Bela, sudah berapa lama waktu yang kamu habiskan untuk menjalin hubungan dengan orang lain? Kapan terakhir kali kamu menjomblo dan menikmati masa-masa jomblomu? Nah, Popbela punya tantangan untukmu! Satu tahun ini, cobalah untuk menjomblo dan berhenti cari pacar dulu. Kamu masih muda Bela, dan masa muda tak datang dua kali. Yakin kamu mau menghabiskan seluruh atau kebanyakan momen-momen berhargamu di masa muda dengan pacaran saja? Kamu akan melewatkan banyak kesempatan, lho! Kalau belum yakin, ini dia delapan alasannya kamu harus menjomblo setahun. 

 

1.  8 Alasan Kamu Harus Coba Menjadi Jomblo Selama Satu Tahun Penuh!

Kalau kamu tidak mengenal dirimu sendiri, bagaimana orang lain mau memahami kamu dengan baik? Cobalah untuk menghabiskan waktumu sendiri. Entah itu liburan sendirian, berkomitmen untuk hobi dan minatmu, bekerja lebih giat di kantor, atau mengambil studi pascasarjana. Dengan memfokuskan perhatianmu pada diri sendiri, perlahan-lahan kamu akan bisa menerima dan mencintai dirimu apa adanya. Kalau kamu merasa nyaman dengan dirimu sendiri, orang lain juga bakal merasa nyaman bersamamu. 

 

2.  8 Alasan Kamu Harus Coba Menjadi Jomblo Selama Satu Tahun Penuh!

Berhentilah menghabiskan waktu untuk cowok yang tidak bisa diajak berkomitmen. Tahan diri dan selama satu tahun, rasakan baik-baik, apa sih yang kurang dari hidupmu? Apakah sosok yang bisa kamu ayomi? Atau justru sosok yang mengayomi kamu? Ingat Bela, setiap orang punya keinginan dan tujuan yang berbeda dalam menjalin hubungan, dan kamu harus mengenali apa yang kamu inginkan sebelum terjun bebas untuk cinta. 

 

3.  8 Alasan Kamu Harus Coba Menjadi Jomblo Selama Satu Tahun Penuh!

Puasa pacaran selama satu tahun akan membuatmu sadar bahwa kamu tak perlu berlebihan soal cinta. Tak perlu memaksakan diri dan menyerahkan segalanya untuk hubunganmu. Kamu juga masih punya bakat yang bisa disalurkan untuk hal-hal lain seperti pekerjaan, persahabatan, dan hobi. 

 

4.  8 Alasan Kamu Harus Coba Menjadi Jomblo Selama Satu Tahun Penuh!

Jika kamu terbiasa punya pacar, akan sulit jadinya kalau kamu dituntut untuk hidup mandiri. Tapi kemampuan bertahan hidup secara mandiri itu perlu banget, Bela. Jadi biasakan untuk pergi ke mana-mana sendirian, menyelesaikan tugas-tugas dan tanggung jawabmu sesuai kapasitas, dan tidak menggantukan kebahagiaanmu pada orang lain. 

 

5.  8 Alasan Kamu Harus Coba Menjadi Jomblo Selama Satu Tahun Penuh!

Setelah satu tahun menjomblo, kamu akan melihat ke belakang dan menyadari bahwa meskipun kamu sudah lama menjomblo, hidupmu justru terasa lebih bebas dan menyenangkan. Tanpa kehadiran pacar pun kamu bisa mencari kebahagiaanmu sendiri. Kamu pun jadi lebih berani menyambut cinta yang akan segera datang menghampiri. 

 

6.  8 Alasan Kamu Harus Coba Menjadi Jomblo Selama Satu Tahun Penuh!

Buang jauh-jauh pikiran bahwa si jomblo adalah seseorang yang tidak laku. Ini salah banget! Status jomblomu sama sekali tidak menggambarkan nilaimu sebagai pribadi yang utuh. Justru nilaimu ditunjukkan melalui kualitas hubunganmu dengan orang-orang terdekat, prestasi kerja dan studi, serta kepedulian terhadap hal-hal di sekitarmu. Buktinya banyak juga orang yang punya pacar tapi tidak bahagia dan masih suka selingkuh. Ini menunjukkan bahwa nilai seseorang tak bisa dilihat dari apakah dia punya pacar atau tidak. 

 

7.  8 Alasan Kamu Harus Coba Menjadi Jomblo Selama Satu Tahun Penuh!

Saat punya pacar, kamu cenderung memprioritaskan waktu bersamanya ketimbang dengan teman-teman atau keluargamu. Nah, dengan menjomblo setahun penuh kamu jadi punya lebih banyak kesempatan dan waktu untuk meningkatkan kualitas hubunganmu dengan orang lain. 

 

8.  8 Alasan Kamu Harus Coba Menjadi Jomblo Selama Satu Tahun Penuh!

Kamu sudah mengalami sendiri rasanya hidup setahun menjomblo dan kamu sudah mengalahkan ketakutanmu akan kesendirian. Jadi nanti ketika kamu akhirnya menjalin hubungan dengan seseorang, kamu tidak akan takut meninggalkan hubungan tersebut kalau sudah tidak sehat lagi. 

 

Nah, siapkah kamu mengikuti tantangan setahun menjomblo? Jangan lupa menikmati masa-masa single-mu, ya!