Punya sahabat lawan jenis adalah berkah tersendiri. Dia bisa menjadi sosok pelindung, teman curhat, sekaligus orang kepercayaanmu. Kalian pun jadi sering bersama. Tapi seiring berjalannya waktu, kamu mulai merasakan sesuatu yang berbeda. Ya, kamu jatuh cinta padanya! Kamu pun berharap ia merasakan hal yang sama. Tapi ternyata cintamu bertepuk sebelah tangan. Entah karena dia sedang mendekati cewek lain yang benar-benar dia sukai atau karena kalian sudah pernah membahas hal ini dan dia sendiri yang mengatakan padamu ia hanya menganggapmu sebagai sahabatnya. Ouch, pasti sakit banget. Setelah itu pasti kalian jadi canggung. Lalu apa yang bisa kamu lakukan? Yuk, ikuti tujuh langkah dari Popbela berikut ini kalau itu terjadi padamu. 

 

1. Beri waktu untuk dirimu sendiri

Ups, Cintamu dengan Sahabat Sendiri Tak Berbalas? Hadapi dengan 7 Cara Inibridgetisflawless.tumblr.com

Saat kamu tahu dia sudah punya gebetan lain atau hanya menganggapmu sebagai teman, tak apa-apa kok kalau kamu butuh waktu untuk memproses emosimu. Jauhi dia dulu untuk beberapa saat, menangislah kalau perlu. Setidaknya dengan melakukan ini kamu akan lebih lega. 

 

2. Ciptakan batasan-batasan

Ups, Cintamu dengan Sahabat Sendiri Tak Berbalas? Hadapi dengan 7 Cara Inifarfarawaysite.com

Kalau kamu memutuskan masih ingin berteman dengannya, ciptakan batasan-batasan di antara kalian yang harus kamu taati. Misalnya, jangan mau pergi hanya berdua saja. Kamu tahu sendiri kan hal ini akan membuatmu berharap dan semakin susah untuk menganggapnya sekadar teman. 

 

3. Jangan terlalu banyak berasumsi

Ups, Cintamu dengan Sahabat Sendiri Tak Berbalas? Hadapi dengan 7 Cara Inimultipleverseslots.com

Jika dia sudah bilang bahwa dia hanya ingin bersahabat denganmu, jangan berpikiran yang aneh-aneh lagi. Cowok itu simpel, Bela. Jadi ketika dia menawarkan untuk mengantarmu pulang, tak perlu gede rasa (GR) dan mengira dia sedang memberi kode padamu. Dia tak ada maksud apa-apa, kok.  

 

4. Cintai dirimu sendiri

Ups, Cintamu dengan Sahabat Sendiri Tak Berbalas? Hadapi dengan 7 Cara Inifarfarawaysite.com

Ketika cintamu tak berbalas, mudah untuk menyalahkan diri sendiri dan bertanya-tanya, "Apa yang salah denganku,". Tapi tak ada yang salah denganmu, hanya saja kamu belum menemukan orang yang cocok. Maka sekarang cintai dulu dirimu sendiri dan syukuri segala bakat dan sifat-sifat positifmu. Masih banyak orang di luar sana yang akan menghargaimu sebagaimana kamu pantas dihargai. 

 

5. Manfaatkan perasaanmu

Ups, Cintamu dengan Sahabat Sendiri Tak Berbalas? Hadapi dengan 7 Cara Inidetroitduchess.com

Cinta menggebu-gebu tapi tak bisa disampaikan padanya? Salurkan saja untuk hal lain. Misalnya kamu punya passion yang besar di dunia musik, tuangkan perasaanmu jadi sebuah lagu. Kamu jago menulis? Buka laptopmu dan langsung curahkan isi hatimu. Siapa tahu dari sini justru kamu bisa meraup kesuksesan. 

 

6. Cari kesibukan lain

Ups, Cintamu dengan Sahabat Sendiri Tak Berbalas? Hadapi dengan 7 Cara Init2t4.tumblr.com

Kamu butuh kesibukan dan aktivitas lain untuk mengalihkan perhatianmu darinya. Hidupmu tak berakhir hanya karena cinta bertepuk sebelah tangan, kok. Bekerjalah lebih giat di kantor atau coba ikut kelas yoga. Kamu juga bisa main dengan teman-teman gengmu (tanpa dia, tentunya). 

 

7. Tinggalkan dia

Ups, Cintamu dengan Sahabat Sendiri Tak Berbalas? Hadapi dengan 7 Cara Initheonlytrueseeker.tumblr.com

Nah, jika semua hal sudah kamu upayakan tapi kamu tetap sulit membohongi diri sendiri, ini pertanda kamu harus menjauh darinya. Kalau kamu selalu merasa sakit hati ketika dia mengobrol dengan cewek lain di depanmu atau bahkan bercerita padamu tentang cewek yang sedang dia dekati, hubungan kalian sudah tidak sehat lagi. Ingat, kamu pasti bisa menemukan sosok sahabat lain di luar sana. Tapi saat ini kamu hanya akan menyakiti diri sendiri. 

 

Memang tak mudah ketika cintamu tak berbalas, apalagi dengan sahabat sendiri yang sudah sangat dekat denganmu. Tapi mau bagaimana lagi? Kamu tak bisa memilih dengan siapa dan kapan kamu akan jatuh cinta. Nah, sekarang keputusan ada di tanganmu. Apakah kamu masih mau mencoba bersahabat? Atau lebih baik kamu mundur teratur?