Ditinggalkan oleh seseorang yang kita kenal bukan pengalaman baik untuk dirasakan. Terlebih ketika ditinggalkan oleh orang yang sangat kita sayangi dan dia pergi untuk selama-lamanya. Siapa pun pasti akan merasa sangat terluka dan nggak sanggup untuk merelakannya, sekalipun ia pergi ke tempat yang lebih baik.

Saat seseorang sedang berduka cita, sudah sepatutunya kita memberikan ucapan yang menunjukkan perasaan belasungkawa padanya dan keluarga yang ditinggalkan. Ada beberapa contoh ucapan belasungkawa turut berduka cita Kristen yang dapat kamu sampaikan kepada teman atau saudara yang beragama Kristen dan Katolik.

Ucapan turut berduka cita Kristen untuk anggota keluarga atau saudara

"Turut berbelasungkawa atas meninggalnya.... Semoga ia tenang di alam sana."

"Kehilangan seseorang yang sangat dicintai memang sangat menyakitkan. Namun, lebih menyakitkan lagi jika kita tidak bisa mengikhlaskan kepergiannya. Biarkan dia yang meninggalkan kita tenang di alam sana. Turut berduka cita atas meninggalnya.... Semoga segala dosanya di ampuni oleh Tuhan."

"Turut berduka cita atas kembalinya .... ke Bapa di Surga. Kiranya Tuhan Yesus Kristus memberikan kekuatan dan penghiburan pada keluarga yang ditinggalkan. Selamat jalan ...."

"Ya Tuhan, tabahkanlah keluarga yang sedang dilanda musibah. Karena, semua makhluk di dunia pasti akan ada saatnya menemui sang pencipta. Semoga Engkau, menerima arwah saudara kami dengan tangan-Mu yang terbuka lebar menyambutnya dan menempatkannya di tempat yang terindah."

"Kami sekeluarga turut berduka cita atas kepergian.... Semoga ia tenang di sisi-Nya dan mendapatkan tempat terindah di surga Bapa."

25 Ucapan Belasungkawa Turut Berduka Cita dalam Agama KristenPixabay.com/Gerd Altmann

Ucapan belasungkawa Kristen dengan pesan bijak

"Kita memang mempunyai banyak rencana. Namun, Tuhan mempunyai rencana yang lebih baik daripada apa yang kita rencanakan. Turut berduka cita atas kepergiannya. Semoga ia tenang di surga Bapa."

"Terkadang, Tuhan menyapa makhluk-Nya dengan berbagai macam cara. Salah satu yaitu dengan cara menyapanya dengan sebuah kematian yang mengantarkan roh makhluk-Nya menuju ke sisi-Nya. Percayalah, kepergian saudara kita bukanlah hal yang buruk. Karena, sebuah hal yang sangat membahagiakan baginya. Kita doakan semoga Tuhan menempatkannya di surga-Nya."

"Tuhan tahu mana manusia yang berperilaku baik dan mana manusia yang berperilaku buruk. Kembalinya.... di tangan Tuhan karena dia merupakan orang baik. Semoga  dosa-dosa almarhum diampuni dan semoga almarhum tenang di sisi-Nya."

"Terkadang Tuhan menyapa kita melalui cara yang tidak biasa. Salah satunya dengan mengambil nyawa orang-orang yang sangat kita cintai. Namun, percayalah bahwa segala rencana Tuhan adalah yang terbaik. Semua ujian yang diberikan pasti ada hikmahnya. Mari berdoa agar .... tenang di sisi-Nya dan diberikan tempat terindah."

"Kematian bukanlah akhir dari segalanya. Melainkan, awal dari sebuah kehidupan yang abadi. Turut berduka cita atas meninggalnya.... Tuhan itu Baik dan semoga menempatkannya di tempat terbaik."

Kata-kata belasungkawa Kristen dengan ayat

"Orang yang engkau kasihi adalah orang yang baik, Ia adalah hamba Tuhan yang selalu mendengarkan dan turut perintah tuhan maka yakinlah di Mazmur 116:15, 'Berharga di mata Tuhan kematian semua orang yang dikasihi-Nya'."

