Tatapan mata bagai jendela hati. Ia dapat memancarkan perasaan yang lisan sembunyikan. Karena itu, ada pepatah lama mengatakan, "Mulut bisa berbohong, tetapi tidak dengan mata. Jika ingin mengetahui kebenaran dari seseorang, tatap matanya saat berbicara."

Tatapan mata dapat memancarkan perasaan yang beragam, seperti rasa bahagia, sedih, kecewa, dan jatuh cinta. Kamu pun dapat mengetahui jika tatapan mata laki-laki jatuh cinta padamu. Apa saja tanda-tanda yang dapat kamu baca?

1. Ia akan menatap secara mendalam

Makna dan Fakta Tatapan Mata Laki-Laki yang Perlu Perempuan Tahuhttps://www.pexels.com/

Laki-laki yang jatuh cinta pada seorang perempuan umumnya akan menatapnya secara lembut dan mendalam. Jika sedang dalam posisi berdekatan, si perempuan akan merasa matanya sedang menatap dirinya berlama-lama. Sikapnya seperti ini sebenarnya menunjukkan kalau ia mengagumi kecantikannya dan ingin melihatnya secara pelan-pelan untuk menyimpan dalam ingatan.

2. Ia menatap sambil mencondongkan badannya

Makna dan Fakta Tatapan Mata Laki-Laki yang Perlu Perempuan Tahupexels.com

Jika berada dekat dengan perempuan yang ia sukai, laki-laki akan menatap sembari mencondongkan badannya ke arah perempuan itu. Misalnya jika sedang duduk berhadapan dengan perempuan pujaan hatinya, laki-laki akan menatap sambil mencondongkan tubuhnya ke depan, ke arah perempuan itu.

3. Ia mencuri-curi pandang

Makna dan Fakta Tatapan Mata Laki-Laki yang Perlu Perempuan Tahupexels.com/Trinity Kubassek

Terkadang, laki-laki akan mencuri-curi pandang dengan perempuan yang ia sukai. Hal ini ia lakukan karena merasa malu untuk menatapnya secara berlama-lama, tetapi juga nggak ingin kehilangan perempuan itu dalam pandangannya.

4. Ia mengedipkan matanya

Makna dan Fakta Tatapan Mata Laki-Laki yang Perlu Perempuan Tahupexels.com/Vera Arsic

Tentu saja laki-laki ingin agar perempuan pujaan hatinya menyadari perasaannya. Karena itu, nggak hanya menatapnya, laki-laki juga akan memberikan kedipan mata sebagai salah satu tanda kalau ia flirting. Sesekali ia akan mengedipkan matanya pada perempuan yang ia sukai.

5. Ia menatap lebih lama

Makna dan Fakta Tatapan Mata Laki-Laki yang Perlu Perempuan Tahupexels.com/Hannah Nelson

Mengutip dari Paired Life, tatapan mata laki-laki jatuh cinta umumnya akan bertahan lebih dari 5 detik. Terlebih sampai tersenyum, maka sudah jelas ia jatuh hati. Jadi jika menyukai atau tertarik dengan seseorang, ia akan menatapnya lebih lama.

Arti tatapan mata tajam laki-laki

Makna dan Fakta Tatapan Mata Laki-Laki yang Perlu Perempuan Tahupexels.com/Ana Francisconi

Jujur saja, seringkali perempuan merasa salah tingkah ketika menyadari adanya tatapan mata yang tajam dari laki-laki di sekitarnya. Kadang hal itu menimbulkan rasa nggak nyaman, kadang pula memicu rasa takut karena nggak dapat menebak makna di balik tatapan tersebut. Namun sebenarnya, ada arti tatapan mata tajam laki-laki pada perempuan.

Umumnya, tatapan mata yang tajam dari seorang laki-laki menandakan kalau dirinya jatuh hati atau tertarik pada sosok yang ia lihat. Laki-laki nggak dapat memalingkan pandangannya dan berusaha memberikan sinyal pada sosok yang ia lihat kalau dirinya jatuh hati.

Namun, nggak memungkiri jika tatapan mata yang tajam itu dapat menandakan emosi sebaliknya, yaitu ketidaksukaannya pada seseorang. Makna lainnya adalah ia ingin membuat seseorang merasa nggak nyaman dengan tatapan matanya itu. Namun, hal ini perlu dipastikan kembali dengan membaca bahasa tubuh lainnya, seperti raut wajah yang tegang.

Cara membalas tatapan mata pria yang kamu suka

Makna dan Fakta Tatapan Mata Laki-Laki yang Perlu Perempuan Tahupexels.com/Elena Buzmakova(borisova)

Mungkin kamu nggak sengaja bertemu dengan seorang laki-laki, dan menyadari jika ia telah menatapmu sedari awal. Apa yang perlu kamu lakukan jika kamu ingin membalas tatapannya? Kalau kamu turut tertarik padanya, ada beberapa sikap tubuh yang dapat kamu tunjukkan padanya.

1. Menatapnya sembari tersenyum

Makna dan Fakta Tatapan Mata Laki-Laki yang Perlu Perempuan Tahupexels.com

Kamu bisa mengembalikan tatapannya dengan menatapnya balik. Melihatnya sembari tersenyum dapat menjadi sebuah tanda bahwa kamu menyadari tatapan matanya dan membuka diri untuk berkenalan.

2. Mengedipkan mata

Makna dan Fakta Tatapan Mata Laki-Laki yang Perlu Perempuan Tahupexels.com/Tizino Academy

Ini merupakan bahasa tubuh yang menunjukkan kalau kamu turut tertarik padanya dan mengesankan kalau kamu ingin berkenalan lebih lanjut dengan dirinya. Mengedipkan mata juga menunjukkan kalau kamu percaya diri dan ingin membalas bahasa tubuhnya tersebut. Laki-laki dapat tersipu malu ketika menerima kedipanmu.

3. Memainkan rambutmu

Makna dan Fakta Tatapan Mata Laki-Laki yang Perlu Perempuan Tahupexels.com/Rawpixel.com

Menjaga tatapan mata dengannya sembari memainkan rambut dapat mendorong laki-laki untuk menghampiri dirimu, Bela. Bahasa tubuhmu ini menunjukkan kalau kamu benar-benar tertarik padanya dan berharap ia mau mendekatimu.

4. Mengejapkan mata dengan cepat

Makna dan Fakta Tatapan Mata Laki-Laki yang Perlu Perempuan Tahupexels.com/Destiawan Nur Agustra

Tanpa disadari, kamu mengejapkan mata dengan cepat jika menyukai seseorang. Kamu dapat mengirimkan sinyal yang jelas dengan bahasa tubuh ini. Selain itu, mengejapkan mata dapat menjadi salah satu bahasa tubuh yang menggemaskan, yang menunjukkan kalau kamu tertarik padanya.

5. Mengigit bibir

Makna dan Fakta Tatapan Mata Laki-Laki yang Perlu Perempuan Tahupexels.com/Marco Lima

Selain mengedipkan mata atau memandangnya, mengigit bibir juga menjadi salah satu bahasa tubuh yang menunjukkan kalau kamu tertarik berkenalan dengan seseorang. Ini pun menjadi salah satu cara menggoda dirinya.

Tatapan mata dapat menyiratkan berbagai perasaan, dan salah satunya adalah cinta. Kamu dapat melihatnya dengan menatap dalam bola matanya. Kamu akan menemukan hasrat dan ketertarikannya padamu yang nggak mampu ia ucapkan secara langsung. 

Baca Juga: 7 Alasan Kenapa Menatap Mata Pasangan Saat Bercinta Itu Penting Banget