Cari jodoh bisa dilakukan di mana saja, Bela. Di kampus, kantor, lingkungan perumahan, juga melalui dunia maya! Ada beragam jenis aplikasi atau platform yang dibentuk untuk memudahkan pertemuan antara wanita dan pria yang saling mencintai. Namun, nggak semua orang mau memanfaatkan kemudahan ini. Mereka telanjur menganggap orang-orang yang bertemu di internet hanya mencari hiburan, bukan komitmen. Hmm, benarkah demikian?

Sebelum beranggapan seperti itu, baiknya cari tahu dulu fakta tersembunyi di balik online dating. Berdasarkan penelitian yang dilakukan Modern Dating Myths, ditemukan bahwa mereka yang mencari pasangan melalui dunia maya cenderung tertarik pada hubungan serius.

Pengguna Online Dating Hanya Ingin Main-Main, Mitos atau Fakta?www.imdb.com
 

Riset ini dilakukan dengan membandingkan perilak pengguna aplikasi online dating Tinder dan mereka yang mencari pasangan di dunia nyata. Melibatkan sebanyak 9,000 pria dan wanita yang berusia 18-36 tahun, terungkap sejumlah teori mengenai komunitas Tinder dan berkaitan dengan masalah komitmen. Sebanyak 74% pengguna Tinder dewasa mengaku mereka pernah memiliki hubungan yang serius lebih dari sekali. Sementara mereka yang berkencan di dunia nyata hanya mendapatkan presentase sebanyak 49%. Tak hanya itu, mereka yang menggunakan aplikasi online dating merasa lebih mudah menemukan banyak orang yang sedang mencari pasangan. Ada sekitar 63% pengguna Tinder yang dapat berkencan 1-2x setiap minggu. Bila dibandingkan dengan orang yang tidak menggunakan aplikasi, hanya 52% yang mengalami hal tersebut.

Fakta unik lain yang ditemukan dari penelitian ini, pengguna Tinder merasa senang untuk mengekspresikan perasaan mereka pada lawan bicaranya. Mereka cenderung saling mengungkapkan rasa sayang pada tiga bulan pertama dan pada tahun pertama berpacaran.

Pengguna Online Dating Hanya Ingin Main-Main, Mitos atau Fakta?www.warnerbros.co.uk
 

Namun, ada sekitar 9% pria dan wanita pengguna dating online yang merasa belum siap menjalani hubungan serius. Tapi, jumlah ini lebih sedikit bila dibandingkan dengan mereka yang mencari di luar dunia maya. Ada sekitar 30% pria dan 18% wanita yang sulit menjalin hubungan dengan komitmen. Tuh, Bela, nggak semua orang di internet hanya tertarik dengan hubungan main-main. Banyak dari mereka yang juga ingin mencari pasangan dan menjalin hubungan serius. Kalau merasa sulit menemukan pasangan yang cocok di luar dating online, mungkin sudah saatnya kamu mencoba mencarinya melalui aplikasi tersebut.

Hal yang paling penting, tetap berhati-hati menggeser jarimu ke kanan atau kiri, Bela. Agar tidak salah pilih jodoh!

BACA JUGA: 5 Hal Yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Bermain Online Dating‚Äč