"Kita beriman akan darah Yesus seperti yang dicatat di 1 Tesalonika 4:14, 'Karena jikalau kita percaya, bahwa Yesus telah mati dan telah bangkit, maka kita percaya juga bahwa mereka yang telah meninggal dalam Yesus akan dikumpulkan Allah bersama – sama dengan Dia.' Maka, Kita bisa beriman, bahwa kita bisa bertemu dengan orang yang kita kasihi yang telah meninggal oleh karena Tuhan."

"Ingatlah, jangan sampai kesedihanmu larut secara terus menerus. Tetaplah ambil bagianmu di Matius 28:20, 'Dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.' Karena sahabat kita yang telah pergi telah menjalankan bagiannya."

"Turut berduka cita atas kepergiannya.... Ketahuilah bahwa orang yang engkau kasihi adalah orang yang baik, Ia adalah hamba Tuhan yang selalu mendengarkan dan turut perintah Tuhan maka yakinlah di Mazmur 116:15 'Berharga di mata Tuhan kematian semua orang yang dikasihi-Nya'."

"Di Mazmur 73:23, 'Tetapi aku tetap di dekat-Mu; Engkau memegang tangan kananku.' Percayalah seperti Sang Pemazmur bahwa ia akan senantiasa memegang mu erat-erat walau sekarang engkau sedang terpuruk. Aku ikut berduka cita untukmu."

25 Ucapan Belasungkawa Turut Berduka Cita dalam Agama KristenPixabay.com/sspiehs3

Kalimat berduka cita Kristiani untuk mereka yang tertimpa musibah

"Saya sekeluarga turut berdukacita atas musibah yang kini sedang menimpa keluarga ini. Jangan Khawatir dan resah. Berdoalah kapada Tuhan karena ia sanggup menghibur orang-orang tertekan yang berseru kepadanya. Karena di Matius 5:4, 'Berbahagialah mereka yang berdukacita, karena mereka akan dihibur.' Tuhan sanggup hibur kita dan beri jalan keluar yang terbaik."

"Turut berduka cita atas musibah yang menimpa. Percayalah Tuhan Maha Baik, dan Dia telah menyiapkan hal terbaik setelah semua kesedihan ini berlalu. Jangan patah harapan pada-Nya. Tuhan akan selalu bersamamu."

"Kamu tidak sendiri melewati kesulitan ini. Ada kami, dan terpenting lagi, ada Tuhan yang senantiasa menggenggam tanganmu erat di saat kamu sedang terpuruk. Turut berduka cita atas musibah yang dialami. Semoga badai ini cepat berlalu."

"Seberapa pedihnya hatimu, Aku turut merasakan kesedihanmu. Tapi ada satu pribadi yang bisa hapus kesedihan mu di Mazmur 147:3, 'Ia menyembuhkan orang – orang yang patah hati dan membalut luka – luka mereka.' Ia adalah Allah kita."

"Jika Hari kemarin adalah hujan itu, maka hari esok Tuhan menjanjikan sebuah kebahagian di atas tanah yang dihujani-Nya. Percayalah, ayat di Filipi 4:13, 'Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku.' Ada kekuatan dari Allah yang buat kita sanggup melewati semua ini."

Ucapan turut berduka cita dalam bahasa Inggris

"Death is a life-threatening stage. The reason of God takes her/him back because God loves .... from others. Good deeds in life are very important because only that we will carry the stock later on when we die. We are a family of condolences from the deepest day."

"Please accept my condolences, my thoughts and prayers are with you. She/He will always be missed."

"Rest in peace .... God loves her/him more than us. She/He will live happily in heaven."

"God take her/him back to heaven so that she/he will never have to endure this pain. She/He now can rest in peace. Deep condolences for you and your family. Our thoughts and prayers are with you."

"We are mourning to hear your lost. She/He has been a more peaceful place right now."

25 Ucapan Belasungkawa Turut Berduka Cita dalam Agama KristenPixabay.com/Stefan Schweihofer

Nggak ada yang lebih menguatkan bagi saudara atau teman yang mengalami kehilangan selain menerima dukungan moral dari orang-orang di sekitarnya. Mengirimkan atau menyampaikan ucapan belasungkawa turut berduka cita agama Kristen dapat menjadi salah satu bentuk dukungan yang dapat membantunya melewati kesedihan ini.

Baca Juga: Ditinggal Ayah ‘Pergi’ untuk Selamanya, Ini Biasanya yang Kamu Rasakan