Narsis bukan sekadar suka selfie atau membanggakan dirinya sendiri, Bela. Melansir dari HuffPost, seseorang yang narsis bisa saja mengidap narcissistic personality disorder (NPD). "Ada banyak jenis narsisme (pribadi yang outgoing dan bombastis, pemalu dan introvert, atau mengorbankan dirinya sendiri dengan bangga), dan kesemuanya memiliki ciri yang sama," ujar Craig Malkin, psikolog sekaligus penulis buku Rethinking Narcissism: The Bad — And Surprising Good — About Feeling Special.

"Kesamaannya adalah memiliki keengganan yang kuat untuk berbagi kerentanan emosional yang asli," lanjutnya. Untuk mengidentifikasi sifat narsis pada seseorang, Malkin membagikan enam ciri-ciri yang bisa kamu waspadai.

1. Mereka merencanakan kencanmu sedetail mungkin

Apa Teman Kencanmu Orang Narsis? Waspadai 6 Ciri-Ciri Iniimdb.com

Saat berkencan, gebetan selalu ingin mengurusi semuanya, mulai dari memilih restoran, menu makanan, sampai tempat makan selanjutnya yang akan didatangi. Awalnya akan membuatmu merasa istimewa, bukan? Namun Malkin menjelaskan, "Orang narsis nggak bisa merespons hal yang berjalan di luar rencana mereka. Daripada menanyakan keinginanmu, mereka lebih suka mengatur sehingga semua berjalan sesuai dengan rencana."

2. Mereka mencintaimu secara bertubi-tubi

Apa Teman Kencanmu Orang Narsis? Waspadai 6 Ciri-Ciri Iniimdb.com

Baru berkencan beberapa kali, namun gebetan sudah menunjukkan rasa cintanya yang teramat besar padamu. Ia bahkan memberikan perhatian dan keterarikannya secara bertubi-tubi sehingga kamu berpikir dia sangat menyenangkan. "Perasaan cinta yang bergitu berlebihan untuk memenangkan hati seseorang adalah ciri-ciri narsisme," ujar marriage and family therapist Virgina Gilbert asal Los Angeles, "Faktanya, teman kencan melakukan itu agar kamu memberikan yang mereka inginkan, seperti keintiman secara fisik, uang, koneksi, atau mengurusi diri mereka."

3. Membanggakan diri mereka secara halus

Apa Teman Kencanmu Orang Narsis? Waspadai 6 Ciri-Ciri Ini

collider.com

Tentu saja, orang narsis akan membanggakan dirinya. Namun, mereka akan melakukannya secara halus sampai kamu nggak akan menyadarinya. Sebab menurut Tina Swithin, seorang divorce coach, mereka sudah ahli dalam mengelolan impresi dan menjaga arogansinya. "Orang narsis yang sudah andal biasanya menyebutkan tempat fitnes kelas atas yang sering dikunjungi, atau penerbangan kelas eksekutif yang diambil, secara halus sampai kamu nggak akan menyadarinya."

4. Mereka kasar pada orang yang melayaninya

Apa Teman Kencanmu Orang Narsis? Waspadai 6 Ciri-Ciri Iniimdb.com

Marriage and family therapist Darlene Lancer mengatakan, "Bagaimana mereka bersikap dengan pramusaji, sopir kendaraan, atau bahkan staf kafe? Sikap kasar dan arogan adalah sinyal narsisme dan self-esteem yang rendah. Sikap kasar itu menjadi sebuah tanda kemarahan terpendam, sikap menuntut, dan kemungkinan perilaku abusif secara emosional. Jika teman kencanmu melakukan hal itu pada mereka, itu bisa menjadi cerminan kalau ia akan bersikap seperti itu padamu."

5. Mereka meyakinkanmu kalau ingin menjalin hubungan yang serius

Apa Teman Kencanmu Orang Narsis? Waspadai 6 Ciri-Ciri Iniimdb.com
 
Jika menjalin hubungan dengan orang narsis, ia akan memberitahukanmu keinginannya untuk menjalin hubungan serius dan pengalaman sulitnya untuk mendapatkan hal itu. "Kemungkinannya, hubungannya sering berakhir setelah tumbuhnya kedekatan," ujar Lancer, "Mereka mencari kesempurnaan, namun malah menemukan kekurangan pada pasangannya, dan mengakhiri hubungan itu sehingga bisa mencari yang baru." Karena itu, perhatikan fakta negatif yang orang ceritakan mengenai hubungan, dan abaikan sikap pamer maupun pujiannya.

6. Mereka mengincar rasa insecure-mu

Apa Teman Kencanmu Orang Narsis? Waspadai 6 Ciri-Ciri Iniimdb.com

Orang yang narsis akan menjadikan kegagalanmu sebagai sebuah bahan canda, namun akan merasa tersinggung jika diperlakukan seperti itu. "Ia akan mengajakmu membicarakan masa sulitmu dan rasa insecure, namu nggak pernah mau membahas yang ia alami," ujar Malkin, "Kamu merasa terbuka, sampai menyadari kalau kamu terlalu membuka diri untuknya. Ini adalah strategi orang narsis untuk merasa lebih berkuasa."

Jika teman kencanmu menunjukkan ciri-ciri di atas, kemungkinan besar ia adalah orang narsis yang harus kamu hindari.

BACA JUGA: Apa pun yang Terjadi, Hindari 10 Tipe Cowok Ini Ya!