ternyata permasalahan sulitnya mendapatkan perempuan idaman disebabkan oleh sikapnya sendiri, lho. Berikut sikap atau tingkah laku yang membuat laki-laki dijauhi oleh perempuan. Sst... laki-laki wajib tahu, ya!

1. Masih suka membicarakan mantan

8 Sikap Laki-Laki yang Membuatnya Jadi Jomblo Bertahun-tahunPexels.com/Pedro Sandrini

Mantan adalah sebuah kenangan yang hendaknya disimpan rapi dalam ingatan. Adakalanya kenangan tersebut boleh dibuka, namun nggak di sembarang kesempatan. Apalagi dalam proses mendekati gebetan baru. Laki-laki harus tahu, gebetan barumu akan merasa nggak nyaman saat kamu membicarakan mantan karena terkesan seperti sedang dibanding-bandingkan.

2. Nggak punya aktivitas dan malah cenderung suka bersolek

Perempuan lebih menghargai laki-laki yang memiliki kemampuan fisik. Mereka suka melihat laki-laki yang penampilannya dianggap bisa melindungi si perempuan. Kalau kamu hanya memedulikan merawat diri, para perempuan akan menganggap dirimu kurang macho. Kecuali kalau kamu menyeimbangkan aktivitas fisik dan pandai merawat diri, tentu ini akan menjadi nilai lebih.

3. Nggak suka berpikir

8 Sikap Laki-Laki yang Membuatnya Jadi Jomblo Bertahun-tahunUnsplash.com/Priscilla du Preez

Ingatlah bahwa kita berada di zaman modern. Selain kekuatan fisik, kita juga memerlukan kepintaran untuk bertahan hidup. Para perempuan pun menyukai laki-laki yang pintar. Kalaupun kamu nggak merasa pintar, minimal rajinlah belajar. Laki-laki yang suka belajar juga mendapatkan nilai plus di mata kaum Hawa.

4. Cerewet

Laki-laki cerewet itu ada, lho. Cerewet adalah salah satu sifat yang dibenci perempuan. Para perempuan kadang menganggap bahwa cerewet adalah tanda ketidakpercayaan pada diri mereka. Seharusnya para laki-laki membiarkan perempuan melakukan apa yang mereka mau. Kalau nggak mampu, bantulah mereka. Cara ini lebih berguna untuk mendapatkan respect dari perempuan.

5. Nggak suka mendengarkan cerita

8 Sikap Laki-Laki yang Membuatnya Jadi Jomblo Bertahun-tahunPexels.com/Jopwell

Dear laki-laki, bila kamu punya sifat ini, cepatlah latihan untuk segera berubah. Laki-laki yang mau meluangkan waktu mendengar cerita perempuan, memiliki kesempatan lebih besar untuk dapat meraih hatinya. Bercerita adalah salah satu kegiatan penting untuk perempuan dan mereka akan mengapresiasi kamu karena mau turut serta.

6. Nggak bisa tepat waktu

Hargailah waktu yang telah diberikan oleh perempuan. Misalnya, dengan datang tepat waktu sesuai janji. Laki-laki yang nggak bisa tepat waktu akan diberikan predikat buruk oleh perempuan. Dia akan berpikir kamu adalah orang yang nggak bisa dipercaya. Janjian saja telat, apalagi kalau dikasih kepercayaan buat jaga hati perempuan?

7. Sering mengeluh

8 Sikap Laki-Laki yang Membuatnya Jadi Jomblo Bertahun-tahunUnsplash.com/Priscilla du Preez

Mengeluh adalah tanda seseorang yang nggak kuat menghadapi cobaan. Kalau waktu proses PDKT saja sering mengeluh, apalagi waktu jadian? Bisa-bisa setiap hari bertengkar terus. Itulah alasan kenapa perempuan nggak mau jadian sama laki-laki 'tukang ngeluh'.

8. Ketagihan main ponsel atau gadget-holic!

Perempuan itu pada dasarnya nggak mau dinomorduakan. Jangankan dengan perempuan lain, jika kamu mengalihkan perhatian pada hal lain pun bisa membuatnya kesal. Karena itu, curahkan perhatian waktu mengobrol atau saat berdua dengannya. Jangan hanya memperhatikan layar ponsel saja, ya!

Para laki-laki, kalau kamu bisa mengatasi delapan sifat di atas, artinya kamu sudah siap untuk melepaskan status jomblo. Good luck, ya!

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul "8 Sikap Cowok yang Membuatnya Jadi Jomblo Bertahun-tahun, Apakah Itu Kamu?"

Baca Juga: Jomblo Terlalu Lama Berpotensi Kena Penyakit Demensia? Ini Penjelasannya