Bela, kamu percaya tidak bahwa cinta bisa memberimu kekuatan super yang tak kamu miliki sebelumnya? Kalau Popbela sih, percaya banget! Nah, kamu sudah dengar belum cerita-cerita mengesankan tentang orang-orang dengan kekuatan luar biasa yang melebihi manusia pada umumnya? Ada seorang ibu di Kanada yang bergulat dengan beruang kutub untuk menyelamatkan anak-anaknya dan berhasil mengalahkan si beruang kutub raksasa! Ada juga seorang remaja putri di Amerika Serikat yang mampu mengangkat mobil BMW dengan tangan kosong demi menyelamatkan sang ayah yang terlindas ketika sedang mendongkrak ban mobilnya. Masih banyak lagi kisah-kisah menakjubkan seperti ini di seluruh dunia. Mungkin kamu sendiri juga pernah mengalaminya? 

Cinta Terbukti Bisa Memberikanmu Kekuatan Super! Ini Dia Alasannya!businessinsider.com

Sekilas, tampaknya tak mungkin manusia memiliki kekuatan sebesar dan sehebat itu. Tapi perhatikan, deh. Orang-orang dengan kekuatan super ini sebelumnya belum pernah menggunakan kekuatan maha dahsyatnya itu. Namun saat orang yang dicintainya berada dalam bahaya, yaitu titik hidup dan mati, tiba-tiba mereka menjelma menjadi pahlawan super!

Cinta Terbukti Bisa Memberikanmu Kekuatan Super! Ini Dia Alasannya!gizmodo.com

Tenang Bela, ada penjelasan ilmiah di balik hal itu, kok. Fenomena ini disebut sebagai hysterical strength atau kekuatan manusia super. Setiap harinya, manusia hanya menggunakan beberapa persen kecil dari total kekuatan otot kita. Namun adrenalin dan noradrenalin, hormon yang bereaksi saat kita dihadapkan dengan tekanan atau pemicu stres, terbukti mampu meningkatkan detak jantung, pernafasan, hingga memampukan otot untuk berkontraksi lebih kuat dari biasanya. 

Cinta Terbukti Bisa Memberikanmu Kekuatan Super! Ini Dia Alasannya!primetime.unrealitytv.co.uk

Lalu bagaimana dengan rasa sakitnya kalau tubuhmu tiba-tiba memiliki kekuatan super tersebut? Nah, dalam tubuhmu juga terdapat hormon oksitosin atau hormon cinta. Hormon inilah yang berperan penting saat kamu merasakan cinta, merasakan ikatan batin dengan orang lain, berhubungan seksual, dan melahirkan. Ketika hormon ini dilepaskan dalam tubuhmu, ia akan meningkatkan toleransimu terhadap rasa sakit. Dengan kata lain, tubuhmu tak akan merasakan sakit yang menyiksa seperti biasanya. Inilah mengapa ibu yang melahirkan bisa menahan rasa sakit yang sepertinya tak terbayangkan. 

Cinta Terbukti Bisa Memberikanmu Kekuatan Super! Ini Dia Alasannya!vanityfair.com

Jadi ternyata cinta bisa membuatmu jadi pahlawan super, terutama ketika orang yang kamu cintai berada dalam bahaya. Maka, wajar saja kalau kamu merasa jauh lebih kuat saat bersama dengan mereka yang sungguh kamu cintai. Cinta memang hebat ya, Bela!