Sebagian orang lama melajang karena merasa lelah untuk menjalani hubungan dengan orang yang nggak tepat untuk dirinya. Apa kamu termasuk salah satunya, Bela? Namun akhir-akhir ini, kamu memutuskan untuk membuka hati karena ingin mulai pacaran lagi. Hanya, kamu ingin langsung menjajaki hubungan yang serius, nggak ingin bermain-main seperti dulu.

Mencari seseorang yang bisa diajak langsung berkomitmen bukan hal yang mudah. Terlebih di era digital saat ini ketika semua orang lebih sibuk bersosialisasi di dunia maya ketimbang dunia nyata. Namun, sulit bukan berarti nggak mungkin. Mengutip dari Bustle, ini yang harus kamu perhatikan.

1. Pikirkan yang kamu inginkan

8 Tips Saat Ingin Menjalin Hubungan Serius Setelah Lama MelajangMeganpelto.com

Untuk menemukan sosok pasangan yang tepat, demi hubungan yang serius nanti, kamu perlu menyusun kriteria atau standar. Apa sifat yang kamu inginkan ada dalam diri pasangan? Kelemahan seperti apa yang nggak bisa kamu terima? Gambarkan dalam bayangan dan tuliskan itu. Dengan begitu, kamu tahu siapa yang bisa menjadi pasanganmu.

2. Cintai dirimu sendiri terlebih dahulu

8 Tips Saat Ingin Menjalin Hubungan Serius Setelah Lama MelajangPinterest.com/Holly Jolley

Of course, Bela. Kamu nggak akan bisa menjalani hubungan yang sehat dan bahagia jika nggak mencintai dirimu sendiri, sekalipun pasanganmu adalah sosok terbaik. Jika belum siap, sebaiknya urungkan niatmu untuk membuka diri menjalin hubungan yang serius, dan mulai berusaha untuk menumbuhkan cinta pada diri sendiri.

3. Katakan pada orang-orang

8 Tips Saat Ingin Menjalin Hubungan Serius Setelah Lama MelajangFrankie.com.au

Ketika mencari pasangan yang bisa diajak berkomitmen, jangan disimpan sendiri. Kamu bisa mengatakannya pada keluarga dan teman! Orang-orang sekelilingmu bisa memperkenalkanmu dengan sosok yang potensial menjadi pasanganmu. Siapa tahu, saudara dari salah satu temanmu juga sedang mencari pasangan yang bisa diajak berkomitmen.

4. Hangout di tempat yang kamu suka

8 Tips Saat Ingin Menjalin Hubungan Serius Setelah Lama MelajangSaraandreasson.tumblr.com

Jika ingin menemukan sosok pasangan dengan minat yang sama, luangkan waktumu untuk hangout di tempat-tempat itu. Misalnya kamu suka musik, pergi ke konser atau acara terdekat. Suka dengan pasangan yang gemar olahraga? Ambil kelas fitness dekat kantor.

5. Pertimbangkan caramu mendekatinya

8 Tips Saat Ingin Menjalin Hubungan Serius Setelah Lama MelajangSheknows.com/J.P. Tanner

Jika ingin mendekati atau didekati sosok yang potensial, pertimbangkan caramu menarik hatinya. Jika selama ini kamu hanya memandanginya dari jauh, coba untuk tersenyum padanya saat mata kalian saling bertemu. Jika ingin cara yang lebih berani, kamu bisa mendekatinya dan mengajaknya ngobrol langsung. Dengan begitu, sosok pasangan idamanmu nggak akan berlalu begitu saja.

6. Jadi lebih terbuka dengan kriteriamu

8 Tips Saat Ingin Menjalin Hubungan Serius Setelah Lama Melajangnkpappasdesign.com

Meski sudah menyusun standar atau kriteria pasangan idaman, bukan berarti pencarianmu terbatas pada daftar itu saja. Karena itu justru membuatmu melewatkan sosok potensial lain yang mungkin sangat tepat untukmu. Mungkin kamu bisa melonggarkan dari segi tinggi badannya, pekerjaannya, atau hobinya.

7. Jadi lebih terbuka dengan hidupmu sendiri

8 Tips Saat Ingin Menjalin Hubungan Serius Setelah Lama Melajangbijoukarman.com

Sudah memiliki rutinitas harian yang tetap memang menyenangkan, namun akan mempersempit kemungkinanmu untuk bertemu dengan orang baru, loh! Mulai luangkan waktu untuk traveling, kumpul bersama rekan selepas jam kerja, atau bergabung di komunitas baru. Dengan begitu, kesempatan menemukan sosok yang bisa diajak berkomitmen serius akan lebih besar.

8. Keluar dari zona nyaman dalam percintaanmu

8 Tips Saat Ingin Menjalin Hubungan Serius Setelah Lama Melajangdesigncollector.net/Sivan Karim

Jika selama ini pencarian pasangan selalu dilakukan melalui aplikasi kencan online, kamu perlu mencoba mencarinya di dunia nyata. Hal yang sebaliknya pun berlaku. Intinya, coba keluar dari zona nyamanmu dalam menemukan cinta. Sebab, itu bisa ditemukan di mana-mana, dengan cara yang nggak terduga!

Ketika mantap untuk langsung menjalani hubungan yang serius, kamu perlu memerhatikan hal-hal di atas agar mengurangi risiko bertemu dengan orang yang kurang tepat. Semoga sukses, Bela!

BACA JUGA: Cek 5 Tanda Jika Si Dia Tidak Ingin Diajak Serius