Siapa yang tidak senang hubungannya bertahan lama? Kamu memiliki orang yang selalu ada dan memberikan yang terbaik untukmu. Menjalin hubungan bertahun-tahun dengannya membuatmu mengenalnya lebih dari dia mengenal dirinya sendiri. Mulai dari kebiasaannya, sifatnya, juga kekurangan yang tentunya sudah bukan hal yang baru lagi. Banyak yang mengira, hubungan yang bahagia adalah ketika kita dapat mempertahankannya begitu lama, tetapi hubungan yang lama belum tentu akan bertahan lama. Semakin lama suatu hubungan, maka akan semakin besar cobaan yang akan dihadapi. Nah, di sini akan dijelaskan, apa saja sih penyebab hubungan lama tidak bertahan lama? 

1. Melakukan rutinitas yang itu-itu saja

Ternyata Ini 6 Penyebab Hubungan Lama Tidak Bertahan Lama!www.tvguide.com

Memiliki tempat favorit atau kegiatan yang selalu kalian lakukan bersama memang menyenangkan. Apalagi kalau tempat tersebut memiliki banyak kenangan. Namun, kalau rutinitasnya itu-itu saja malah membosankan. Cobalah suasana baru. Misalnya wisata kuliner untuk nyobain makanan baru, atau kalau kalian pasangan yang menyukai adrenalin, bisa mencoba outbond dan diving juga tidak kalah menarik. Untuk menambah memori bersama, liburan bersama bisa jadi pilihan yang tepat, Bela!

2. Jenuh

Ternyata Ini 6 Penyebab Hubungan Lama Tidak Bertahan Lama!www.farsider.wordpress.com

Jenuh adalah salah satu penyebab berakhirnya suatu hubungan. Ketika kamu menjalani hubungan yang cukup lama, rasa jenuh sering timbul di antara kalian. Rasa ini dapat timbul karena terlalu sering bersama atau malah terlalu jarang bersama. Jika kamu setiap hari bertemu dan itu yang membuatmu bosan, maka cobalah memberi jarak dan nikmati waktu untuk dirimu sendiri. Atau kamu bisa pergi dengan teman-teman atau melakukan kegiatan baru. Hal ini bisa mengalihkanmu dari rasa bosan loh. Penyebab jenuh lainnya adalah karena kalian terlalu sibuk dengan kegiatan masing-masing, atau jarak yang memisahkan kalian. Jarang bertemu dengan pasangan dapat membuat suatu hubungan terasa hambar. Coba luangkan waktu dengan pasangan dan lakukan kegiatan menyenangkan bersama. 

3. Terlalu banyak aturan

Ternyata Ini 6 Penyebab Hubungan Lama Tidak Bertahan Lama!www.beingrachelberry.wordpress.com

Nggak mau kan dibilang tukang ngatur? Walaupun kamu sudah lama dengan pasangan, bukan berarti dia adalah boneka yang bisa mengikuti semua kemuanmu. Perhatian itu memang penting, tetapi jangan menjadi sosok yang posesif. Pergi bareng teman, nggak boleh. Ngobrol sama teman lawan jenis, dimarahin. Masih pacaran aja udah terkekang, apalagi kalau nikah nanti? Lebih baik berikan kepercayaan pada pacar kamu, dan saling terbuka. Nggak perlu pakai marah-marah segala kan?

4. Membesar-besarkan hal kecil

Ternyata Ini 6 Penyebab Hubungan Lama Tidak Bertahan Lama!www.bustle.com

Berantem dengan pasangan itu hal yang wajar, apalagi kalau hubungan kalian sudah lama, ada saja yang dijadikan objek untuk beradu argumen. Tapi kalau masalahnya adalah hal kecil yang dilakukan berulang-ulang, siapa yang kesal?  Jangan berpikir hal kecil tidak akan membuat hubungan kalian rapuh, karena hal kecil yang dianggap sepele malah akan beranjak fatal jika didiamkan.

5. Satu saja tidak cukup?

Ternyata Ini 6 Penyebab Hubungan Lama Tidak Bertahan Lama!www.ocanada.com

Mempertahankan suatu hubungan memang tidak gampang, tapi lebih sulit lagi menahan godaan ketika ada cowok lain yang ngedeketin kamu. Apalagi satu-satunya cowok yang kamu lihat setiap hari adalah pacar kamu, tentu saja akan muncul rasa penasaran dan tantangan ketika bertemu orang baru. Nah di sini, kesetiaan kamu sangat diuji, apa kamu rela melepaskan yang sudah lama dengan mereka yang baru kenal?

6. Terlalu lama berada di comfort zone

Ternyata Ini 6 Penyebab Hubungan Lama Tidak Bertahan Lama!www.huffingtonpost.com

Ketika hubunganmu terlalu lama, maka ada satu titik di mana kamu akan merasa aman. Namun, siapa bilang yang aman selalu yang terbaik? Terkadang berada di comfort zone akan menutup fakta bahwa hubungan kalian memang sudah tidak bisa dipertahankan. Berbagai pertimbangan, seperti takut menyakiti pasangan, atau tidak mau memulai hubungan yang baru dari nol lagi. Padahal kalian sudah tahu kalau hubungan tersebut sudah tidak ada kecocokan lagi. Daripada saling membohongi lebih lama lagi, mungkin berhenti adalah jalan terbaik untuk kalian.

Semangat ya Bela, karena hubungan yang lama bukan berarti kamu berjodoh..

 

BACA JUGA : Haruskah Bertahan dalam Hubungan yang Putus-Nyambung?