Bela, menurutmu mungkin nggak sih kamu berteman baik dengan mantanmu? Ada yang bilang bahwa kalau kamu bisa bersahabat dengan mantanmu, dulu kalian nggak pernah benar-benar saling mencintai. Entah waktu itu kalian benar-benar jatuh cinta atau nggak, mantan adalah orang yang pernah mengenal kita dengan baik. Dia tahu kebiasaanmu, kesukaanmu, kekuranganmu, dan teman-temanmu. 

 

1. Hubungan kalian sudah lama berakhir

Berteman dengan Mantan? Cuma Bisa Kalau Kalian Memenuhi  7 Syarat Berikut!collider.com

Pastikan kalian nggak baru saja putus seminggu lalu, Bela. Semuanya tergantung seberapa serius hubungan kalian waktu itu. Kalau sekadar main-main, mungkin kalian hanya butuh waktu sekitar setahun untuk bisa berteman. Tapi kalau waktu itu kalian cukup serius, bisa memakan waktu yang lebih lama lagi. Jeda waktu ini dibutuhkan supaya kamu dan mantan sudah belajar dari pengalaman kalian bersama dan agar kalian bisa menghapus sisa-sisa perasaan lama. Dengan begitu, kalian bisa memulai lembaran baru lagi sebagai sepasang sahabat. 

 

2. Kalian berdua sudah benar-benar move on 

Berteman dengan Mantan? Cuma Bisa Kalau Kalian Memenuhi  7 Syarat Berikut!collider.com

Tinggalkan hubungan kalian waktu itu jauh-jauh dan jangan melihat-lihat ke belakang lagi kalau sekarang mau berteman. Kalian berdua pasti punya memori indah yang kalian simpan bersama. Hindari mengungkit-ungkit lagi memori tersebut karena hal ini berbahaya banget. Kalian bisa menertawakan kenangan itu, tapi jangan dibahas seolah-olah kalian masih mendambakan momen tersebut. 

 

3. Kalian sudah nggak mungkin balikan lagi

Berteman dengan Mantan? Cuma Bisa Kalau Kalian Memenuhi  7 Syarat Berikut!crazygallery.info.leechlink.net

Mungkin waktu kalian masih bersama, kalian sudah putus nyambung lebih dari lima kali. Kalian tahu betapa sulitnya bagi kalian untuk mempertahankan hubungan kalian itu. Sehingga sekarang kamu dan mantan bisa merasa aman karena kalian tahu, sudah nggak mungkin lagi kalian balikan. Dalam hati kamu paham betul bahwa kalau kalian balikan, hal dan kesalahan yang sama akan terus terulang. 

 

4. Ada koneksi di antara kalian

Berteman dengan Mantan? Cuma Bisa Kalau Kalian Memenuhi  7 Syarat Berikut!teen.com

Kalau nggak ada koneksi di antara kalian, nggak perlu kamu paksakan untuk berteman dengan mantan. Tapi kalau kamu merasakan bahwa kalian berdua benar-benar nyambung dan nyaman, kamu boleh mencoba berteman dengannya. Apalagi kalau dulu kalian bisa mengobrol berjam-jam soal hal-hal yang nggak penting hingga obrolan yang sifatnya dalam seperti konsep takdir atau ketakutan-ketakutan terbesarmu dalam hidup. 

 

5. Nggak ada yang pernah menyakiti hati satu sama lain 

Berteman dengan Mantan? Cuma Bisa Kalau Kalian Memenuhi  7 Syarat Berikut!collider.com

Ada tipe mantan yang bikin kamu pengen mengubur dia hidup-hidup, Entah karena waktu itu dia menyelingkuhi kamu atau dia tiba-tiba menghilang tanpa kabar dan penjelasan. Nggak usah berteman dengan mantan seperti ini karena dia jelas-jelas nggak menghargai kamu yang waktu itu berstatus sebagai pacarnya. Apa yang membuatmu yakin dia bisa menghargaimu sebagai teman? 

 

6. Kamu atau dia sudah menemukan cinta baru

Berteman dengan Mantan? Cuma Bisa Kalau Kalian Memenuhi  7 Syarat Berikut!slantmagazine.com

Sebenarnya poin ini nggak wajib, sih. Tapi bisa sangat membantumu menghapus masa lalumu dengan mantan. Kalau kamu benar-benar menikmati dan mencintai hubungan yang sedang kamu jalin dengan pacar barumu ini, akan lebih mudah untuk berteman dengan si mantan tanpa harus khawatir perasaan-perasaan lama akan muncul. 

 

7. Pacar barumu nggak keberatan dengan pertemanan kalian

Berteman dengan Mantan? Cuma Bisa Kalau Kalian Memenuhi  7 Syarat Berikut!aceshowbiz.com

Dan pastikan bahwa pacar barumu ini nggak masalah denganmu berteman dengan mantanmu. Ada baiknya kamu ceritakan pada pacarmu sekarang bagaimana kalian bisa berteman. Namun, ingatlah bahwa pacarmu bukan manusia sempurna yang nggak bisa merasakan cemburu sama sekali. Jadi jangan terlalu sering bercerita soal si mantan atau pergi berdua dengan mantan, ya. Tentunya kamu mau menghargai perasaan pacarmu, kan? 

 

Bagaimana denganmu dan mantan, Bela? Kalian masih berteman atau sudah nggak pernah ngomong satu sama lain? Kalau kalian masih berteman sampai sekarang, bagikan tips lain untuk berteman dengan sang mantan, dong! Silakan isi di komentar di bawah ini ya, Bela.