Jika sahabatmu baru saja dicampakkan atau saudara perempuanmu merasa sedih karena pekerjaannya, kamu mungkin merasa tertekan untuk membuatnya merasa lebih baik. Namun, penting untuk tidak menyerap perasaan mereka atau mencoba memperbaiki segalanya. 

Dengan kata lain, kamu tidak harus memiliki semua jawaban atas semua masalah yang sedang dihadapinya. Meluangkan waktu berada di sana untuk seseorang sudah lebih dari cukup. Berikut ini contoh pesan singkat yang bisa kamu sampaikan kepada seseorang yang sedang bersedih tanpa mengurangi rasa hormat dan menghargai duka mereka.

1. “Aku sangat menyesal bahwa semuanya sangat membuatmu marah dan kecewa sekarang. Tapi tolong ingat ini, aku menyayangimu. Kita akan terus bersahabat, saling berbagi cerita sedih dan bersenang-senang bersama.”

8 Pesan Singkat untuk Menghibur Seseorang yang Sedang Bersedihapexchat.com

Memvalidasi adalah nama dari pesan yang disampaikan ini. Seorang ahli menyarankan untuk mengingatkan orang terdekatmu betapa kamu mencintainya dan memberikan ruang untuk mereka dan perasaan mereka.

2. “Apakah ada sesuatu yang aku bisa lakukan? Tolong beritahu kepadaku bagaimana aku dapat mendukungmu untuk meringankannya.”

8 Pesan Singkat untuk Menghibur Seseorang yang Sedang Bersedihatlantech.net

Meskipun kamu mungkin ingin masuk dengan memberikan saran, beri mereka ruang untuk menanyakan apa yang mereka butuhkan. Beritahu mereka bahwa kamu ada di sini untuk mendengarkan. Tetapi jika mereka ingin mengatasinya sendiri, kamu harus mendukung dan mempersilakan mereka untuk mengatasinya.

3. “Aku ada rapat sepanjang hari ini di kantor, tapi mari kita bicara di telepon malam ini! Kapan waktu yang tepat untuk aku meneleponmu?”

8 Pesan Singkat untuk Menghibur Seseorang yang Sedang Bersedihmixkit.co

Jika kamu selalu mengutamakan kebutuhan orang lain di atas kebutuhanmu sendiri, kamu akan mulai merasa benar-benar kelelahan. Menetapkan batasan yang sehat (misalkan: aku sedang sibuk sekarang, tetapi dapat meneleponmu dalam satu jam setelah ini) memungkinkan dirimu untuk tetap menjalin komunikasi baik dengan orang yang kamu cintai secara berkelanjutan.

4. “Apakah kamu minum air cukup dan makan hari ini? Aku bisa mengirimkan sesuatu yang enak dan semoga itu dapat meringankan sejenak hal yang memenuhi pikiranmu.”

8 Pesan Singkat untuk Menghibur Seseorang yang Sedang Bersedihladycllever.com

Ketika seseorang mengalami hari yang buruk, mereka mungkin lupa untuk menjaga dirinya sendiri. Ingatkan mereka untuk berjalan-jalan, minum air, dan makan makanan bergizi, enak dan sehat.

5. Mengirim video atau gif humor dan pelukan virtual

8 Pesan Singkat untuk Menghibur Seseorang yang Sedang BersedihFreepik.com

Semua orang menyukai video hewan lucu atau gif singkat yang menghibur. Mengirimkan konten positif dan sehat bisa menjadi cara yang manis untuk mengangkat mood seseorang yang sedih.

6. “Ingatlah untuk melakukan sesuatu yang baik untuk dirimu sendiri hari ini! Mandi, berolahraga, dan menonton film atau drama yang seru. Tunggu aku setelah ini selesai!”

8 Pesan Singkat untuk Menghibur Seseorang yang Sedang Bersedihbustle.com

Ingatkan temanmu untuk bersikap baik pada dirinya sendiri dan melakukan hal-hal yang membuatnya bahagia. Ingatkan juga mereka untuk melakukan aktivitas pendukung yang membantu meringankan kerja otak, seperti berolahraga, yoga, atau meditasi.

7. “Aku mengagumi betapa kreatifnya dirimu di tempat kerja (atau aktivitas lainnya). Kamu selalu pandai dalam mengendalikan emosi dan membuat ini semua tetap berjalan dengan baik.”

8 Pesan Singkat untuk Menghibur Seseorang yang Sedang Bersedihstocksy.com

Saat seseorang merasa sedih, inilah waktunya untuk memberikan pujian atas usaha mereka. Beri mereka pujian tentang etos kerja atau hobi mereka, dan ingatkan mereka betapa berharganya dan istimewanya mereka.

8. “Tidak apa-apa jika kamu menangis dan marah. Jangan merasa tertekan untuk menjadi #goodvibesonly, ya!”

8 Pesan Singkat untuk Menghibur Seseorang yang Sedang Bersedihmotionarray.com

Tekanan untuk menjadi positif bisa sangat membebani, terutama saat kamu mengalami hari yang buruk. Ingatkan temanmu bahwa tidak apa-apa menjadi murung dan pemarah untuk sesaat. Mereka tidak harus menyembunyikan perasaan mereka atas nama mempertahankan "getaran" atas kesedihan itu sendiri.

Itulah delapan pesan yang bisa kamu sampaikan ketika orang terdekatmu bersedih. Jangan pernah lelah untuk selalu ada demi sahabatmu ya, Bela!

Baca Juga: 7 Pesan untuk Dikirim Kepada Mantan yang Terus Mengganggumu

Baca Juga: 20 Topik Obrolan di Aplikasi Kencan Agar Percakapan Tidak Terputus 

Baca Juga: 30 Quotes Cinta Buat Kamu yang Lagi Kasmaran