Habis putus dari pacar, memang lebih mudah untuk mengurung diri di kamar ditemani berkotak-kotak tisu dan lagu-lagu galau yang mengingatkanmu pada pasangan. Walau menyakitkan, putus cinta merupakan pengalaman berharga yang bisa kamu jadikan pelajaran hidup. Jangan dianggap sebagai ajang mengasihani diri sendiri dan penyesalan seumur hidup. Kamu harus tahu Bela, patah hati merupakan sebuah anugerah besar yang patut kamu syukuri! Kok bisa? Nah, kalau kamu tidak percaya, Popbela sudah menyiapkan lima alasannya. Jadi, hentikan dulu tangismu dan baca lima alasannya baik-baik. 

1. Mengembangkan kepribadian positif 

Cek, Deh! Ini 5 Alasan Mengapa Putus Cinta Itu Justru Berkah Bagimumediaset.it

Putus cinta itu sakitnya luar biasa. Sampai-sampai kamu berharap bisa menghapus setiap kenangan bersamanya, atau menyesal pernah menjalin hubungan dengannya. Jangan berpikiran begitu, Bela. Kamu tahu tidak, sejak berpacaran dengan si mantan, kamu sudah mengembangkan berbagai kepribadian yang positif, lho. Misalnya dulu kamu adalah orang yang cuek, sekarang kamu jadi lebih perhatian dan peka karena sosoknya. Bisa juga sebelum bertemu dengannya, kamu paling malas berolahraga. Tapi sekarang jadi rajin fitness karena kamu ingin menjaga bentuk tubuhmu tetap sehat dan cantik untuk menyenangkan dirinya. Nah, hal-hal ini mungkin tak akan bisa kamu kembangkan kalau kamu tidak berpacaran dengannya. Kalau kata orang-orang, no pain no gain. 

2. Kualitas diri yang lebih dewasa

Cek, Deh! Ini 5 Alasan Mengapa Putus Cinta Itu Justru Berkah Bagimudigitalspy.com

Setelah putus dari pasangan, kebanyakan orang berpikir, "Kenapa sih dia tidak menginginkan aku lagi?" atau, "Mungkin dia sudah menemukan sosok yang lebih sempurna dariku,". Bela, daripada kamu tenggelam dalam pikiran seperti ini, lebih baik kamu berevaluasi dan memetik pelajaran dari hubunganmu tersebut. Bagian apa dari dirimu yang tak kamu sukai saat berpacaran dengannya? Kamu terlalu banyak bergantung padanya? Ubahlah sekarang juga dan belajar hidup mandiri. Apakah kamu jadi melupakan teman-temanmu karena terlalu sering bersamanya? Hubungi teman-temanmu dan ajak mereka berkumpul lebih sering lagi sekarang. Biasanya sulit menyadari hal ini kalau kamu masih bersamanya. Tapi sekarang kalian sudah jalan sendiri-sendiri dan kamu bisa menjadi sosok yang lebih berkualitas dan dewasa. 

3. Lebih bijak memilih 

Cek, Deh! Ini 5 Alasan Mengapa Putus Cinta Itu Justru Berkah Bagimudigitalspy.com

Umumnya orang-orang tak tahu apa yang mereka cari dalam sebuah hubungan sampai mereka mengalaminya sendiri. Sama halnya denganmu. Sekarang kamu pasti lebih tahu sosok pasangan seperti apa yang kamu dambakan. Dulu kamu mengira laki-laki yang romantis itu jadi prioritasmu. Tapi sekarang kamu jadi tahu bahwa sebenarnya kamu hanya ingin laki-laki yang setia dan mau mendengarkanmu ketika sedang mengalami hari yang sulit. Tak jadi masalah kalau dia tak membawakanmu bunga mawar setiap hari. Kamu pun bisa lebih selektif saat cinta berikutnya datang menghampirimu. 

4. Memperkuat persahabatan

Cek, Deh! Ini 5 Alasan Mengapa Putus Cinta Itu Justru Berkah Bagimuinsidemediatrack.com

Saat putus, sahabat-sahabatmu lah yang selalu ada di sampingmu. Mereka menemanimu supaya kamu tak merasa kesepian dan sedih terus. Pada titik ini, kamu menyadari bahwa persahabatan adalah hal yang sungguh berharga dan penting dalam hidupmu. Kamu memercayakan segala keluh kesah dan masalahmu pada mereka. Kamu pun ingin membalas budi baik mereka dengan melakukan hal yang sama jika mereka sedang susah. 

5. Belajar menghadapi tekanan

Cek, Deh! Ini 5 Alasan Mengapa Putus Cinta Itu Justru Berkah Bagimucloudpix.co

Tekanan yang kamu alami sehabis putus tidak main-main, lho. Kamu jadi susah berkonsentrasi di kampus atau kantor. Mau makan pun susah karena selalu teringat sosok mantan. Nah, momen ini adalah saat yang tepat untuk melatih diri menghadapi tekanan. Kamu harus tetap bersikap profesional di tempat kerja meskipun sedang mengalami masalah pribadi yang cukup serius. Kamu juga tetap harus makan seperti biasa karena tubuhmu memerlukan asupan gizi untuk beraktivitas. Lain kali, ketika kamu mengalami tekanan lain, kamu sudah bisa menghadapinya dengan relatif mudah. 

Lima alasan di atas membuktikkan bahwa putus cinta itu tak selalu berarti buruk. Banyak hikmah yang bisa kamu dapatkan dari kejadian naas tersebut. Jadi jangan hanya menangis sesenggukan di kamar ya, Bela. Ayo bangkit karena dunia sudah merindukan sosokmu yang hebat dan ceria!

BACA JUGA: Hal yang Harus Kamu Lakukan dan Dihindari Setelah Putus!​