Di Indonesia, tetangga bisa dibilang saudara terdekat kita. Kalau ada apa-apa atau perlu bantuan secepat mungkin, kemungkinan besar yang akan kita “repotkan” adalah tetangga. Itulah mengapa, sebisa mungkin kita harus memiliki hubungan baik dengan tetangga.

Tapi, membangun hubungan yang baik dengan orang lain nggak semudah membalikkan telapak tangan, ya. Begitu juga dengan tetangga. Nah, supaya hidup kamu bebas drama dengan para tetangga di sekitar rumah, coba 7 cara bersikap baik dengan tetangga yang PopBela berikan berikut ini.

1. Bersikap ramah, tapi nggak terlalu ramah

7 Cara Bergaul dengan Tetangga, Ciptakan Lingkungan yang Harmonishttps://www.pexels.com/id-id/@olly

Hal pertama yang harus kamu lakukan jika ingin memiliki hubungan baik dengan tetangga adalah usahakan selalu bersikap ramah. Tapi, ingat, nggak perlu terlalu ramah seperti bersikap kepada teman akrab. Nggak masalah kalau kamu ternyata bisa bersahabat dengan tetangga, tapi jangan memaksakannya. Beberapa tetangga mungkin lebih menyukai privasi dan kamu harus menghargainya.

2. Jangan bikin gangguan dan jangan mengganggu

7 Cara Bergaul dengan Tetangga, Ciptakan Lingkungan yang Harmonishadidcloset.com

Hindari melakukan hal-hal mengganggu, seperti menyetel musik terlalu keras atau mengadakan pesta di halaman tanpa seizin tetangga atau RT. Jangan juga menjadi pengganggu dengan mengajak ngobrol tetangga selama satu jam saat bertemu di luar rumah. Kalau kamu menghormati tetangga, pasti tetangga juga akan menghormati kamu sebagai balasannya.

3. Usahakan selalu menolongnya

7 Cara Bergaul dengan Tetangga, Ciptakan Lingkungan yang HarmonisCareconnectionsliveinplacement.com

Jika kamu mendapatkan surat atau paket yang seharusnya dikirim ke rumah sebelah, segera berikan kepada mereka. Kalau tetangga mengalami masalah telepon dan meminta izin menggunakan teleponmu, berikan dengan senang hati. Jangan segan juga menawarkan bantuan saat kamu nggak sengaja melihat mereka kesulitan. Pertolongan kecil ini bisa sangat berarti dan akan sangat membantu dalam meningkatkan hubunganmu dengan tetangga.

4. Jangan pelit memberi

7 Cara Bergaul dengan Tetangga, Ciptakan Lingkungan yang HarmonisAndre Ouellet/Unsplash

Saudara mengirimkan kue dan terlalu banyak untuk keluargamu makan sendiri? Berikan ke tetangga. Pasangan suami istri sebelah rumah baru saja melahirkan anak pertama? Berikan kado untuk mereka sebagai tanda kamu ikut merasa senang. Sikap murah hatimu ini bisa membuat tetangga jadi menyukaimu dan hubungan baik lebih mudah terwujud.

5. Jangan malu minta maaf

7 Cara Bergaul dengan Tetangga, Ciptakan Lingkungan yang Harmoniscottonbro/Pexels

Jika dulu kamu pernah melakukan kesalahan yang membuat hubungan dengan tetangga jadi buruk, kamu mungkin harus mempertimbangkan untuk meminta maaf. Tapi, lakukan ini  dengan tulus dan sepenuh hati, jangan baru minta maaf setelah kamu ada perlunya dengan tetangga. Minta maaflah supaya hubungan buruk dengan tetangga jadi lebih baik.

6. Jangan membuat berantakan hingga ke rumah tetangga

7 Cara Bergaul dengan Tetangga, Ciptakan Lingkungan yang Harmonispixabay.com/

Sepenuh apa pun tempat sampah di depan rumah, usahakan jangan sampai membuat tempat sampah tetangga ikut berantakan. Apalagi jika si tetangga terkenal sebagai orang yang rapi. Kalau punya pohon besar di rumah, usahakan jangan sampai daun-daunnya mengotori halaman tetangga. Hal-hal kecil seperti ini sangat mungkin membuat hubunganmu dengan tetangga jadi buruk.

7. Saling bertoleransi

7 Cara Bergaul dengan Tetangga, Ciptakan Lingkungan yang HarmonisPexels.com/Vera Arsic

Nggak semua hal perlu diributkan dengan tetangga. Kalau selama ini tetangga maklum dengan suara tangisan bayimu atau suara berisik anak-anak saat bermain, kamu juga harus maklum saat membuat dirimu merasa sedikit nggak nyaman. Selama nggak merugikan dirimu atau keluargamu, kamu harus bisa bertoleransi supaya bisa memiliki hubungan baik dengan tetangga.

Itu dia beberapa cara bergaul dengan tetangga agar lingkungan tempat kamu tinggal terasa lebih menyenangkan. Nggak susah, kan, Bela?

Baca Juga: 8 Bahaya Insecure Berlebih dalam Hubungan Percintaan, Hentikan Segera!

Baca Juga: Hati-Hati, Ini 5 Tanda Kamu Belum Bijak dalam Memilih Teman

Baca Juga: Teman Toxic! Ini 6 Ciri Red Flags dalam Pertemanan