Masa liburan merupakan waktu yang sangat ditunggu-tunggu oleh setiap orang, terlebih lagi orang-orang yang mempunyai kesibukan setiap harinya. Tapi bagaimana momen yang ditunggu-tunggu orang banyak ini nggak membuat kamu bahagia karena kamu sendri sedang patah hati? Tentunya itu bukan sesuatu yang menarik untuk kamu dan pasti kamu akan memikirkan bagaimana akan menghabiskan waktu liburan dengan perasaan yang berantakan ini.

Ketika sedang patah hati, apa pun yang dilakukan terasa membosankan. Selain itu kamu akan selalu terbawa perasaan, apalagi jika harus menjalani hari libur yang membuatmu nggak melakukan apa pun. Terus bagaimana solusinya agar liburan kamu tetap sempurna meskipun kamu sedang patah hati? Yuk langsung ikuti aja cara Popbela di bawah. Simak ya!

1. Selama liburan jangan pura-pura bahagia, itu adalah yang paling utama

Patah Hati Saat Liburan? 12 Cara Ini Bantu Harimu Tetap Menyenangkanunsplash.com/@zdeal

Salah banget jika kamu harus membohongi diri kamu sendiri, berpura-pura baik disaat kamu sedang terpuruk bukan hal yang baik, lho. Jangan pernah bersikap seperti ini ya, Bela. Saat berperilaku seperti itu, kamu hanya akan membuatnya lebih buruk di kemudian hari. Berpura-pura bahagia akan membuat emosi kamu tambah menumpuk yang bisa membuat kamu tambah stres. Cobalah membuka diri kepada orang-orang terdekat dan paling penting terbuka pada diri kamu sendiri ya.

2. Jangan terlalu menyendiri, lakukan kegiatan apa pun yang ada di dekatmu

Patah Hati Saat Liburan? 12 Cara Ini Bantu Harimu Tetap Menyenangkanunsplash.com/@paullywooten

Saat patah hati persaan tidak bisa ditebak, namun cobalah jangan terlalu sedih dengan keadaanmu saat ini. Cara terbaiknya adalah dengan melakukan kegiatan yang ada di sekitarmu misalnya, lakukan kegiatan dengan hobi kamu atau mengikuti event-event yang sedikit bisa melupakan masalah kamu saat ini. Terlebih lagi jika kamu mendapatkan undangan pesta dari teman kamu, jangan menolaknya, coba datang. Karena ketika kamu datang ke pesta, kamu akan berbincang dengan banyak orang dan mulai bisa melupakan masalah kamu.

3. Tetap berikan tubuhmu asupan makanan

Patah Hati Saat Liburan? 12 Cara Ini Bantu Harimu Tetap Menyenangkanunsplash.com/@peterhershey

Patah hati memang hal yang sulit sekali untuk diobati, tapi jangan sampai karena banyak pikiran di otak, kamu sampai lupa makan. Disaat waktu liburmu jangan buat hari itu menjadi hari yang penuh air mata, cobalah menyantap makanan yang kamu gemari atau kamu juga bisa membuat makananmu sendiri. Saat kamu memasak, kamu bisa menambahkan kegiatan di hari libur kamu. Yuk coba buat banyak kegiatan ketika hari libur kamu.

4. Jangan sia-siakan waktu tidurmu

Patah Hati Saat Liburan? 12 Cara Ini Bantu Harimu Tetap Menyenangkanunsplash.com/@all_who_wander

Bagaimana kamu bisa memikirkan kebahagiaan di hari liburmu, kalau kamu saja hanya bisa menangis bahkan sampai begadang untuk terus mengingat mantanmu itu. Kamu harus tegas pada diri kamu, istirahatlah tanpa harus memikirkan apa pun yang membuatmu sedih. Hanya pikirkan apa yang akan membuat kamu bahagia. Siapa tahu kebahagiaan yang kamu pikirkan bisa sampai ke dalam mimpi kamu. 

