Kembali berkencan setelah mengalami putus cinta dapat menimbulkan respons emosional yang beragam, mulai dari keceriaan hingga kecemasan yang mengganggu diri. Faktanya, berpindah status dari 'In Relationship' menjadi 'Single' membutuhkan proses, yang mungkin nggak sebentar. Lalu, merasa nyaman untuk berkencan setelah putus adalah langkah pertama yang penting untuk kamu lakukan. Jika merasa masih menahan diri untuk berkencan, itu adalah hal yang wajar kamu rasakan, kok.

Para ahli asmara mengatakan jika rasa kurang nyaman untuk berkencan lagi setelah putus itu beragam. Di satu sisi, kamu akan membandingkan orang baru dengan mantanmu. Di sisi lain, kamu bingung cara menceritakan masa lalumu ketika pertanyaan itu datang. Juga di sisi lainnya, kamu merasa ragu untuk mencintai lagi. Lalu, bagaimana caranya agar dapat kembali merasa nyaman berkencan?

1. Jalani proses move on tanpa terburu-buru

Ingin Berkencan Lagi Setelah Putus? Coba 5 Tips IniPexels.com/Brett Sayles

Melansir dari Elite Daily, nggak memungkiri kalau akan selalu ada godaan untuk memulai hubungan baru setelah mengalami putus cinta. Namun, terburu-buru memulai hubungan baru justru akan berdampak buruk pada dirimu dan hubungan itu sendiri. Jadi, pastikan kamu sudah sepenuhnya move on. Pastikan kalau kamu telah meluapkan seluruh kesedihan dan kekecewaanmu sehingga nggak ada lagi emosi negatif yang tersisa dalam hatimu.

Kunci untuk merasa nyaman berkencan lagi dengan seseorang adalah menjalani proses move on sebaik-baiknya, tanpa terburu-buru. Jadi jika kamu masih merasa tertahan di masa lalu, ambil waktumu untuk berusaha melepaskan kisah lama itu. Sembuhkan luka itu agar kamu nggak membawa rasa sakit itu ke hubungan yang baru.

2. Dengarkan kata hatimu

Ingin Berkencan Lagi Setelah Putus? Coba 5 Tips IniPexels.com/Kristina Paukshtite

Jika merasa ragu dan bingung, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk move on dari hubungan sebelumnya, para ahli menyarankan untuk mendengarkan kata hatimu. Tentu ada alasan jelas atas ketidaknyamanan yang kamu rasakan ketika ingin menjalani hubungan baru, namun kamu harus mencari tahu itu sendiri. Kata hatimu mungkin memiliki jawabannya. Hatimu mungkin tahu waktu yang tepat untuk membuka diri pada orang baru.

Ketika kamu merasa bersemangat dan senang untuk mengenal seseorang baru, itulah saat hatimu mengatakan bahwa ini adalah kesempatan yang tepat. Dengarkan dan ikuti, kamu akan menemukan hasil positif dari perkenalanmu itu. Namun jika hatimu belum merasa siap untuk bertemu seseorang, itu pertanda kalau hatimu masih dalam proses move on.

3. Persiapkan cerita tentang masa lalumu

Ingin Berkencan Lagi Setelah Putus? Coba 5 Tips IniPexels.com/Bruce Mars

Ketika sudah merasa siap untuk berkencan kembali, rencanakan cara untuk menceritakan hubungan lamamu agar kamu dapat melakukannya tanpa merasa terganggu. Persiapkan dirimu untuk pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan masa lalu, dengan hal-hal yang terjadi dalam hubungan sebelumnya. Karena tentunya, teman kencanmu ingin tahu alasan hubunganmu dengan mantan berakhir.

Nggak perlu menceritakan sedetail mungkin jika merasa belum siap. Namun, persiapkan jawaban yang tepat, yang membuatmu nyaman ketika mendapatkan pertanyaan tentang hubungan masa lalu. Bahkan jika hubungan berakhir dengan cara yang kurang baik, tegaskan bahwa kisah lama itu sudah selesai. Juga, pastikan jawabanmu tersebut ramah dan positif, sekalipun masa lalu itu menyisakan kenangan pahit.

4. Merasa positif setelah putus

Ingin Berkencan Lagi Setelah Putus? Coba 5 Tips IniPexels.com/Just Name

Tahukah kamu, membiarkan dirimu untuk jatuh cinta lagi adalah cara terbaik untuk tetap merasa positif selagi berpindah dari situasi move on ke membuka hati untuk berkencan kembali. Wajar merasa kecewa dan terluka setelah putus cinta. Namun, membiarkan diri sendiri tenggelam di dalam pikiran negatif akan berdampak buruk pada dirimu sendiri dan pada hubunganmu di masa depan. Jadi, percayalah pada diri sendiri kalau kamu mampu mencintai seseorang lagi. Hanya karena hubungan sebelumnya kandas, bukan berarti kamu nggak bisa memiliki hubungan cinta di masa depan.

5. Persiapkan diri untuk membuka hati

Ingin Berkencan Lagi Setelah Putus? Coba 5 Tips IniPexels.com/Designecologist

Tanyakan pada hatimu sendiri, "Ingin sampai kapan terus menutup diri dari dunia?" Tentu, kamu diperbolehkan mengambil waktu sebanyak-banyaknya untuk menyendiri, move on dari hubungan lama, serta meluapkan semua emosimu. Namun, jangan sampai proses move on menjadi alasanmu untuk menutup diri dari cinta yang bertebaran di sekitarmu. Ada masanya kamu akan membuka hati pada seseorang, dan itu adalah pasangan yang tepat untukmu.

Berkencan setelah putus memang akan terasa canggung, dan itu nggak apa-apa, kok. Hal terbaik yang dapat kamu lakukan adalah mempersiapkan dirimu sendiri untuk membuka hati pada orang lain, membuka hati untuk mencinta lagi. Ingat kalau perpindahan emosi ini nggak akan terjadi satu malam saja. Jadi ketika menyesuaikan diri dengan kehidupan lajang, tetap berpikir positif dan hargai perasaanmu sehingga kamu tetap dapat melangkah dengan hati yang tenang. 

Baca Juga: Tips Memilih Baju untuk Berkencan