Dalam media sosial, semakin banyak teman atau pengikut yang berhasil kamu jaring, semakin baik untukmu. Itu artinya kamu dilihat oleh orang lain sebagai sosok yang menginspirasi dan berpengaruh. Begitu juga dengan pergaulanmu di kantor dan dunia bisnis. Punya banyak kenalan berarti kamu memiliki jaringan dan koneksi profesional yang luas. Nah, tapi bagaimana dengan kehidupan pribadimu? Kamu punya berapa banyak teman dekat, sih, Bela? 

Usia 20an, Lebih Baik Punya Sedikit Teman Dekat atau Banyak Kenalan? cinemagia.ro

Menurut penelitian populer yang dilakukan oleh antropolog sekaligus psikolog Robin Dunbar, manusia hanya mampu menjalin dan menjaga hubungan dekat dengan lima belas orang. Lima di antaranya adalah sahabat terbaikmu, orang tua, dan kakak atau adik.

Usia 20an, Lebih Baik Punya Sedikit Teman Dekat atau Banyak Kenalan? justjaredjr.com

Saat kita menginjak usia 20an, waktu yang kita miliki untuk bersosialisasi tentu lebih sedikit dibandingkan dengan ketika kita masih duduk di bangku sekolah atau kuliah. Kalau pada usia ini kita terlalu sibuk berkenalan dengan orang-orang baru atau berinteraksi dengan followers Instagram kita, hubungan yang sudah kita jalin dengan orang-orang terdekat kita otomatis akan merenggang. Padahal menurut penelitian, memiliki sedikit sahabat yang benar-benar dekat dengan kita sangat baik untuk kesehatan, lho, daripada punya banyak kenalan. 

Usia 20an, Lebih Baik Punya Sedikit Teman Dekat atau Banyak Kenalan? the-void.co.uk

Orang yang memiliki kelompok pertemanan kecil yang kuat memiliki tingkat harapan hidup 22% lebih tinggi daripada mereka yang banyak kenalannya. Hal ini telah dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan Lynne Giles dan timnya di Australia. Tak hanya itu, Harvard University juga telah menemukan fakta bahwa punya sahabat dekat bisa meningkatkan kesehatan mental dan otak saat kita makin menua. Laura Carstensen, psikologis di Stanford University juga mengungkapkan bahwa semakin seseorang beranjak dewasa, ia akan semakin selektif dalam lingkaran sosialnya dan cenderung mempertahankan hubungan hanya yang benar-benar memberikan kepuasan emosional untuknya, 

Usia 20an, Lebih Baik Punya Sedikit Teman Dekat atau Banyak Kenalan? aceshowbiz.com

Punya banyak kenalan memang bisa menguntungkanmu, Bela. Tapi jangan sampai kamu melupakan sahabat-sahabat dan orang terdekatmu. Mereka lah yang selama ini setia mendukung dan menemanimu. Jadi malam minggu ini daripada kamu pergi main dengan teman-teman baru yang tak begitu kamu kenal, cobalah untuk menghabiskan waktu berkualitas dengan sahabat, pasangan, atau keluargamu. Tak perlu lagi khawatir dicap cupu, kurang pergaulan, atau tidak eksis ya, Bela. 

BACA JUGA: 9 Alasan Mengapa Kehilangan Teman di Usia 20an Itu Sering Terjadi​