5. Luangkan waktu bersama orang-orang yang mencintaimu

Patah Hati Saat Liburan? 12 Cara Ini Bantu Harimu Tetap Menyenangkanunsplash.com/@wildlittlethingsphoto

Patah akan pasti akan membuat kamu lebih banyak melakukan kegiatan sendiri. Cara terbaik untuk kamu yaitu dengan tidak memutuskan hubungan dengan siapa pun, kamu harus terus berbincang dan bertemu dengan orang-orang terdekat kamu. Hal ini merupakam sesuatu yang penting ketika kamu sedang patah hati. Karena selain kamu bisa menceritakan masalahmu ke mereka, kamu juga akan mendapatkan solusi untuk masalahmu dari mereka.

6. Ciptakan sesuatu hal yang baru

Patah Hati Saat Liburan? 12 Cara Ini Bantu Harimu Tetap Menyenangkanunsplash.com/@a2foto

Mungkin waktu liburan sebelumnya kamu menghabiskan waktu dengan mantan pacar kamu, tapi nggak setelah kamu putus. Kamu harus melakukan sesuatu hal yang baru yang bisa membuat perasaan dalam diri kamu bahagia. Bagaimanapun caranya, kamu hanya perlu memikirkannya tanpa harus mengingat kembali masa lalumu dengan dia. 

7. Buat daftar kegiatan liburan kamu

Patah Hati Saat Liburan? 12 Cara Ini Bantu Harimu Tetap Menyenangkanpexels.com/Suzy Hazelwood

Hanya pikirkan diri kamu untuk menikmati waktu liburan kali ini, caranya dengan membuat daftar kegiatan yang akan kamu lakukan selama masa liburan kamu. Nggak perlu kegiatan yang berat, kegiatan kecil seperti jalan-jalan di sekitar rumah atau berbelanja juga bisa membuat liburan kamu nggak larut dalam kesedihan, lho.

8. Jangan pikirkan hal baik saja, coba pikirkan hal buruk tentang mantanmu

Patah Hati Saat Liburan? 12 Cara Ini Bantu Harimu Tetap Menyenangkanpexels.com/Pixabay

Saat patah hati kamu hanya bisa memikirkan sesuatu yang baik-baik aja tentang mantan pacarmu itu. Sebenarnya dengan memikirkan keburukan mantanmu bisa buat kamu lebih tenang ketika putus dengannya. Karena saat kamu memikirkan keburukan mantan kamu, kamu akan tersadar kalau dia memang bukan yang terbaik untuk kamu. Jadi, jangan melulu memikirkan baiknya mantan ya, Bela.

9. Coba mulai pikirkan apa arti "cinta" sebenarnya

Patah Hati Saat Liburan? 12 Cara Ini Bantu Harimu Tetap Menyenangkanpexels.com/Pixabay

Bukan untuk mengerti cinta dalam sebuah hubungan percintaan ya, tapi cinta kepada sesama manusia. Misalnya kamu bisa melakukan kegiatan yang bermanfaat bagi orang banyak ketika waktu liburan kamu. Mengadakan ajang beramal bersama teman-temanmu mungkin adalah cara terbaik, Bela. Selain bisa melupakan masalah kamu, kamu bisa membantu orang-orang juga.

10. Tumbuhkan rasa cinta ke dalam hidup kamu

Patah Hati Saat Liburan? 12 Cara Ini Bantu Harimu Tetap Menyenangkanpexels.com/Nina Uhlíková

Hei, ini hari libur, lho! Jangan karena mantan kamu yang hanya membuatmu larut dalam kesedihan, bahkan sampai lupa dengan diri kamu sendiri. Carilah kebebasan untuk diri kamu, buatlah menjadi sibuk dengan kegiatan yang membuatmu mencintai diri kamu sendiri.

11. Terus pikirkan bahwa patah hati ini akan berakhir apa pun yang terjadi

Patah Hati Saat Liburan? 12 Cara Ini Bantu Harimu Tetap Menyenangkanpexels.com/Anastasiya Gepp

Terakhir, apa pun itu yang kamu pikirkan. Cobalah berpikir bahwa kesedihan kamu ini akan segera berakhir dan segera melupakan kenangan bersama mantan pacarmu. Mulailah katakan 'oke' untuk pergi dari kesedihan itu ya.

Baca Juga: 7 Quotes tentang Patah Hati yang Bisa Buat Kamu Lebih Cepat Move On